Tips Memilih Minyak Zaitun yang Baik ala William Wongso

Sepertinya judul dan tema kali ini menarik, karena menghubungkan beberapa kata kunci sekaligus menjadi satu, yaitu William Wongso, sebagai pakar kuliner Indonesia dan satunya lagi minyak zaitun, yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Terlepas dari judulnya, yaitu tips memilih minyak zaitu yang baik ala William Wongso, tetap yang menjadi inti dalam artikel kali ini adalah bagaimana memilih minyak zaitun yang baik.

Tips Memilih Minyak Zaitun yang Baik ala William Wongso
Minyak zaitun (Foto: primooils.com)

Minyak zaitun sendiri atau sering disebut dengan ‘olive oil’ adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Zaitun adalah buah zaitun atau olea europaea, yaitu pohon tradisional dari basin Mediterania. Buah zaitun sendiri memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau saat mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan saat mulai matang.

Cara Memilih Minyak Zaitun untuk Memasak ala William Wongso

Nah.. sekarang mulai terbuka bahwa tema kali ini berhubungan dengan memasak apalagi yang memberikan arahan langsung adalah William Wongso seorang pakar kuliner Indonesia.

Menurut William Wongso, terdapat ciri-ciri minyak zaitun yang baik, yaitu:

  • Warnanya bening.
  • Rasanya seperti kacang almond.
  • Tidak membeku pada suhu rendah.

Menurut William Wongso, memasak menggunakan minyak zaitun memiliki keistimewaan karena kandungan gizi dari bahan makanan yang dimasak tidak akan berubah, dan yang paling penting adalah saat memasak menggunakan minyak zaitun tidak dianjurkan memasak denagn suhu melebihi 200 derajat Celsius. Sedangkan untuk menumis, suhu idealnya pada suhu antara 155 sampai 158 derajat Celsius. Kalau suhunya lebih dari ketentuan, minyak zaitunnya yang akan gosong.

Baca juga: Hidup Sehat dengan Protein, Buah dan Minyak Zaitun.

Selain tips tersebut terdapat hal yang ditekankan William Wongso, bahwa dalam pemilihan minyak zaitun, merek terkenal bukanlah jaminan. Karena soal cita rasa, pilihan tetap pada selera masing-masing.

Semoga informasi dan tips memilih minyak zaitun yang baik ala William Wongso ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang memilih minyak zaitun untuk memasak. Sebagai catatan, saat membeli minyak zaitun, pastikan memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM RI dan juga perhatikan tanggal produksi kemasan untuk mengetahui batas pemakaian minyak zaitun.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Minyak Zaitun yang Baik ala William Wongso"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel