Tips Menjaga Kesegaran Kulit Saat Puasa

Tips Menjaga Kesegaran Kulit Saat Puasa - Menjaga kesehatan tubuh menjadi hal utama saat ini, namun dibalik kesadaran akan pentingnya kesehatan, banyak diantara kita, khususnya para ibu yang seringkali terlupa untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya kesehatan tubuh, kulit yang seharusnya dijaga agar selalu tampak segar juga menjadi salah satu hal yang terabaikan. Banyak fator penyebabnya, bagi yang berstatus sebagai wanita karir, kesibukan dan tidak sempat melakukan perawatan seringkali menjadi alasan, begitu pula para bunda yang sibuk di rumah, 24 jam menjaga anak dan mengurus rumah tangga juga menjadi alasan, mengapa kurang menjaga kesegaran dan kesehatan kulit, apalagi di saat puasa. 

Tips Menjaga Kesegaran Kulit Saat Puasa;Cara Menjaga Kesegaran Kulit Saat Puasa;
Foto: shawacademy.

Bisa diakui bahwa saat puasa, apalagi puasa di Bulan Ramadhan, cuacanya cukup terik, yang membuat tubuh kekurangan asupan air, hal ini jelas mempengaruhi penampilan, badan terasa lemas, penampilan sedikit lesu dan juga kulit menjadi lebih kering.

Cara Menjaga Kesegaran Kulit Saat Puasa

Menjaga kesehatan dan kesegaran kulit selama berpuasa memang gampang-gampang susah, meskipun tidak mudah, namun menjaga kesegaran kulit tetap harus dilakukan. Cuaca yang panas pada bulan puasa, memungkinkan kulit menjadi kusam. Hal ini diperparah dengan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi, yang memperparah keadaan tersebut. Oleh karena itu diupayakan makanan yang dikonsumsi bisa bervariasi baik saat sahur atau pun berbuka.

Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt, dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, dalam Tabloid Nyata, terdapat 3 (tiga) cara yang tepat untuk menjaga kesegaran kulit saat puasa, antara lain:

  1. Asupan nutrisi.
  2. Memperbanyak air.
  3. Perawatan khusus.

Baca juga: Tips Melawan Penuaan Kulit.

1 | Asupan nutrisi.

Nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan kuku, rambut dan kulit. Terdapat 4 nutrisi yang harus ada dalam jumlah yang cukup dalam tubuh, antara lain:

  • Vitamin A. Sumber vitamin A banyak terdapat pada sayuran, seperti wortel, bayam, apricot dan juga sayur hijau. Anda bisa juga  mengonsumsi lebih banyak daun kelor yang terbukti kaya akan gizi. Jangan lupa untuk minum jus wortel setidaknya 3 kali seminggu, atau bisa juga dengan menambahkan wortel pada salad. Vitamin A mampu mencegah kulit kering dan dehidrasi sehingga bisa menjaga kehalusan dan kelembutan tekstur kulit.
  • Vitamin B. Kekurangan vitamin B bisa menyebabkan kulit menjadi kering, yang menjadikan kulit banyak kerutan yang menyebabkan terjadinya penuaaan dini. Sumber vitamin B terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian dan daging. Untuk mencukupinya, Anda bisa makan daging tanpa lemak, roti gandum dan ikan, sup kacang merah dan kacang hijau. Hal ini disebabkan makanan tersebut membantu mengendalikan kerutan dan bisa memaksimalkan regenerasi sel.
  • Vitamin C. Pemenuhan vitamin ini di dalam tubuh, dapat dipenuhi dari jeruk dan melon. Kedua jenis buah ini bisa dinikmati dalam bentuk jus. Vitamin C selain berfungsi sebagi antioksidan, juga penting untuk mempertahankan integritas dan kilauan kulit.
  • Asam Lemak Omega Tiga. Nutrisi ini sangat penting agar kulit bisa berkilau. Nutrisi ini bisa didapatkan dari ikan, apalagi pada ikan yang dipanggang.

2 | Memperbanyak air.

Air dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan kulit dan juga mencegah kerutan dini pada kulit. Alangkah sebaiknya mengonsumsi paling sedikit 8 gelas air setiap hari. Untuk Anda yang sulit mengonsumsi air dalam jumlah banyak, bisa menyiasatinya dengan minum teh herbal, salah satunya teh daun jinten.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada daun jiten, bisa membantu menjaga saluran napas dari serangan infeksi dan membantu mencegah serangan asma dan penyakit kulit.

Cara menggunakan teh daun jinten untuk menjaga kesegaran kulit, yaitu ambillah satu atau dua lembar daun jinten segar, kemudian cuci sampai bersih dan siram dengan air panas dalam cangkir. Minum secangkir setiap hari selagi hangat.

3 | Perawatan khusus.

Selain dua cara diatas, juga dibutuhkan perawatan dari luar, yaitu dengan menggunakan masker. Sedangkan masker yang perlu digunakan secara rutin, yaitu masker yang terbuat dari campuran susu, buah dan kuning telur.

Caranya sangat mudah, kocoklah kuning telur bersama madu, susu bubuk dan juga satu kapsul vitamin E, kemudian campur secara merata, oleskan pada kulit wajah yang sudah bersih, biarkan selama 20 menit, dan bilas dengan air hangat.

Itu dia sedikit informasi dan tips menjaga kesegaran kulit saaat puasa. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesegaran Kulit Saat Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel