OLED dan ASUS Sebuah Kecanggihan Laptop dengan Layar Terbaik

Dunia semakin berkembang, begitu pula dengan teknologi, semakin canggih dengan segala hal yang berkaitan didalamnya, apalagi hadirnya teknologi sengaja dihadirkan untuk memudahkan kehidupan manusia masa kini. Diantara segala kebutuhan dan perangkat kerja, laptop menjadi alat kerja yang sangat dibutuhkan bahkan menjadi perangkat harian, namun di balik dibutuhkannya laptop, juga terdapat ide tentang laptop yang ramah pada kesehatan mata, hal ini dibuktikan dengan hadirnya layar OLED. ASUS menjadi salah satu pabrikan yang sudah menggunakan layar OLED , sehingga tidak salah pada bahasan kali ini membahas tentang “OLED dan ASUS Sebuah Kecanggihan Laptop dengan Layar Terbaik”.

OLED dan ASUS Sebuah Kecanggihan Laptop dengan Layar Terbaik
Laptop ASUS

OLED singkatan dari “organic light-emitting diode”, yang bergantung pada bahan organik yang terbuat dari rantai hidrokarbon untuk memancarkan cahaya ketika kontak dengan listrik. Hal ini pula yang melatarbelakangi ASUS sebagai pabrikan terbesar dunia sehingga memproduksi laptop yang saat ini sengaja membenamkan teknologi OLED pada laptop yang diproduksinya.

OLED adalah Teknologi Layar Laptop dengan Kualitas Terbaik

Tidak salah memilih ASUS sebagai pilihan laptop untuk bekerja atau pun membuat karya untuk konten terbaik, apalagi ASUS OLED merupakan teknologi yang akan membawa pengalaman menggunakan laptop ke tingkat selanjutnya dengan kualitas visual yang kaya, warna yang akurat, serta lebih aman untuk kesehatan mata. ASUS OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik.

Terdapat lima keunggulan layar OLED pada laptop yang dirilis ASUS tersebut, yaitu: 

  1. Warna lebih kaya dan akurat. Panel OLED sebenarnya hadir untuk kalangan profesional terutama desain dan fotografis atau video grafis yang membutukan kualitas warna paling kaya dan akurat. Kemampuan panel Asus OLED mampu mereproduksi 100 persen warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133 persen warna sRGB. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan konten yang menarik dilihat oleh siapapun.
  2. Lebih aman untuk kesehatan mata. Panel layar laptop jelas berkaitan langsung dengan kesehatan mata penggunanya terutama saat harus menggunakan dalam durasi yang lama. Paparan radiasi sinar biru tidak hanya buruk untuk kesehatan mata tapi juga mengurangi tingkat reproduksi warna biru di layar. Makanya panel OLED di laptop ASUS mempu menjaga akurasi warna tetap tinggi sambil melindungi mata pengguna dengan fitur Eye Care yang mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TUV Rheinland.
  3. Tampilan tetap jernih di tingkat kecerahan rendah. Sebagian pengguna, mungkin lebih menikmati bekerja dengan tingkat kecerahan layar rendah saat di luar ruangan yang cerah atau demi menghemat konsumsi baterai laptopnya karena lebih banyak bekerja secara mobile alias outdoor.Panel layar OLED dari ASUS diklaim bisa tetap menyajikan gambar yang cerah dan tajam meskipun tingkat kecerahan rendah. Jadi pengguna tetap mendapatkan kualitas visual yang nyaman tanpa mengorbankan hal lain.
  4. Detail warna dan visual terbaik. Anda akan menemukan perbedaan yang sangat terasa dari panel OLED Asus dan layar laptop lain yang masih menggunakan panel backlight. Saat digunakan kualitas warna hitam yang disajikan akan benar-benar hitam sehingga kontras warna sangat tinggi. Efeknya kualitas warna yang disajikan akan sangat kuat dan terlihat hidup. Hal ini tidak akan didapatkan dari layar dengan panel bukan OLED. Anda bisa membuktikannya sendiri karena perbedaan tersebut terlihat jelas.
  5. Visual lebih jelas tanpa efek blur. Panel OLED memiliki kemampuan untuk menyajikan gambar atau video tidak hanya tajam dari segi warna tapi juga gerak visual, tanpa efek blur. Anda akan menemukan bahwa pergerakan di dalam video pada panel OLED akan terasa halus sekaligus detail.

Selain itu, ASUS sengaja ingin membuat Anda yang ingin berkreasi dengan laptop menjadi nyaman dan betah berlama-lama di depan laptop, apalagi dengan prosesor  i3-1115G4 Tiger-Lake-U berbasis fabrikasi 10nm dan punya kecepatan 3 GHz. Prosesor ini memiliki 2 core dan 4 threads dengan TDP maksimal 28 watt. Prosesor tersebut adalah prosesor yang sudah nyaman jika digunakan untuk kebutuhan produktivitas, seperti kerja kantoran. Contohnya mengetik, mengerjakan tugas, kerjaan edit video dan desain ringan.

Kesehatan saat ini menjadi salah satu alasan dalam pemilihan laptop terbaik. Teknologi layar ASUS OLED memiliki tingkat radiasi cahaya biru yang jauh lebih kecil dibandingkan layar laptop pada umumnya. Radiasi cahaya biru merupakan penyebab utama kelelahan dan kerusakan pada mata saat menggunakan laptop. Dengan hadirnya ASUS OLED yang memiliki tingkat radiasi cahaya biru sangat rendah,

OLED Lebih Aman untuk Kesehatan Mata

Paparan radiasi sinar biru pada layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan pada mata bahkan dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya.

Baca juga: Asus ROG Zephyrus Duo 15, Sebuah Kemewahan Laptop Gaming Dua Layar.

Pada umumnya, mengurangi paparan radiasi sinar biru di layar laptop dilakukan dengan mengurangi tingkat reproduksi warna biru. Namun hal tersebut akan mengurangi tingkat akurasi warna dan membuat kualitas visual menjadi sangat buruk. Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

Survey: Faktor Kesehatan Mata Semakin Jadi Pertimbangan Saat Membeli Laptop 

Masyarakat lebih memilih laptop dengan layar yang lebih mampu menjaga kesehatan mata seperti ASUS OLED yang menjadi pilihan 9 dari 10 content cerator dan pakar di Indonesia

Sebanyak 68,10% masyarakat Indonesia mengetahui bahwa paparan radiasi cahaya biru dapat merusak kesehatan mata. Angka tersebut didapat dari hasil survey yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS. Tidak hanya itu, dalam survey yang diikuti oleh lebih dari 500 responden dengan latar belakang, profesi, dan usia yang berbeda tersebut juga mengungkapkan bahwa 47,30% masyarakat Indonesia menghabiskan waktu antara 5-10 jam di depan laptop.

Hasil riset tersebut tidak hanya menggambarkan bahwa masyarakat Indonesia semakin sadar akan faktor kesehatan di berbagai aspek kehidupannya, tetapi juga membuat mereka lebih selektif saat membeli laptop. Hal tersebut juga tergambarkan dari hasil survey yang mengatakan bahwa sebanyak 66,50% tingkat paparan radiasi cahaya biru menjadi salah satu faktor yang berpengaruh saat membeli laptop.

Pengaruh Paparan Radiasi Cahaya Biru Terhadap Kesehatan Mata

Berdasarkan sebuah laporan penelitian bertajuk “Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health” oleh Essilor America pada tahun 2013, paparan sinar biru dalam jangka waktu panjang dapat merusak mata. Radiasi sinar biru dikatakan dapat membentuk reaksi partikel oksigen yang berbahaya serta dapat mengganggu proses fotokimia pada retina mata yang pada akhirnya merusak sel retina dan menyebabkan gangguan penglihatan.

OLED adalah Teknologi Layar Laptop dengan Kualitas Terbaik
Diagram yang menggambarkan tingkat kerusakan pada sel retina mata di berbagai spektrum cahaya pada laporan penelitian “Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health” oleh Essilor America pada tahun 2013.

Mata manusia dikatakan memiliki “filter” khusus yang dapat menyaring berbagai spektrum berbahaya seperti beberapa sketrum sinar ultra-violet (UV). Meski demikian, tidak semua spektrum cahaya dapat disaring dan aman untuk mata dan salah satu spektrum paling berbahaya ada di sinar biru. Salah satu penyumbang terbesar paparan radiasi sinar biru di era modern saat ini adalah layar komputer, gadget, serta televisi, dimana spektrum warna biru sangat dibutuhkan untuk menghasilkan warna yang kaya dan akurat.

ASUS OLED Dapat Mengurangi Tingkat Paparan Radiasi Cahaya Biru

ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak. Fitur Eye Care di ASUS OLED juga dapat membantu menjaga kesehatan mata 68,10% masyarakat Indonesia pada survey Detik Network bekerjasama dengan ASUS yang menggunakan laptop hingga 10 jam dalam sehari.

Baca juga: Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik.

Pada umumnya, mengurangi paparan radiasi sinar biru di layar laptop dilakukan dengan mengurangi tingkat reproduksi warna biru. Namun hal tersebut akan mengurangi tingkat akurasi warna dan membuat kualitas visual menjadi sangat buruk. Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum cahaya biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru yang berbahaya tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

Menurut Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, “ASUS OLED merupakan salah satu solusi praktis untuk mengurangi kerusakan mata dalam jangka panjang akibat paparan radiasi sinar biru. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati kualitas visual terbaik yang akan memanjakan mata.”

Tertarik memilih ASUS dengan kecanggihan layar OLED-nya? Semoga informasi tentang ““OLED dan ASUS Sebuah Kecanggihan Laptop dengan Layar Terbaik” ini bermanfaat dan memberi informasi tentang keunggulan layar OLED.  

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "OLED dan ASUS Sebuah Kecanggihan Laptop dengan Layar Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel