Kreatif dan Tips untuk Selalu Kreatif

Di era yang semakin maju, ditambah dengan kemajuan digital dan teknologi menjadikan banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan. Hal ini mengharuskan seseorang dituntut untuk lebih kretif dan inovatif. Bahkan dengan merebaknya wabah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir satu tahun ini di Indonesia yang membuat banyak perusahaan dan bisnis terpegaruh, menjadikan banyak karyawan yang dulunya bekerja dengan nyaman harus kehilangan pekerjaan, namun tidak bagi mereka yang kreatif. Oleh karena itulah, pada kesempatan ini akan disampaikan pentingnya untuk selalu kreatif dan tips untuk selalu kreatif.

Mengambil pengertian dari studiilmu.com, kreatif merupakan kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Kreatifitas tidak hanya monopoli orang-orang jenius saja. Kreativitas bisa tercipta dari 15% ilham dan 99% kerja keras.

Dare yourself to be  a creative people

Pada dasarnya setiap orang memiliki potensi kreatif dan juga memiliki kemampuan untuk bisa menciptakan atau bahkan mencari solusi untuk memecahkan masalah dengan tepat. Kreativitas pada dasarnya bisa diasah dan bahkan secara tidak sadar, biasanya sudah melakukannya pada kehidupan sehari-hari.

Tips Menjadi Kreatif

Pada dasarnya kreatif atau kreativitas merupakan hasil dari skill kita sendiri, sehingga kalau malas untuk mikir, biasanya menjadikan kurang kreatif, begitu pula dengan orang yang malas belajar, hanya senang meniru akan menghambat proses pengembangan sikap kreatif.

Kreatif dan Tips untuk Selalu Kreatif;
Foto: istockphoto.com 

Mengambil ide dari Majalah “Kawanku”, untuk menjadi orang kreatif, kita harus memiliki hal-hal berikut ini, antara lain:

  1. Memiliki hasrat untuk bisa mengubah disekelilingnya menjadi lebih baik.
  2. Memiliki kepekaan untuk bersikap terbuka dan tanggap terhadap segala sesuatu.
  3. Memiliki minat untuk bisa menggali lebih dalam terhadap suatu persoalan.
  4. Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
  5. Berkonsentrasi untuk menekuni masalah dan berusaha memecahkannya.
  6. Selalu optimis.

Baca juga: Konsisten dan Kreatif Kunci Sukses Bisnis di Masa Pandemi.

Setelah keenam hal tersebut sudah dimiliki, terdapat beberapa cara dan tips agar bisa berpikir kreatif, antara lain:

  1. Be smart
  2. Write your ideas.
  3. Be an artist.
  4. Humour.
  5. Be a detective.
  6. Be innovative.
  7. Ideally

1. Be smart. Menjadi seorang yang kreatif dibutuhkan pengetahuan yang luas, sebagai sumber dan ide kreatif. Bisa dari membaca atau mendapatkan informasi melalui internet yang semakin berkembang.

2. Write your ideas. Banyak cara untuk selalu bisa kreatif, salah satunya dengan menuliskan ide yang sering keluar secara tiba-tiba. Untuk memupuk kreativitas tersebut, biasakanlah menulis apa saja yang dipikirkan, biasanya orang kreatif yang sukses  selalu menulis ide yang sering keluar dan yang terpendam saat itu.

3. Be an artist. Ide kreatif adalah ide yang unik, aktifitas ini sering dilampiaskan dalam menggambar, menulis atau bahkan ide-ide lainnya yang saat ini bisa dicurahkan melalui berbagai sarana, seperti menampilkannya dalam blog atau Youtube, hal ini akan melatih imajinasi untuk bisa berpikir lebih luas.

4. Humour. Siapa yang bilang orang kreatif tidak butuh humor? Humor itu ternyata sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan kreativitas. Bahkan dengan humor bisa untuk melatih berpikir secara kreatif, melatih berpikir cekatan dan melahirkan sebuah kejutan yang menarik. Dan juga dengan humor bisa berpikir lebih liar, tanpa dihalangi aturan-atruran kaku dalam berpikir.

5. Be a detective. Untuk melatih kreatifitas bisa dilakukan dengan memusatkan perhatian pada hal-hal tersembunyi dari suatu masalah. Dengan berpikir seperti seorang detective akan melatih otak berpikir kreatif dalam memecahkan masalah.

6 Be innovative. Ini yang menarik, mencoba hal baru, salah satunya dengan mengolah hal lama menjadi baru lagi.

7. Ideally. Cara ini bisa dilakukan dengan membayangkan sesuatu menjadi ideal, sehingga kalau terdapat suatu masalah, kita bisa membayangkan kondisi idealnya harus bagaimana.

Itu dia sedikit bahasan kali ini untuk bisa kreatif dan tips untuk selalu kreatif. Banyak cara untuk bisa menjadi kreatif, “think outside the box” bisa menjadi cara untuk bisa berpikir kreatif. Intinya adalah dengan melihat hal biasa dan hal sepele dari sudut pandang yang berbeda.  Dan juga berpikir kreatif juga membutuhkan latihan, bisa dengan banyak membaca, banyak browsing atau dengan berkumpul dengan orang dari latar belakang yang berbeda, yang akan menambah wawasan.  

 


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kreatif dan Tips untuk Selalu Kreatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel