Minuman Herbal Berkhasiat

Saat ini dengan mulai sadarnya masyarakat akan kesehatan, membuat masyarakat mulai banyak yang menggunakan produk organik dan produk herbal, yang memiliki banyak kandungan alami. Apalagi di Indonesia sudah dikenal banyak menggunakan bahan rempah sebagi bahan obat dan kesehatan sejak dahulu kala. Maka tidak salah kalau saat ini mulai banyak beredar minuman herbal berkhasiat, bahkan yang menarik produk berbahan herbal tersebut ada yang tanaman asalnya tidak tumbuh di Indonesia.

Minuman Herbal Berkhasiat
Foto: natural-health-news.

Ramuan herbal sendiri menurut Craig Hospital Organization, adalah sebuah produk kesehatan yang terbuat dari tanaman yang memiliki kandungan bermanfaat untuk tubuh. Yang menarik bahkan WHO memperkirakan 80% dari populasi dunia masih mengandalakan metode penyembuhan dengan ramuan herbal untuk pengobatan.

Minuman Herbal untuk Menurunkan Berat Badan dan Khasiat Lainnya

Sebenarnya banyak sekali referensi minuman herbal yang memikiki manfaat untuk kesehatan. Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt. dari Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga yang pernah dimuat dalam Tabloid Nyata, terdapat beberapa minuman herbal yang bisa menjadi rujukan meskipun tanaman herbal ini tidak tumbuh di Indonesia, antara lain:

  • Madu Manuka.
  • Teh Ginseng.
  • Teh Kamomail.
  • Minuman Segar.

Baca juga : Teh Herbal.

  • Madu Manuka.

Madu Manuka adalah sejenis madu yang berasal dari Selandia Baru, yang popularitasnya sudah mendunia. Madu ini berasal dari bunga utama tanaman Leptospermum scoparium yang banyak tumbuh liar di Selandia Baru. Madu ini sekarang sudah mukai banyak dibudidayakan, yang membuat Madu Manuka menjadi semakin berkualitas.

Yang menarik dari efek pembudidayaan Madu Manuka, membuat semua merk terjamin kualitasnya. Bahkan pada beberapa merk sudah ada yang mencantumkan angka kandungan zat tertentu yang menunjukkan kekuatan dan standar madu ini. Madu Manuka mengandung zat yang bisa bekerja sebagai antioksidan, yang membuat sel tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Sebagai informasi, angka UMF (Unique Manuka Factor) yang makin tinggi menunjukkan semakin kuat daya antibakterinya. Jadi, dengan mengonsumsi Madu Manuka yang dilakukan secara teratur, membuat tubuh tidak mudah terkena infeksi jamur dan bakteri, termasuk yang menyebabkan gangguan pada tenggorokan.

Terdapat beberapa cara mengonsumsi Madu Manuka, yaitu dengan mencampurnya ke dalam teh, atau bisa juga dicampurkan kedalam susu sebelum tidur malam. Yang menarik, madu bisa juga dicampurkan dengan sayuran salad. Namun, diantara cara yang paling mudah mengonsumsinya adalah dengan minum 2 kali sehari sebanyak satu sendok teh.

  • Teh Ginseng

Dalam dunia herbal, khasiat ginseng sudah tidak ada yang meragukan. Ditambah lagi ginseng sudah terbukti mampu menjaga keseimbangan imunitas atau kekebalan tubuh.

Ginseng memang sudah terkenal akan khasiatnya yang mampu mengatasi masalah kesehatan, seperti gangguan saraf otak, kanker dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, ginseng juga mampu membuat seseorang menjadi lebih energik, karena cara kerja tumbuhan ini melewati sistem imunitas tubuh.

Ginseng memiliki manfaat untuk mengobati anti radang, anti bakteri dan anti virus yang sangat ditentukan oleh kualitas akarnya. Makin tua usia ginseng, semakin baik kualitas dan harganya juga semakin mahal.

  • Teh Kamomail.

Siapa menyangka teh ini ternyata memiliki reputasi yang sudah mendunia, karena sudah dimanfatkan sejak berabad-abad lamanya. Secara tradisional, bunga kamomila sudah digunakan sebagai antiradang, antioksidan dan juga astringensia. Selain digunakan sebagai antiradang tersebut, teh amomail juga digunakan untuk pengobatan lain. seperti nyeri karena rematik, hemoroid dan berbagai gangguan lainnya.

Selain digunkan untuk pemakaian dalam, teh kamomail juga digunakan untuk pemakaian luar, yang biasa digunakan untuk mengatasi gatal dan infeksi. Dan manfaat lainnya adalah bisa mengatasi masalah pada saluran cerna, seperti mual, muntah, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Bagi Anda yang mengalami gangguan sulit tidur bisa mencoba minum teh kamomila secara teratur, hal ini disebabkan kandungan zatnya mampu menurunkan kegelisahan, insomnia dan masalah tidur lainnya.

Bunga kamomail mengandung minyak atsiri dan flavonoid yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan aroma terapi yang berkualitas.

  • Minuman Segar.

Saat ini minuman segar dari bahan herbal asli sudah sangat dikenal dan menjadi favorit masyarakat di dunia. Minuman ini mengandung aneka buah yang dicampur dengan berbagai bunga atau daun. Buah yang sering digunakan adalah apel. Rasanya yang enak, apel kaya akan serat, mineral dan vitamin.

Kombinasi apel dengan beberapa jenis bunga dan beberapa bagian buah-buahan, seperti kelopak bunga mawar, bunga kembang sepatu, daun manuka, kulit buah lemon dan buah stoberi ternyata bisa menghasilkan minuman yang menyegarkan, dengan rasa dan warna minuman yang disukai sesuai umur apalagi anak muda.

Apabila minuman tersebut berwarna kuning kemerahan, berarti kaya akan kandungan zat yang bekerja sebagai pelindung dari radikal bebas yang merusak sel, dan yang menarik minuman ini relatif aman sehingga cocok untuk diminum secara teratur.

Itu dia informasi tentang “Minuman Herbal Berkhasiat”. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin sehat dari sajian menu herbal.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Minuman Herbal Berkhasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel