Sejarah Singkat “Universitas Lampung”

Bulan-bulan ini adalah masa mendekati akhir pendidikan bagi siswa SMU dan sederajat, dan tentunya harapan untuk masuk jenjang perguruan tinggi masih menjadi impian bagi para siswa tersebut. Tertarik untuk melanjutkan studi atau pendidikan di Lampung? Sepertinya sedikit riwayat atau sejarah singkat “Universitas Lampung” ini bisa menjadi sedikit informasi bagi Anda sekalian yang tertarik untuk melanjutkan jenjang kuliah di Universitas Lampung.

Sejarah Singkat “Universitas Lampung”
Gedung Rektorat Universitas Lampung (Foto: kompaspedia.kompas.id)

Berikut informasi dan sejarah singkat “Universitas Lampung”:

Informasi:

  • Singkatan atau sebutan: Unila.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Jalan Prof. DR. Soemantri Brodjonegoro 1, Kelurahan Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung.
  • Telepon: (0721) 712252, 701609, 702971.
  • Website: https://www.unila.ac.id

Sejarah Singkat “Universitas Lampung”

Cita-cita masyarakat Lampung untuk memiliki perguruan tinggi sudah ada sejak tahu 1960-an. Dua panitia sempat dibentuk, yaitu Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan (P3SL), kemudian berubah menjadi Pantia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan dan Fakultas (P3SLF) yang diketuai oleh Zaenal Abidin Pagar. 

Panitia Kedua, yaitu Panitia Persiapan Pembentukan Yayasan Perguruan Tinggi Lampung dengan ketua Nadirsyah Zaini, M.A. Namun, dengan berjalannya waktu kedua kepanitiaan tersebut kemudaan dilebur menjadi Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL) yang membentuk Fakultas Ekonomi, Hukum dan Sosial (FEHS) yang berlokasi di Jalan Hasanuddin No. 34 Telukbetung.

Baca juga: Tips Menghadapi Biaya Pendidikan yang Semakin Mahal.

Dalam status pernegerian, YPPTL bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya Palembang. Dengan Keputusan Presiden D-40-7-1961, tanggal 14 Februari 1961, yang terhitung tanggal 1 Februari 1961, FEHS Lampung ditetapkan sebagai Fakultas Ekonomi Cabang Unsri Palembang dan Fakultas Hukum Cabang Unsri yang masih berlokasi di Telukbetung, Lampung.

Universitas Lampung (Unila) terwujud pada tanggal 23 September 1965 dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) dengan nomor 195/1965. Maka, dies natalisnya jatuh pada tanggal 23 September.

Pada tahun 1968, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (IKIP) Cabang Jakarta kemudian diintegrasikan ke dalam Unila menjadi Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Selanjutnya Unila kemudian membuka fakultas-fakultas: Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Matematika dan Ilmu Pengerahuan Alam, dan juga Kedokteran.

Itu dia sejarah singkat “Universitas Lampung”. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Lampung”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel