Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 dua tahun lalu, sampai saat ini efeknya masih sangat begitu terasa, mulai dari sisi ekonomi, tatanan hidup, sampai dengan ketakutan akan merebaknya lagi wabah sejenis. Meskipun efeknya yang masih menakutkan, namun terdapat efek positif dengan selalu menjaga kesehatan, termasuk diantaranya dengan mengikuti berbagai informasi dan tips menerapkan pola makan sehat.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat
Menerapkan pola makan sehat (Foto: healtholine)

Dengan menerapkan pola makan sehat tentu saja akan terhindar dari ancaman penyakit serius yang mengancam tubuh kita, seperti diabetes, stroke dan berbagai macam penyakit lainnya.

Cara Menerapkan Pola Makan Sehat

Seperti kita ketahui bersama bahwa pola makan sehat bukanlah trend, namun pola hidup sehat yang harus dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti membuang kebiasaan ngemil. Kebutuhan ngemil sering muncul karena ingin menikmati waktu yang menyebabkan merusak pola makan.

Mengapa ngemil sering menjadi penyebab kegemukan? Hal ini disebabkan karena yang dimakan hanya karbohidrat saja. Begitu pula dengan buah yang juga mengandung karbohidrat. 

Tidak ada yang bisa menahan laju kecepatan penyerapan karbohidrat menjadi gula, apalagi bila Anda hanya makan karbohidrat tanpa protein dan lemak. Buah pun mengandung 100% karbohidrat dan fruktosa. Meskipun berserat, fruktosa 70% pada buah dan sayur sebanyak 30% mampu mendongkrak kadar gula dalam darah yang bisa berakibat mengaktifkan insulin untuk mendeposit kelebihan gula menjadi lemak.

Itulah sebabnya diabetik tidak mampu mengontrol kadar gulanya apabila masih mengonsumsi buah manis tanpa melaksanakan pantangan sama sekali. Atau program mengecilkan dan menurunkan berat badan menjadi kacau apabila buah manis dikonsumsi sebagai snack diluar jadwal makan.

Itu dia sedikit informasi tentang tips menerapkan pola makan sehat. Semoga bermanfaat dan menjadi masukan bagi kita semua yang ingin menerapkan pola hidup sehat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menerapkan Pola Makan Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel