Rekomendasi Kuliner Enak di Malang

Akhirnya, wabah pandemi Covid-19 bisa dikatakan melandai dan kita bisa menikmati segala hal yang berhubungan dengan kuliner dan traveling. Diantara berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan kali ini adalah menikmati sajian kuliner di salah satu kota dingin di Jawa Timur. Malang menjadi tujuan kita kali ini. Berbicara tentang Malang, banyak sekali yang bisa dibahas, dan tentunya rekomendasi kuliner enak di Malang menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa dikunjungi.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
Kuliner enak di Malang

Tertarik dengan berbagai sajian kuliner enak di Malang dan juga informasi dari Instagram.com/homestayjogja.co.id tersebut, maka pada edisi kali ini akan disampaikan berbagai rekomendasi kuliner enak yang harus Anda kunjungi dan menjadi daftar prioritas untuk Anda yang ingin menikmati sajian kuliner di Malang.

Kuliner Enak Terdekat di Malang

Membicarakan kuliner di Malang memang tidak akan ada habisnya, begitu banyak kuliner legendaris dan juga kuliner baru yang bisa dicoba. Apalagi sebentar lagi akan datang libur panjang, libur Hari Raya Idul Fitri yang akan membuat Anda bisa menikmati dengan puas sajian kuliner di Malang.

Kali ini akan disampaikan 6 (enam) rekomendasi kuliner yang bisa Anda nikmati saat Anda berkunjung di Malang, antara lain:

  1. Sego Goreng Resek.
  2. Soto Ayam Lombok.
  3. Warung Sate Gebug 1920.
  4. Tahu Lontong ‘Lonceng’.
  5. Nasi Buk Matirah.
  6. Es Tawon Kidul Dalem.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang

Baca juga: 10 Top Kuliner Malang.


1. Sego Goreng Resek.

Ini dia yang fenomenal di Kota Malang dan selalu dicari para pecinta kuliner yang datang ke Kota malang, “Nasi Goreng Resek”. Mendengar namanya pasti membuat Anda bertanya-tanya, apa sih ‘resek’ ini, dalam bahasa Jawa ‘resek’ berarti ‘sampah’.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
Sego Goreng Resek  (Foto: Instagram.com/gendhoet5)

Ada hal menarik mengapa nasi goreng ini disebut resek. Nama resek ini dibuat oleh masyarakat sekitar tahun 59 sampai tahun 70-an, hal ini disebabkan karena lokasi jualannya dulu dekat dengan tempat pengolahan sampah, namun nama ‘resek’ juga disematkan di tempat kuliner nasi goreng ini karena untuk penyajiannya yang berantakan, karena sebenarnya sego goreng resek ini adalah nasi goreng mawut.

Kuliner ini memang membuat penasaran, tidak hanya masyrakat Malang saja, namun dari luar Malang juga datang untuk menikmati sajian kuliner ini. Dalam proses memasaknya nasi goreng ini dimasak dengan menggunakan wajan besar dan menggunakan bahan bakar arang. 

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
 Foto: Instagram.com/jenk10ta

Sego Goreng Resek ini berlokasi di Jl. Brigjend. Katamso, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Jam buka: 18.00 - 22.00.


2. Soto Ayam Lombok.

Ini dia salah satu kuliner legendaris di Kota Malang, kuliner soto, ya… “Soto Aayam Lombok”. Soto ini dirintis oleh Bapak Abdurrahman Mustadjab Kamari bersama istrinya Ibu Maemunah yang sudah ada sejak tahun 1955.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
Soto Ayam Lombok (Foto: Instagram.com/ideliasatryadi)

Dalam satu porsi soto ayam yang disajikan terdiri atas nasi, suwiran ayam, daun seledri, kentang, tauge dan juga daun kol, baru kemudian disiram dengan kuah kuning yang nikmat, jangan lupa tambahan koya yang akan membuat sajian soto ayam bertambah nikmat.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
 Foto: Instagram.com/bimaguesthouse

Soto Ayam Lombok ini berlokasi Jl. Lombok No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117.

Jam buka: 07.00 - 22.00.


3. Warung Sate Gebug 1920.

Siapa yang mengira tempat kuliner yang sepertinya kecil dengan ukuran 7x8 meter ini adalah salah satu kuliner legendaris di Kota Malang, yang sudah ada sejak tahun 1920. ”Warung Sate Gebug” ini berada di koridor Kayu Tangan, tepatnya di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Kota Malang.

Warung ini menyediakan 4 menu kuliner andalan, yaitu sop, soto, rawon, dan sate gebuk yang semuanya berbahan dasar daging api.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
 Foto: kompas.com/hartik

Warung Sate Gebug 1920 ini berlokasi Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

Jam buka: 08.00 - 16.30 (Hari Jumat libur).


4. Tahu Lontong ‘Lonceng’.

Setelah menikmati beberapa sajian kuliner legendaris, masih ada kuliner legendaris lainnya yang harus dicoba, yaitu Tahu Lontong ‘Lonceng’.  Depot Tahu Lontong ‘Lonceng’ ini sudah ada sejak tahun 1935, maka tentu saja sajian kuliner ini sangat dikenal masyarakat Kota Malang. Disebut dengan Tahu Lontong ‘Lonceng’, karena dahulu warung ini berada di dekat Tugu Lonceng Malang, baru pindah ke lokasi saat ini sekitar tahun 1990-an.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
Tahu Lontong ‘Lonceng' (Foto: Instagram.com/grace_graciana)

Dalam satu porsi tahu lontong ‘Lonceng’ ini disajikan dengan isian tahu, telur, lontong, tauge dan kerupuk yang sudah diberikan bumbu saus kacang dan kecap. 

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
 Foto: Instagram.com/stevanus_ncex

Tahu Lontong ‘Lonceng’ ini berlokasi di Jl. R.E. Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65118.

Jam buka: 10.45 - 22.00.


5. Nasi Buk Matirah.

Diantara berbagai pilihan kuliner, sepertinya kuliner yang satu ini harus Anda coba, yaitu Nasi Buk Matirah. Nasi Buk atau disebut juga dengan Sego Bug adalah sajian kuliner khas Madura yang ada di Kota Mlang dengan berbagai lauk pilihan, antara lain empal sapi, jeroan, jantung, limpa, babat, paru, empal dan juga sate hati.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
Nasi Buk Matirah  (Foto: Instagram.com/androsubagio)

Dalam satu porsinya nasi buk ini disajikan dengan sayur lodeh atau rebung, selain berbagai sajian tersebut juga disajikan tambahan mendol tempe atau perkedel yang dibuat dari tempe, yaitu makanan khas Jawa Timur sebagai lauk pendampingnya.

Nasi Buk Matirah ini berlokasi di Jl. Trunojoyo No.46, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

Jam buka: 06.00 - 15.00.


6. Es Tawon Kidul Dalem.

Selain berbagai sajian kuliner di atas, sajian yang satu ini juga menjadi sajian legendaris yaitu “Es Tawon Kidul Dalem” yang sudah ada sejak tahun 1995. Disebut dengan es tawon karena dahulu tempat jualannya berada di bawah pohon asam yang banyak lebahnya.

Rekomendasi Kuliner Enak di Malang
Es Tawon Kidul Dalem (Foto: detikfood-luthfi baihaqy)

Dalam satu gelas es tawon terdiri atas cendol, cincau, kacang hijau, tape dan buah melon serta tidak lupa dengan tambahan es serut dan sirup segar.

Es Tawon Kidul Dalem ini berlokasi di Jl. Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

Jam buka: 08.00 - 14.30.


Itu dia, informasi dan rekomendasi kuliner enak di Malang, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin menikmati sajian wisata  kuliner di Malang.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Kuliner Enak di Malang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel