Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”

Adakah disini yang tertarik dengan sekolah kedinasan? Kali ini yang akan disampaikan adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Yang menarik di sekolah kedinasan ini, selain menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV, sekolah kedinasan ini juga sudah membuka Program Pendidikan Pasca Sarjana Program Studi Spesialis (Sp-1) Pekerjaan Sosial.  Untuk itu, tidak salah kalau disampaikan juga tentang sejarah singkat  “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”. 

Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”
Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (Foto: kampusdinas.blogspot.com)

Berikut informasi dan sejarah singkat “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”

Informasi “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”:

  • Singkatan atau sebutan: STKS.
  • Status: Kedinasan.
  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda 367, Kotak Pos 1011, Bandung 40135.
  • Telepon: (022) 2504838.
  • Website: https://www.stks.ac.id

Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”

STKS Bandung merupakan lembaga pendidikan tertua yang menyelenggarakan pendidikan profesional pekerjaan sosial di Indonesia. Lembaga pendidikan ini didirikan sebagai peningkatan Kursus Sosial Tingkat Tinggi (KSTT) dan berjangka pendidikan 2 tahun yang sebelumnya berbentuk Kursus Dinas Sosial  A (KDSA) yang didirikan pada tahun 1957 dengan jangka pendidikan satu tahun.

Sampai tahun 1970, STKS telah menyelenggarakan program pendidikan tingkat sarjana muda, yang kemudian ditingkatkan menjadi program sarjana (S1) pada tahun 1971. Sejak tahun 1985, lembaga pendidikan ini juga menyelenggarakan program Diploma III.

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Teknologi Bandung”.

Mulai tahun akademik 1989/1990, sudah menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV. Pada tahun 2000, juga membuka jurusan Rehabilitasi Sosial dan jurusan Pengembangan Masyarakat. Tahun 2001, STKS dikukuhkan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan melalui Keputusan Presiden RI pada tanggal 18 Januari 2001.

Sedangkan Program Studi Rehabilitasi Sosial Konsentrasi Rehabilitasi bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang menguasai dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan praktik assesment, intervensi dalam melakukan rehabilitasi sosial bagi para penyandang cacat, penyandang tuna cacat, penyandang anak nakal, korban narkotika, dan penyandang HIV/AIDS.

Dan untuk Program Studi Pengembangan Sosial Masyarakat Konsentrasi Pengembangan Sosial Masyarakat bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan ketrampilan praktik assesment dan intervensi dalam melakukan pengembangan bagi masyarakat perkotaan, masyarakat pedesaan, kelompok masyarakat khusus, organisasi sosial/lembaga pelayanan kesejahteraan sosial, sistem sumber kesejahteraan sosial.

Itu dia sejarah singkat “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di sekolah kedinasan STKS.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel