Tips Hidup Sehat

Sehat menjadi satu kata yang menjadi harapan utama saat ini, apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19. Kata sehat menjadi tujuan hidup yang selalu didengungkan masyarakat, apalagi sejak banyak orang yang tertular kemudian sakit dan meninggal. Terlepas dari kenyataan tersebut, hal ini berbanding terbalik dengan kondisi nyata dalam kehidupan masyarakat, dimana masih banyak masyarakat yang masih belum begitu paham cara agar dirinya tetap sehat. Untuk itu dalam kesempatan ini akan disampaikan “tips hidup sehat”.

Bahagia dan hidup sehat saat ini menjadi hal yang paling diinginkan oleh semua orang. Untuk itulah semua orang berupaya untuk menggapai dua hal tersebut, cara yang paling mudah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan rutin melakukan olahraga, rutin mengonsumsi air putih, tidur yang cukup dan juga rajin berolahraga.

Hidup Sehat adalah Cara Sederhana Hidup Bahagia

Seperti yang disampaikan pada pembukaan di atas, sehat dan bahagia adalah dua kata kunci untuk bisa memperoleh umur panjang. Bahkan ada yang mengatakan bahwa semakin bahagia seseorang, maka semakin lama hidup seseorang tersebut.

Tips Hidup Sehat;Hidup Sehat adalah Cara Sederhana Hidup Bahagia
Foto: trainbodyandmind.

Sedangkan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai hidup bahagia dan bisa panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Tentu saja bila kedua hal tersebut sudah bisa didapatkan, maka hidup menjadi terasa sempurna. Oleh karena itu, tidak salah kalau banyak orang yang mengatakan bahwa di masa pendemi seperti saat ini hidup sehat menjadi impian yang sangat mahal harganya.

Hidup Sehat dengan Makanan dan Minuman yang Halal serta Bergizi

Untuk itu, agar bisa mencapai hidup yang bahagia, maka harus dilakukan dengan melakukan hidup sehat. Berikut akan disampaikan cara mudah agar hidup lebih sehat dengan mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh. Asupan makanan yang masuk ke tubuh sangat berpengaruh besar pada kesehatan, tidak hanya dari sisi pengolahannya, namun kombinasi makanan juga harus tepat.

Berikut cara mudah agar hidup lebih sehat yang bersumber dari Tabloid Nyata, antara lain:

  • Gunakan kaldu, bukan minyak.
  • Gunakan botol semprot.
  • Gantilah saus.
  • Menambahkan biji wijen.
  • Mengurangi garam.
  • Memilih garam laut.
  • Mengurangi gula.
  • Menggunakan madu.
  • Pilihlah coklat hitam.
  • Pilih kombinasi pisang dan susu.
  • Konsumsi Lemon dan teh hijau.

Baca juga: Serat untuk Kesehatan Tubuh.

  • Gunakan kaldu, bukan minyak.

Terdapat satu cara untuk membuat makanan menjadi lebih sehat, yaitu menggoreng dengan menggunakan kaldu. Caranya, tidak perlu banyak menggunakan kaldu, cukup dua sendok makan saat setiap kali menggoreng. 

Kaldu memang mengandung lemak, namun jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan minyak.

  • Gunakan botol semprot.

Untuk menggoreng, biasanya Anda akan menuangnya langsung dipenggorengan. Agar tidak berlebihan, Anda bisa menggunakan botol semprot.

Semprotkan minyak sedikit saja di penggorengan, atau bisa dengan mengoleskan sikat kue ukuran lebar agar minyak yang digunakan tidak berlebihan.

  • Gantilah saus.

Memulai hidup sehat, bisa dilakukan dengan mengganti saus untuk makanan. Gantilah saus yang Anda beli dipasaran, karena saus yang dijual tersebut banyak mengandung zat aditif dan bahan pengawet.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat sendiri saus tersebut dari yogurt, yang aman dan lebih menyehatkan. Caranya, campurlah 500 gram plain yogurt, keju cheddar dan juga susu kental manis secukupnya. Atau bisa dengan mencampurkan 200 mililiter yogurt dengan 1 sampai 2 sendok makan madu, kemudian tuangkan di atas buah atau makanan Anda.

  • Menambahkan biji wijen.

Menambahkan biji wijen pada makanan termasuk salah satu cara untuk hidup sehat, karena biji wijen kaya akan kalsium.

  • Mengurangi garam.

Untuk hidup sehat, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengurangi jumlah garam ke dalam masakan. Hal ini disebabkan penggunaan garam yang berlebihan bisa berefek buruk pada kesehatan.

Oleh karena itu, lebih baik memasak tanpa garam sama sekali, dan Anda bisa menambahkan garam ke piring ketika hidangan tersebut sudah matang.

  • Memilih garam laut.

Gunakanlah garam laut, bukan garam meja. Hal ini dikarenakan garam laut banyak mengandung mineral, seperti kalsium, natrium, yodium dan besi, yang akan membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh. Selain itu, rasa garam laut lebih gurih.

Hal ini berbanding terbalik dengan garam meja, mineral yang terkandung dalam garam meja lebih sedikit, karena sudah mengalami proses lebih lanjut.

  • Mengurangi gula.

Untuk hidup sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Seperti yang diketahui, gula merupakan musuh paling berbahaya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Apabila ingin mendapatkan rasa manis, Anda bisa menggunakan stevia.

  • Menggunakan madu.

Solusi ini bisa dilakukan untuk mendapatkan rasa manis, apabila ingin terhindar dari manisnya gula, yaitu dengan menggunakan madu. Yang perlu diketahui adalah jangan menambahkan madu pada minuman panas, karena manfaatnnya akan hilang

  • Pilihlah coklat hitam.

Coklat hitam adalah coklat yang mengandung 70% coklat murni, rasanya memang pahit, namun coklat hitam sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan dan sistem kekebalan tubuh dan juga kardiovaskuler.

  • Pilih kombinasi pisang dan susu.

Untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat, maka mengombinasi beberapa makanan, seperti pisang dan susu menjadi sebuah pilihan kombinasi yang menyehatkan apalagi untuk menjaga kesehatan tulang.

Caranya, haluskan pisang, tambahkan susu untuk membuat smoothie.

  • Konsumsi Lemon dan teh hijau.

Dua jenis makanan sehat ini, kaya akan antioksidan. Lemon bisa membantu tubuh untuk bisa mencerna dengan lebih baik. Semakin nikmat dengan tambahan lemon dalam cangkir teh Anda.

Itu dia sedikit informasi dan catatan tentang tips hidup sehat. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin memulai dan menjaga kesehatan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Hidup Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel