Tips Merawat Leher Secara Alami dengan Bahan Sederhana

Cantik. Satu kata ini selalu menjadi harapan dan idaman setiap wanita. Bagi seorang wanita menjadi cantik meliputi banyak hal, luar dan dalam, bahkan leher hitam saja bisa menjadi masalah bagi mereka. Tentu saja, karena hal ini dianggap mengganggu penampilan, apalagi letak leher yang berada di bawah kepala, membuat leher menjadi terlihat jelas. Sebenarnya banyak cara dan tips untuk mengatasi hal ini, namun tips merawat leher secara alami dengan bahan sederhana, sepertinya menjadi langkah sederhana namun manjur.

Cara Merawat Leher Supaya Putih Secara Alami;Merawat leher secara alami;Tips Merawat Leher Secara Alami;
Merawat leher secara alami (Foto: explorelifestyle)

Selama ini, kebanyakan perawatan kecantikan yang sering dilakukan lebih terfokus pada perawatan kulit wajah, dan hanya beberapa orang saja yang memperhatikan perawatan leher. Padahal kalau leher dibiarkan malah berwarna hitam, hal ini akan membuat turunnya rasa percaya diri.

Cara Merawat Leher Supaya Putih Secara Alami

Siapa yang menyangka kalau leher juga butuh perawatan? Banyak yang mengakui karena leher ini cenderung tidak kelihatan, maka leher seringkali luput dari perawatan, yang mengakibatkan leher menjadi tampak kusam, gelap, keriput bahkan menjadi kendur.

Untuk itu, di bawah ini akan disampaikan cara alami merawat leher, yang bersumber dari Tabloid Nyata, sebagai berikut:

  1. Lemon.
  2. Lemon + air mawar.
  3. Lemon + bubuk kunyit.
  4. Mentimun.
  5. Baking soda.
  6. Oatmeal.
  7. Yogurt.
  8. Kentang.
  9. Nanas.
  10. Pisang.
  11. Pisang + lemon.
  12. Kulit pisang.
  13. Stroberi + pepaya.
  14. Alpukat.
  15. Pepaya mentah.
  16. Kulit jeruk.

Baca juga: Bahan Alami untuk Merawat Leher.

1 | Lemon.

Lemon merupakan bahan alami yang kaya manfaat, termasuk untuk mencerahkan leher. Hal ini disebabkan karena lemon mengandung banyak asam sitrat. Caranya, oleskan air lemon di leher yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, baru bilas sampai bersih.

Sebagai catatan: Setelah melakukan perawatan menggunakan lemon, sebaiknya jangan langsung terkena sinar matahari.

2 | Lemon + air mawar.

Untuk memutihkan leher, maka menggunakan satu sendok makan air lemon dan satu sendok makan air mawar bisa menjadi solusi. Caranya mudah, campurlah air lemon dan air mawar, baru oleskan pada leher. Lakukan sebelum tidur malam, biarkan selama semalaman, baru pada keesokan paginya bersihkan lagi. (Anda bisa menyimpan campuran air lemon dan air mawar dalam botol, untuk digunakan pada malam hari sebelum tidur).

3 | Lemon + bubuk kunyit.

Satu lagi solusi untuk mencerahkan leher, dengan hanya menggunakan air lemon, bubuk kunyit dan bola kapas. Caranya, campurlah air lemon dan bubuk kunyit secukupnya sampai menjadi pasta kental. Baru kemudian oleskan pasta tersebut pada leher secara merata, biarkan selama 10 sampai 15 menit, bilas sampai bersih.

4 | Mentimun.

Mentimun menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk merawat kulit, yang mamu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya, parut mentimun secukupnya, baru kemudian oles pada leher yang sudah dibersihkan, biarkan selama 10 menit. Baru kemudian gosok secara perlahan. Bilas sampai bersih, dan oleskan dengan air mawar.

5 | Baking soda.

Baking soda menjadi bahan alami yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan hiperpigmentasi. Caranya, campur baking soda dengan air sampai membentuk pasta kental, baru kemudian oles pasta tersebut pada leher yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit, baru bilas dengan air sampai bersih.

6 | Oatmeal.

Oatmeal juga bisa digunakan untuk merawat kulit termasuk leher, bahkan bisa digunakan sebagai scrub dan masker untuk leher yang gelap.

Caranya, hancurkan oatmeal, namun jangan sampai terlalu halus, baru kemudian campur dengan tomat yang sudah dihancurkan. Aduk secara merata. Dan oles campuran tersebut pada leher yang sudah dibersihkan, biarkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu basahi sedikit pada jari Anda, kemudian mulai gosok leher secara lembut, dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 5 sampai 7 menit. Gandum kasar tersebut akan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit leher menjadi cerah. Setelah itu bersihkan dengan air, keringkan dengan handuk lembut, baru oles dengan pelembab. Lakukan perawatan tersebut 2 sampai 3 kali selama seminggu.

7 | Yogurt.

Yogurt bisa digunakan untuk mencerahkan  dan mengusir kerutan pada leher. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit dengan menggunakan yogurt, salah satunya bisa dilakukan dengan mencampur yogurt dengan bubuk kunyit sampai menjadi pasta. Oles pada leher dan biarkan selama 15 menit, baru bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan tersebut selama 2 sampai 3 kali selama seminggu.

8 | Kentang.

Kentang bisa digunakan untuk mencerahkan leher, hal ini disebabkan karena kentang mengandung enzim catecholase yang akan membantu mencerahkan, mengencangkan dan menghalau flek hitam pada kulit leher. Selain itu juga mengandung mineal, seperti potassium, kalsium dan magnesium yang bisa melembabkan dan melindungi kulit. Vitamin C dalam kentang membantu memproduksi kolagen, sehingga kulit bisa lebih elastis. 

Caranya, potong-potong kentang yang sudah disimpan dalam lemari es. Gosokkan pada leher yang sudah dibersihkan selama 5 sampai 10 menit. Lakukan cara ini selama 2 sampai 3 bulan. 

Baca juga: Pembersih Wajah dari Bahan Alami.

9 | Nanas.

Nanas menjadi salah satu bahan alami yang bisa menghalau keriput dan mencerahkannya. Hal ini disebabkan karena nanas kaya akan antioksdan. 

Caranya, hancurkan nanas, kemudian oleskan pada leher yang sudah dibersihkan. Lakukan perawatan tersebut selama dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

10 | Pisang.

Pisang juga menjadi salah satu bahan alami yang banyak mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mencerahkan dan menghalau kerutan pada leher.

Caranya, hancurkan pisang yang sudah matang, tambah dengan minyak zaitun, campur secara merata. Oles pada leher, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air sampai bersih.

11 | Pisang + lemon.

Pisang yang sudah masak dan dicampur dengan air lemon sangat berguna untuk mengencangkan kulit, termasuk pada area leher. Caranya, hancurkan pisang, kemudian tambahkan dengan air lemon secukupnya. Campurkan secara merata, baru oles campuran tersebut pada leher yang sudah dibersihkan. Biarkan mengering dan bersihkan dengan air. Lakukan perawatan tersebut dua minggu sekali.

12 | Kulit pisang.

Ternyata kulit pisang juga masih bermanfaat, kulit pisang mengandung antioksidan dan lutein yang bisa membuat sel-sel kulit menjadi lebih elastis, kuat dan aktif.

Caranya, ambil kulit pisang, dan kerok pada bagian dalamnya yang berwarna putih. Campur dengan yogurt dan lemon, kemudian aduk secara merata sampai membentuk pasta halus. Tambah dengan gliserin dan baby oil. Aduk secara merata, tambah dengan beberapa tetes susu cair, dan campur lagi sampai menjadi pasta halus. Oles pasta tersebut pada leher yang sudah dibersihkan. Biarkan mengering, baru kemudian sapukan air, setelah itu pijat dengan gerakan lembut selama 15 menit. Baru bilas sampai bersih. Ulangi perawatan tersebut setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

13 | Stroberi + pepaya.

Stroberi adalah salah satu buah yang juga banyak mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan yang mampu mengangkat sel kulit mati. Dan pepaya mengandung enzim papain. Untuk bisa mendapatkan manfaat, campurlah stroberi dan pepaya yang bisa mempercepat dan mencerahkan kulit leher.

Caranya, hancurkan stroberi dan pepaya pada tempat terpisah. Baru kemudian campur secara merata. Baru oles campuran tersebut pada leher. Biarkan selama 10 menit, dan bilas sampai bersih.

14 | Alpukat.

Alpukat adalah salah satu buah yang bisa memberikan manfaat untuk mengencangkan, mencerahkan dan juga mengurangi keriput pada leher. Caranya, hancurkan alpukat secukupnya, tambah dengan madu dan susu sampai menjadi pasta kental. Baru oles pada leher yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

15 | Pepaya mentah.

Pepaya mengandung enzim papain yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang akan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Dengan begitu akan membuat kulit menjadi cerah.

Caranya mudah, parut pepaya yang masih mentah. Tambah dengan sedikit air, kemudian saring. Ambil airnya. Oles pada leher yang sudah dibersihkan, biarkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih.

16 | Kulit jeruk.

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga mencerahkan kulit. Tambah dengan susu cair segar agar kulit leher menjadi bersinar.

Caranya, keringkan kulit jeruk, tumbuk sampai halus sampai menjadi bubuk. Ambil bubuk kulit jeruk secukupnya, kemudian tambah dengan susu. Campur secara merata sampai menjadi pasta kental. Oles pasta tersebut pada leher, dan biarkan selama 15 sampai 20 menit, baru bilas dengan air hangat.

Itu dia sedikit tips merawat leher secara alami dengan bahan sederhana. Semoga menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Leher Secara Alami dengan Bahan Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel