Sejarah Singkat “Institut Teknologi Bandung”

Ini dia salah satu kampus tertua dan juga kampus favorit di Indonesia. Bahkan setiap penerimaan mahasiswa baru, kampus ini selalu menjadi pilihan utama mereka yang baru lulus SMA. Institut Teknologi Bandung atau lebih dikenal dengan ITB ini sudah berdiri sejak tahun 1959 lalu, bahkan sudah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Jurusannya pun tidak hanya teknik atau pun sains, namun juga terdapat jurusan lain, seperti seni rupa, desain bahkan manajemen. Namun, selain mengetahui berbagai hal tersebut, kurang afdhol bila belum tahu sejarah singkat “Institut Teknologi Bandung”. 

Sejarah Singkat “Institut Teknologi Bandung”
Institut Teknologi Bandung (Foto: qlapa.com)

Berikut informasi dan sejarah singkat “Institut Teknologi Bandung”:

Informasi:

  • Singkatan atau sebutan: ITB.
  • Status: BHMN.
  • Alamat: Jl. Yaman Sari 64, Bandung (Rektorat); Jl Ganesha No. 10, Bandung (Kampus).
  • Telepon: (022) 2503147; 2504048; 2532021; 2500935; 4231792.
  • Website: https://www.itb.ac.id

Sejarah Singkat “Institut Teknologi Bandung”

ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959, sedangkan program pascasarjana-nya didirikan pada tahun 1976.

Ir. Sukarno. Presiden Republik Indonesia Pertama, tercatat sebagai alumnus institut yang dulunya bernama Technische Hoogeschool. Beberapa waktu setelah kemerdekaan Indonesia, lembaga ini diubah  namanya menjadi ‘Sekolah Tinggi  Teknik Bandung” yang dipimpin Prof. Ir. Roosseno.

Pada tanggal 2 Maret 1959, namanya kemudian diganti lagi menjadi ‘Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”.

Pada tahun 1976 berdiri Sekolah Pascasarjana di Institut Teknologi Bandung, yang selanjutnya berubah menjadi Program Pascasarjana. Program Magister di ITB dimulai tahun 1979, dengan tiga program studi: Fisika, Matematika dan Teknik Mesin.

Pada tahun 1980, program tersebut berkembang  menjadi 11 program studi karena dibuka delapan program studi baru, yaitu Arsitektur, Biologi, Elektroteknik, Farmasi, Kimia, Teknik Kimia, Teknik Sipil,  Teknik dan Manajemen Industri.

Yang menarik saat ini, Program Pascasarjana ITB juga menyelenggarakan ‘double degree program’ melalui kerjasama internasional dengan Rijksuniversiteit Groningen The Netherlands (RUG) untuk bidang Aktuaria,Teknik Kimia, Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) dan Teknik Biomedika.

Itu dia sejarah singkat “Institut Teknologi Bandung”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di ITB Bandung.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Institut Teknologi Bandung”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel