Kisah Sukses Urpan Dani sebagai Pemasok Pasir

Nama Urpan Dani memang jarang atau bahkan tidak pernah didengar. Namun dalam dunia bisnis, kiprah Urpan Dani sangat dikenal, apalagi Urpan Dani memulai usaha yang dimulai dari nol. Oleh karena itu, tertarik dengan hal tersebut, kali ini akan disampaikan tentang kisah sukses Urpan Dani sebagai pemasok pasir dan juga gurita bisnisnya yang luar biasa.

Rata-rata kisah sukses pengusaha hampir sama, selalu melewati jalan berliku, penuh proses yang harus dihadapi dengan ketegaran dan komitmen yang kuat. Rupanya kondisi tersebut berlaku pula dengan seorang pengusaha, yaitu Urpan Dani.

Kisah Sukses Pengusaha “Urpan Dani” Meraih Sukses yang Diimpikannya

Siapa yang mengira kesuksesan Urpan Dani dimulai dari karir hanya sebagai seorang pedagang kecil. Hanya dengan bermodalkan keberanian merantau ke kota laim, dan menjadi seorang pedagang es kelapa, menjadi karyawan, dan akhirnya keluar mendirikan usaha sendiri.

Setiap orang pasti memiliki kisahnya sendiri untuk meraih sukses, begitu pula dengan Urpan Dani. Setelah menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta tahun 1989, Urpan akhirnya diterima sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Departemen Koperasi, di Kerinci. Namun sayang, Urpan rupanya kurang tertarik menjadi PNS dan memilih merantau ke Jakarta dan tinggal bersama pamannya.

Kisah Sukses Urpan Dani sebagai Pemasok Pasir
Urpan Dani (Foto: rojinulis.blogspot.com)

Melihat keputusan Urpan, orang tuanya tidak menyetujui dan alhasil, orang tuanya tidak mengirimkan uang sebagai bekal hidup di Jakarta. Namun, bukan Urpan kalau harus menyerah. Ia pun akhirnya berprofesi menjadi pedagang es kelapa muda di depan pintu gerbang Senayan, tidak hanya itu, Urpan juga berjualan tempe goreng, dan sementara Urpan bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sambil menjajakan dagangannya, Urpan juga mencoba memasukkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Banyak sekali perusahaan yang dilamarnya, jumlahnya mencapai 300 perusahaan. Akhirnya kerja kerasnya terbayar, Urpan mendapat panggilan tes di Pertamina, namun sayang setelah tes ketiga, ia gagal.

Hingga pada suatu hari, Urpan mendapat panggilan dari perusahaan yang bergerak di bidang penanganan lumpur pengeboran. Setelah melakukan seleksi ketat, akhirnya Urpan lolos menjadi karyawan dan ditempatkan di Palangkaraya. Di kota ini, Urpan benar-benar mencari pengalaman, pagi hari bekerja dalam kantor, siangnya belajar mengoperasikan alat berat dan saat sore belajar mengelas.

Tidak lama kemudian, Urpan dipindah tugaskan di Jakarta. Selama di Jakarta, kepiawaian Urpan semakin terasah. Hal ini bisa dibuktikan, ia berhasil memproduksi bahan-bahan pendukung lumpur pengeboran sampai mengelas plastik. Prestasi demi prestasi ia capai untuk perusahaan. Maka tidak salah kalau posisi General Manager mampu diraihnya hanya dalam waktu beberapa tahun.

Baca juga: Kisah Sukses Agus Johannes Taruna Mendirikan Super Bimbel GSC.

Namun, jiwa pengusaha yang selalu tertantang memang ada di hati Urpan, jabatan tinggi tersebut tidak membuatnya tenang, bahkan selalu diliputi keraguan. Hal ini disebabkan ia sering mendapat uang terima kasih dari rekan kerjanya. Dari sinilah, akhirnya Urpan mengambil keputusan untuk berhenti dari tempat kerjanya. Selain itu, ia tak mau mendapatkan rezeki dari hal yang meragukan.

Dari sini, akhirnya Urpan mulai merintis usaha jual beli mobil bekas. Dan ternyata menjadi pengusaha tidak semudah yang ia bayangkan. Hal ini dikarenakan, usaha yang sedang dijalaninya juga mengalami macet. Begitu juga bisnis jual beli mobil bekasnya di Jambi. Hal ini membuat mobil yang sudah dikirim ke Jambi, ditarik lagi ke Jakarta. Sejak saat itu Urpan mulai merintis usaha di Jakarta saja.

Setelah melakukan perampingan usaha, bisnis jual beli mobil bekasnya memperoleh hasil yang lumayan. Akhirnya Urpan mengembangkan bisnis lumpur pengeboran dalam skala kecil. Selain usaha lumpur pengeboran, Urpan juga mencoba mengiklankan kayu manis dari Jambi, karena kayu manis dari Jambi merupakan tanaman yang bisa diekspor.

Tidak disangka, iklan yang dilakukan Urpan berhasil dan cukup banyak konsumen yang memesan kayu manis. Namun sayang, setelah kayu manis dikirim, banyak konsumen tidak mengirim uangnya. Hal ini membuat pria kelahiran tahun 1964 mengalami kerugian hingga ratusan juta.

Di saat kondisi usaha mengalami kelesuan, Urpan akhirnya menunaikan ibadah haji bersama sang istri. Urpan pun berdoa, memohon kepada Alloh agar usahanya kembali pulih. Tidak lama kemudian, ia mendapat SMS dari adiknya, yang mengatakan bahwa perusahaannya PT. Salsabila Rizky Pratama mendapatkan proyek lumpur pengeboran dari sebuah perusahaan ternama.

Sejak saat itu, usahanya mengalami perubahan. Usaha lumpur pengeboran berkembang menjadi besar, bahkan bisa memperluas pemasaran 35 item produk lumpur pengeboran. Dan pada tahun 2002 Urpan pun membangun PT. Prima Hidrokarbon Internusa bersama rekan hisnisnya.

Begitu pula dengan usaha penjualan kayu manis, mulai menampakkan hasil. Hal ini terbukti, bisnis kayu manisnya berhasil diekspor ke beberapa negara di dunia, seperti Timur Tengah, Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Saat semua usaha yang dinaunginya sudah semakin membesar, Urpan pada akhirnya mengajak keenam adiknya untuk terjun membesarkan binisnya. Dan beberapa waktu kemudian, Urpan mendirikan PT. Pasir Bumi Nusantara yaitu sebuah usaha yang bergerak di bidang pemasok pasir.

Tips Sukses Urpan Dani Membangun Bisnis

Menjadi seorang pengusaha sukses memang tidak mudah, dibutuhkan pengorbanan yang kuat dan proses yang panjang. Begitu pula dengan yang dilakukan Urpan Dani dalam membangun bisnisnya.

Terdapat kiat sukses dari Urpan Dani, semoga bisa menginspirasi, antara lain:

1. Memiliki keberanian dan selalu bekerja keras.

Dalam menjalani apa yang diinginkan, Urpan merupakan tipe seorang pebisnis yang berani merantau, berani mencoba dan juga berani mengambil keputusan. Selain itu, ia selalu meunjukkan sifat kerja keras dalam melakukan pekerjaan.

2. Rajin berdoa.

Begitu pula dengan Urpan dalam memaknai perjalanan usahanya, ia selalu berdoa. Memohon dimudahkan dalam semua urusan. Bahkan saat dilanda permasalahan, dengan secepatnya ia berdoa, meminta pertolongan pada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Rendah hati.

Meskipun usahanya terus berkembang dan semakin menggurita, namun Urpan tetap rendah hati.

4. Memiliki nyali bisnis dan optimisme yang tinggi.

Meskipun menjadi pengusaha tidak semudah yang dibayangkan, namun Urpan adalah sosok entrepreneur yang memiliki nyali bisnis tinggi.

5. Peduli 

Peduli pada orang lain adalah salah satu faktor sukses dalam mencapai impian. Hal tersebut dibuktikan Urpan dalam menjalankan usahanya yang senantiasa menyisihkan penghasilan yang didapatnya untuk sesama.

Itu dia, kisah sukses Urpan Dani sebagai pemasok pasir. Semoga bisa mengisnpirasi kita semua untuk meraih sukses.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Urpan Dani sebagai Pemasok Pasir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel