Tips Menjaga Kesehatan Saat Natal dan Tahun Baru

Yeay sudah mau akhir tahun 2021, tentunya banyak rencana dan acara yang sudah direncanakan, entah hanya berkumpul bersama keluarga atau menikmati waktu bersama teman-teman. Selalu mengikuti protokol kesehatan sudah menjadi keharusan, meskipun PPKM Nataru dibatalkan. Akhir tahun 2021 seyogyanya diisi dengan hal positif, apalagi saat ini masih pandemi. Meskipun sudah mendapatkan vaksin ke-2, kewajiban menjaga protokol kesehatan wajib dilakukan, menjadi hal menarik kalau Anda mencegah dan mengikuti tips menjaga kesehatan saat natal dan tahun baru 2022, yang membuat hari Anda bertambah menyenangkan.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Natal dan Tahun Baru
Menjaga kesehatan saat Natal dan Tahun Baru 2022 (Foto: starthealthcare.)

Sudah hampir 2 tahun berjalan wabah pandemi Covid-19 ini belum tuntas, bahkan kekhawatiran munculnya virus jenis baru, yang kabarnya lebih kebal, menjadi kekhawatiran tersendiri. Vaksin untuk menjaga agar tubuh tidak terserang virus menjadi hal penting bagi masyarakat, begitu pula saat beraktivitas, mengikuti protokol kesehatan menjadi kata kunci wajib yang harus dilakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Natal dan Tahun Baru

Meskipun banyak diantaranya yang sengaja memilih di rumah dan menikmati berkumpuul dengan orang terkasih, menjaga dan mempersiapkan fisik menjadi sangat diperlukan. Persiapan fisik menjadi hal penting, apalagi kalau Anda berencana menikmati natal dan tahun baru di rumah orang tua yang jauh dari rumah tempat tinggal Anda saat ini.

Terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan yang harus dilakukan, dengan mengutip apa yang disampaikan Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt. dari Fakuktas Farmasi Universitas Airlangga yang pernah dimuat dalam Tabloid Nyata, antara lain:

  1. Mengonsumsi jahe.
  2. Mengonsumsi teh herbal.
  3. Mengonsumsi rebusan daun mint.
  4. Makan makanan yang kaya magnesium.
  5. Membawa minyak esensial.
  6. Minum air putih yang cukup.
  7. Menghindari diare.

Baca juga: Tips Menjaga Kesegaran Kulit Saat Puasa.

1 | Mengonsumsi jahe.

Menjaga kesehatan, apalagi menjaga kondisi saluran pencernaan adalah hal yang harus dilakukan, termasuk kesehatan usus dan lambung yang sering mengalami gangguan, salah satunya bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe.

Tidak hanya bagi Anda yang ingin menjaga saluran cerna, jahe juga sangat dianjurkan untuk Anda yang mudah mabuk perjalanan.

Cara mengonsumsinyapun sangat mudah, ada yang bisa langsung dikunyah atau bisa dilakukan dengan menyeduh jahe. Oleh karena itu, untuk mencegah mual dan muntah, jangan malu untuk membawa jahe segar yang siap diseduh dengan air panas, terutama Anda yang ingin atau punya rencana untuk melakukan perjalanan jauh.

Kandungan minyak atsiri dalam jahe terbukti mampu menjaga kesehatan saluran napas, tidak mudah batuk dan juga mencegah gangguan lain yang diakibatkan oleh radang.

2 | Mengonsumsi teh herbal.

Untuk selalu bisa menjaga kesehatan, maka bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh herbal, selain untuk menjaga kesehatan, teh herbal ini juga bisa untuk mencegah dan meredakan gangguan pada saluran pencernaan.

Yang termasuk dalam teh herbal, antara lain teh hijau, teh hitam dan teh kamomil.

Cara menyajikan teh herbal ini sangat mudah, seduh setidaknya satu cangkir teh setiap 4 jam tanpa gula. Cara ini dipercaya bisa menghindarkan kelebihan gas di lambung.

3 |  Mengonsumsi rebusan daun mint.

Daun mint menjadi salah satu daun yang bisa digunakan untuk minuman yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan dan juga saluran napas. Untuk mendapatkan daun mint saat ini sangat mudah, Anda bisa menemukan daun mint di pasar atau toko swalayan.

Cara menyajikannya sangat mudah, yaitu ambillah setengah genggam daun mint, rebus dalam air secukupnya dengan api sedang sampai mendidih, saring dan minum dalam kondisi hangat tanpa gula.

Agar lebih nikmat, Anda bisa menambah minuman daun mint tersebut dengan jeruk lemon peras dan sedikit madu sebagai penambah rasa. Untuk mengonsumsi secangkir rebusan daun mint bisa dilakukan sehari sekali selama liburan.

4 |  Makan makanan yang kaya magnesium.

Makan makanan yang mengandung magnesium yang cukup tentunya akan memberikan manfaat untuk tubuh. Magnesium yang cukup di dalam tubuh akan membuat tubuh bisa istirahat dengan nyenyak pada malam hari, terjaganya fungsi usus sehingga mudah buang air besar, membentuk sel dan juga memperkuat tulang.

Sumber magnesium, bisa diperoleh dari kacang-kacangan, seperti buncis, kacang merah, kacang hijau dan juga bisa didapatkan dari gandum dalam bentuk roti dan sayuran berwarna hijau gelap.

Untuk bisa mendapatkan manfaat magnesium, bisa dicoba dengan mengonsumsi daun kemangi, bayam dan kelor segar.

5 | Membawa minyak esensial.

Membawa minyak esensial atau balsam yang mengandung minyak esensial menjadi keharusan. Hal ini dilakukan agar perjalanan yang Anda lakukan terasa nyaman.

Caranya, gosoklah otot dan persendiaan dengan balsam, hal ini akan membuat kehangatan untuk membantu mengatasi otot yang kaku dan terjadinya nyeri sendi.

6 | Minum air putih yang cukup.

Minum air putih yang cukup, tetap harus dilakukan, konsumsilah air putih 8 gelas sehari, dan yang paling penting adalah tidak menunda buang air kecil. Selain itu yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga istirahat agar tubuh selalu sehat.

7 | Menghindari diare.

Diare menjadi gangguan saluran pencernaan yang sering terjadi. Oleh karena itu, pastikan lambung terisi makanan besar tepat pada waktunya dan juga tidak menunda sarapan.

Hal yang paling penting disini adalah memastikan jumlah bakteri menguntungkan di dalam usus dalam jumlah yang cukup, khususnya bagi Anda yang baru saja minum antibiotik. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi probiotik yang bisa menjaga keseimbangan bakteri usus, salah satunya dengan mengonsumsi yogurt.

Untuk menghindari diare, untuk sementara berhentilah mengonsumsi makanan pedas, seperti makanan yang banyak mengandung cabe dan rempah.

Itu dia, tips menjaga kesehatan saat natal dan tahun baru 2022. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Saat Natal dan Tahun Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel