Tips Menggali Ide Luar Biasa

Ide… Satu kata ini selalu menjadi sebuah awal sebelum melakukan tindakan atau usaha, entah untuk membuat sebuah konten atau dalam memulai bisnis. Ternyata ide menjadi hal yang sangat penting dalam penciptaan sebuah karya. Sayangnya untuk bisa mendapatkan ide terbaik, termasuk ide yang brilian sangat sulit didapatkan. Tentunya setiap orang ingin melakukan hal terbaik, apakah berada di sektor industri kreatif, berkecimpung dalam bisnis atau pun dalam sektor yag membutuhkan ide dalam pelaksanaannya, menjadikan proses mendapatkan ide menjadi hal utama. Hal inilah yang membuat bahasan kali ini tentang tips mengali ide luar biasa menjadi bahasan menarik.

Tips Menggali Ide Luar Biasa
Gambar ilustrasi

Sebenarnya mendapatkan sebauh ide untuk bisa menciptakan hal-hal besar memang gampang-gampang susah. Ada yang dengan sedikit aktivitas bisa mendapatkan ide luar biasa, namun ada pula yang harus mendapatkan ide dengan kerja kera. Yang pasti, untuk mendapatkan ide yang berharga dibutuhkan suatu proses. Tidak mudah, namun harus dilakukan.

Cara Mendapatkan Ide Kreatif

Berbicara tentang ide, sebenarnya semua orang bisa mendapatkan ide brilian. Namun hal ini tergantung dari orang tersebut untuk bisa menggali ide terbaik. Banyak pula yang menganggap sangat sulit untuk mendapatkan ide, seperti ide bisnis, dengan berbagai alasan, namun kalau tidak diasah, maka ide yang diinginkan tidak akan didapatkan.

Terdapat beberapa cara untuk bisa mendapatkan ide luar biasa, dengan mengutip saran dan informasi yang pernah ditulis oleh Dedy Wijaya yang pernah dimuat dalam Tabloid Intisari Edisi No. 482, sebagai berikut:

  1. Letakkan bolpoin dan kertas di samping tempat tidur.
  2. Sampaikan ide ke orang-orang sekitar.
  3. Ubahlah lingkungan sekitar Anda.
  4. Biarkanlah pikiran Anda berkelana.
  5. Lakukan olahraga secara teratur.
  6. Lupakan masalah.
  7. Percaya bahawa Anda bisa.

Baca juga: Kreatif dan Tips untuk Selalu Kreatif.

1 | Letakkan bolpoin dan kertas di samping tempat tidur.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan, biasanya solusi terbaik dan imajinatif seing muncul saat seseorang sedang tidur atau setengah tertidur, dan saat itulah alam bawah sadar masih tetap bekerja.

2 | Sampaikan ide ke orang-orang sekitar.

Membicarakan sebuah konsep yang dimiliki dengan oran lain, ternyata bisa membantu untuk melihat kelebihan dan kekurangan ide yang didapatkan. Dan satu hal penting, yaitu kritik membangun sangat tidak ternilai harganya.

3 | Ubahlah lingkungan sekitar Anda.

Perubahan suasana akan membuat Anda lebih hidup dengan lingkungan di sekitar Anda. Dalam suasana baru, otak bisa lebih tajam terhadap ide-ide baru. Hal ini bisa dilakukan dengan bepergian ke tempat yang belum pernah dikunjungi untuk mendapatkan suasana baru.

4 | Biarkanlah pikiran Anda berkelana.

Ketika pikiran kita mengembara, Anda bisa memikirkan banyak hal yang bisa terhubung satu dan lainnya.

5 | Lakukan olahraga secara teratur.

Siapa yang mengira, ternyata ide brillian bisa muncul saat bergerak aktif , seperti berolahraga, jalan sehat, berenang bahkan mendaki gunung. Mengapa bisa dikatakan berolahraga bisa memunculkan ide cemerlang? Karena saat berolahraga, otak dalam keadaan rileks, dalam keadaan seperti itu biasanya setengah otak kreatif mulai bekerja.

6 | Lupakan masalah.

Otak tidak hanya bekerja seperti jam kantor, mamun otak akan aktif setiap waktu. Terdapat teori yang mengatakan, saat kita mengesampingkan suatu masalah, maka masalah tersebut akan menetap di alam bawah sadar, dan pada suau saat nanti akan muncul sebagai ide atau solusi.

7 | Percaya bahwa Anda bisa.

Memiliki suatu ide tentang suatu masalah merupakan sebuah langkah awal. Dan langkah berikutnya adalah mempertahankan pemikiran, meskipun banyak orang lain mencelanya.

Itu dia sedikit tips menggali ide luar biasa, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang selama ini kesulitan mencari ide terbaik.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menggali Ide Luar Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel