Padi Mani Chamba yang Istimewa dari Davangere, India

Mengapa dengan padi? Pasti Anda bertanya-tanya, mengapa membahas padi. Padahal masih banyak tema lain yang bisa dibahas. Hhmmm… sebenarnya ada udang di balik batu dengan membahas padi istimewa yang satu ini. Ya... Ada banyak hal mengapa padi ini dikatakan istimewa. Padi mani chamba yang istimewa dari Davangere, India memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan.

Padi Mani Chamba yang Istimewa dari Davangere, India
Ilustrasi (Foto: plantbiotech.bg)

Semua orang pasti tahu tentang padi, apalagi orang dari Asia. Padi yang termasuk suku Gramineae  atau rumput-rumputan dengan nama ilmiah Oryza sativa ini sudah menyebar hampir di seluruh penjuru dunia. Bahkan dari waktu ke waktu, padi yang menghasilkan beras tersebut semakin banyak jenisnya.

Mani Chamba Si Padi dari India

Begitu banyak referensi yang membahas tentang Mani Chamba, apalagi menurut berbagai informasi, padi ini sangat baik bagi penderita diabetes. Yang unik, padi ini bisa dikatakan sangat istimewa karena hanya mau dibudidayakan di Davangere, Karnataka, India Selatan, kampung halaman padi mani chamba.

Dari berbagai informasi, salah satunya tulisan dari Herry Gendut Janarto yang pernah dimuat dalam Tabloid Intisari Edisi No. 482, yang menyampaikan bahwa di India terdapat banyak varietas padi yang berkualitas, mulai dri mani chamba, basmati, sarala, sona masuri, sugadh dan berbagai varietas padi lainnya. Bahkan berbagai varietas tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Seperti varietas basmati, yang tumbuh subur di India Utara, di bawah naungan Pegunungan Himalaya, bahkan beras basmati yang berorama wangi tersebut memiliki julukan queen of fragrance.

Selain varietas basmati, terdapat satu lagi varietas padi yang unik dan juga memiliki kualitas tinggi, yaitu padi mani chamba. Varietas ini hanya bisa tumbuh dan berkembang di daerah Davangere, Karnataka yang merupakan salah satu negara bagian India. Karnataka sendiri terletak di India Selatan dengan ibukota Bangalore.

Baca juga: Bambu dan Seribu Manfaatnya.

Keberadaan Davangere dan mani chamba sendiri tidak dapat dipisahkan, dan keduanya saling terikat dan membutuhkan. Davangere terletak 700 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar antara 21 derajat sampai 38 derajat Celsus yang ideal untuk menanam atau membudidayakan padi mani chamba. Davangere sendiri memiliki tanah yang berkapur dan sangat subur, sehingga mengandung unsur fosfor dan nitrogen  yang cukup, sehingga membuat varietas pada mani chamba tidak membutuhkan pupuk, yang membuat padi ini bisa tumbuh secara organik. Varietas ini selain tinggi produksi bijinya juga tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Selain keunggulan tersebut, varietas mani chamba membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa dipanen sejak ditanam yaitu sekitar tujuh bulan. Herbal ponni menjadi sebutan untuk padi mani chamba, karena bertubuh mungil dan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Mani Chamba Variestas Padi yang Bisa Mengatasi Diabetes

Tidak dapat dipungkiri para penderita diabetes mellitus (DM) pasti merasa tidak nyaman saat memilih makanan. Baik yang masih ringan atau pun yang sudah akut. Untuk itu, agar penderita DM ini kualitas hidupnya tidak terganggu penyakit degeneratif ini, maka harus melakukan pengobatan secara teratur, mengatur pola makan dan juga berolahraga secara teratur.

Untuk mengatur pola makan, maka penderita DM bisa mencoba mengonsumsi nasi dari beras Herbal Ponni, beras in disebut mampu mengontroL gula darah karena mengandung glycemic index yang rendah. Dengan mengonsumsi beras ini, maka hasil pencernaan karbohidrat akan diubah menjadi tenaga atau bahan bakar untuk membuat otot bekerja dan tidak berhenti hanya menjadi gula di daam darah.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, beras Herbal Ponni terbukti memiliki kadar gula dan lemak yang rendah, serta tidak berkanji. Begitu pula dengan padi mani chamba yang mengandung fiber soluble (serat larut) yang tinggi.

Dengan kandungan gula yang rendah dan serat larut yang tinggi, beras Herbal Ponni bermanfaat untuk mengontrol dan menstabilkan gula darah, dan serat larutnya bisa membantu menyerap toksik, kelebihan gula dan lemak, serta dikeluarkan lewat pembuangan air besar. Selain itu, beras ini mampu mengatasi masalah kegemukan dan gangguan pencernaan yang juga mampu mencegah kemungkinan terkena kanker usus.

 Itu dia sedikit informasi tentang “Padi mani chamba yang istimewa dari Davangere, India”. Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang menderita Diabetes Mellitus dan ingin mengatur pola makan dengan konsumsi padi mani chamba.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Padi Mani Chamba yang Istimewa dari Davangere, India"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel