Kisah Sukses Hilman Budiyadi Membangun Usaha Berbasis IT

Hilman Budiyadi... Nama ini memang jarang terdengar ditelinga kita yang hanya sekedar orang awam, namun di dunia teknik komputer atau programmer, nama Hilman sangat dikenal, apalagi dengan perusahaan yang didirikannya adalah perusahaan berbasis IT. Untuk itulah pada kesempatan ini akan disampaikan sedikit kisah motivasi, yaitu kisah sukses Hilman Budiyadi membangun usaha berbasis IT.

Untuk meraih kesuksesan dibutuhkan pengorbanan dan kerja keras, hal ini pula yang terjadi dan dibuktikan oleh Hilman Budiyadi. Meskipun tidak memiliki gelar sarjana, karena harus drop out kuliah, karena tergiur dengan pekerjaan, Hilman pada akhirnya bisa sukses sebagai seorang pebisnis.

Kisah Sukses Pengusaha Hilman Budiyadi Membangun Bisnisnya

Lulus SMA, Hilman Budiyadi atau yang biasa dipanggil dengan Asep ini, melanjutkan pendidikannya di Politeknik ITB pada jurusan teknik komputer pada tahun 1991. Namun saat mendengar sebuah bank swasta membutuhkan staf EDP di Sidoarjo, ia mencoba melamar dan diterima. Hal ini membuatnya mengundurkan diri dari kuliah dan memilih bekerja sebagai Staf EDP.

Kisah Sukses Hilman Budiyadi Membangun Usaha Berbasis IT
Hilman Budiyadi (Foto: republika.co.id)

Belum genap 2 tahun bekerja di bank, Hilman memutuskan untuk keluar dengan alasan tidak mau terikat dengan peraturan di bank tersebut. Tidak lama kemudian, dirinya mendapatkan pekerjaan dan bekerja sebagai programer di PT. Indonusa. Disini Hilman mampu menunjukkan kinerja terbaiknya, dan dalam waktu singkat berhasil menjadi orang nomor dua di Indonusa setelah Yoshio Ito, atasannya. Namun, setelah beberapa tahun mengelola usahanya di Jawa Timur, pihak Indonusa akhirnya menutup usahanya. Hal ini disebabkan perkembangan bisnis di Jawa Timur kurang menggairahkan, dan otomatis membuat Hilman menjadi pengangguran.

Dari sini, Hilman bertekad bulat untuk membuka usaha sendiri di bidang software dan tidak mau melamar pekerjaan lagi. Dan menjual motornya, hasil jual motornya itu pun digunakan untuk membeli notebook. Setelah itu, Hilman mendirikan PT Primatama Quantumjaya (PQ) di sebuah ruangan bekas kamar pembantu.

Baca juga: Kisah Sukses Urpan Dani sebagai Pemasok Pasir.

Meskipun dengan modal notebook, namun tidak melemahkan semangatnya untuk merintis usaha. Dengan menggunakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut, usahanya mulai menarik perhatian calon kliennya. Kegigihan Hilman mulai membuahkan hasil, dan satu per satu kliennya mulai diperolehnya, mulai dari sektor manufaktur sampai perguruan tinggi.

Dari sini, nama Primatama Quantumjaya semakin dikenal mulai dari kantor pemerintahan, badan usaha dan berbagai bidang usaha tertarik dengan solusi yang ditawarkannya. Maka tidak heran meskipun baru enam tahun berjalan, Primatama Quantumjaya menjadi bisnis IT yang patut diperhitungkan di Jawa Timur saat itu.

Sukses mengembangkan bisnisnya di Jawa Timur, Hilman akhirnya memutuskan untuk mengembangkan usahanya. Dan benar saja, keputusan pengembangan usaha tersebut sangat tepat. Hal ini dibuktikan dengan tertariknya beberapa perusahaan untuk menjadi kliennya, salah satunya PT Kelian Equatorial Mining (KEM) di Kalimantan Timur. Pekerjaan yang diberikan termasuk sangat sulit, namun Hilman dan timnya berhasil dengan sukses mengerjakan pekerjaan tersebut, bahkan yang mengejutkan Hilman mampu menggeser peran konsultan asing dari Australia.

Pengalaman tersebut meyakinkan dirinya bahwa dia sudah mampu bersaing dengan berbagai pihak, termasuk pihak asing sekalipun. Hal ini sesuai dengan visi usahanya, yaitu “Menjadi salah satu perusahaan taylormade software yang diperhitungkan secara nasional dan internasional, dengan memberikan perangkat lunak yang fit, on time and on cost, free error dan free misperception.”

Tips Sukses Hilman Budiyadi Meraih Tangga Kesuksesan

Terdapat beberapa tips meraih sukses dari Hilman Budiyadi, yang bisa menginspirasi Anda dalam meraih sukses, antara lain:

1. Memiliki keyakinan dan tekad yang kuat.

Orang sukses selalu memiliki keyakinan dan tekad yang kuat untuk menekuni sebuah usaha, bahkan seperti Hilman, dia tak mau berlama-lama untuk memulainya. Hal ini dicontohkan oleh Hilman saat merintis usaha. Ketika ia berhenti bekerja dari Indonusa, Hilman kemudian membulatkan tekadnya untuk membuka usaha sendri di bidang software dan tidak akan melamar pekerjaan lagi. Berkat keyakinannya tersebut, kini usahanya mampu menjadi salah satu bisnis IT terbaik.

2. Pandai melakukan promosi.

Agar produk yang dipasarkan terkenal oleh banyak konsumen, maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan melakukan promosi. Banyak cara untuk melakukan promosi antara lain bisa melalui media cetak, elektronik, bahkan dari mulut ke mulut. Cara terakhir ini diyakini sebagai cara promosi paling ampuh utnuk mempengaruhi konsumen. Dengan cara ini Hilman pertama kali menawarkan produknya pada konsumen.

3. Berani mengambil keputusan untuk memperluas jaringan.

Saat Anda sudah mulai sukses membangun sebuah usaha di suatu kota, maka jangan merasa takut untuk memperluas jaringan ke kota lain. Dengan begitu, Anda bisa melihat sebatas mana kemampuan Anda dalam mengelola perusahaan.

Hal ini dibuktikan oleh Hilman. Sukses mendirikan Primatama Quantumjaya di Jawa Timur, Hilman pun mengambil keputusan untuk memperluas usahanya.

4. Memiliki prinsip “Knowledge is power

Bagi seorang pebisnis, maka pengetahuan adalah kekuatan dalam menjalankan usaha. Begitu pula seorang Hilman dalam memaknai setiap langkah usahanya. Saat banyak klien yang mempercayainya, Hilman justru semakin menggali ilmu dari berbagai bahan bacaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Semoga informasi dan tips tentang kisah sukses Hilman Budiyadi membangun usaha berbasis IT ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda dalam meraih kesuksesan. 

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Hilman Budiyadi Membangun Usaha Berbasis IT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel