Kopi Robusta, Sensasi Kenikmatan Kopi Pahit yang Nikmat

Kopi… Bahan minuman ini sangat dikenal, bahkan telah mnjadi minuman favorit yang disukai, apalagi bagi para pecintanya. Selain disukai, kopi adalah komoditas yang dibudidayakan dan diperdagangkan di seluruh dunia. Tidak hanya di Indonesia, masyarakat dunia juga sangat menyukai kopi. Terdapat dua jenis kopi yang sangat disukai, yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Namun, diantara ke dua jenis kopi tersebut, kali ini yang dibahas adalah kopi robusta, sensasi kenikmatan kopi pahit yang nikmat.

Siapa menyangka, kalau Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi penghasil kopi robusta terbesar dunia. Bahkan berdasarkan informasi dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2019 yang lalu, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai produsen kopi terbesar dunia, setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Kopi Robusta Berasal dari Ethiopia

Berbicara tentang kenikmatan kopi robusta, maka kopi robusta atau yang memiliki nama latin Coffea canephora ini merupakan keturunan dari beberapa spesies kopi, khuusnya Coffea canephora. Jenis kopi ini tumbuh dengan baik di ketinggian 400 sampai 700 meter di atas permukaan laut dengan temperatur 21 sampai 24 derajat Celsius.

C. canephora ini berasal dari hutan dataran tinggi di Ehiopia, yang juga tumbuh di bagian Afrika Tengah dan Afrika Barat yang terbentang dari Liberia sampai Tanzania dan juga pada bagian selatan Angola. Tumbuhan ini pada awalnya tidak dikenali sebagai spesies kopi sampai tahun 1897, satu abad setelah penemuan spesies kopi arabika.

Kopi Robusta Berasal dari Ethiopia
Kopi robusta

Dibanding kopi arabika, kopi robusta sangat mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi iklim yang hangat. Hal inilah yang menjadikan perbedaan yang membuat kopi robusta memiliki produksi yang signifikan di Indonesia bila dibandingkan jenis kopi arabika.

Rasa Kopi Robusta yang Kuat

Kopi robusta adalah jenis kopi yang memiliki kualitas tinggi dan juga sangat nikmat untuk dikonsumsi sehari-hari. Terdapat perbedaan yang membedakan dibanding kopi jenis lainnya, secara cita rasa, kopi robusta memiliki cita rasa yang cenderung kuat dan pahit atau karakater strong dan bold.

Baca juga: Filosofi kopi quotes: nikmatnya “Robusta Black Coffee”.

Tentu saja, karena rasanya yang pahit, robusta disukai banyak penikmt kopi pahit. Hal ini menunjukkan bahwa rasa pahit yang terkandung dalam kopi robusta menandakan kadar kafein pada robusta juga sangat tinggi, yaitu 1,5% sampai 3,3% atau bahkan 2 kali lipat dibanding kandungan kafein arabika. 

Kopi Robusta Sachet

Berbicara tentang kopi robusta, penyajian kopi robusta yang memiliki rasa yang pahit ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan campuran espresso. Jenis penyajian ini sangat pas untuk Anda yang kurang menyukai kopi karena saat penyajiannya nanti ditambahkan dengan susu dan cream.

Pada proses produksi dalam jumlah banyak, memang biji kopi robusta banyak digunakan sebagai bahan baku kopi siap saji (instant) dan pencampur kopi racikan (blend) untuk menambah kekuatan cita rasa kopi.

Dalam proses pemasarannya, saat ini proses penjualan kopi tidak hanya dijual dalam bentuk ukuran besar, sepeti ukuran 250 gram, 500 gram atau bahkan kiloan. Namun, sesuai dengan permintaan pasar dan juga untuk kebutuhan mereka pecinta traveling yang menyukai kopi, saat ini juga tersedia kopi ukuran sachet atau ukuran 35 gram yang praktis. Seperti yang disediakan oleh OBS Kopi Probolinggo, untuk ukuran sachet travel coffee tubruk robusta ukuran 35 gram ini dijual dengan harga Rp. 3.500,- per sachet, sedangkan untuk ukuran 250 gram dijual dengan harga Rp. 24.000,-.

Kopi Robusta Sachet
Kopi robusta dari OBS Coffee

Semoga informasi dengan bahasan “kopi robusta, sensasi kenikmatan kopi pahit yang nikmat” ini bermanfaat dan menjadi referensi pilihan bagi Anda pecinta kopi, khususnya kopi robusta.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kopi Robusta, Sensasi Kenikmatan Kopi Pahit yang Nikmat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel