Microwave dan Manfaatnya

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali peralatan rumah tangga yang sering digunakan untuk membantu memudahkan segala  aktivitas, bahkan hanya untuk memasak, saja saat ini sudah banyak peralatan yang memudahkan dalam membuat sajian makanan enak, salah satunya adalah penggunaan microwave. Microwave sebenarnya peralatan elektronik dapur yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan oven. Yang menarik adalah microwave bisa digunakan selain untuk memasak makanan. Oleh karna itu, untuk mengetahuinya, alangkah baiknya bila Anda membaca microwafe dan manfaatnya di bawah ini.

Microwave dan Manfaatnya;Microwave Fungsinya yang Tidak Hanya Untuk Memasak;
Memasak dengan microwave (Foto: whoabella)

Kebanyakan orang atau bahkan ibu-ibu masih sering menyamakan antara open dan microwave. Yang membedakannya dibanding oven adalah microwave menggunakan panas yang berasal dari gelombang elektromagnetik untuk memanaskan makanan, sehingga ruangan yang berada di dalam microwave tidak ikut dipanaskan.

Microwave Fungsinya yang Tidak Hanya Untuk Memasak

Berbicara tentang microwave, sebenarnya adalah berbicara tentang kemudahan dalam menggunakan satu alat untuk berbagai penggunaan. Begitu pula dengan microwave yang selalu diidentikkan hanya untuk menghangatkan makanan saja. Pdahal alat dapur atau alat masak ini memilik beragam manfaat dan fungsi yang jarang diketahui yang tidak hanya sekedar untuk menghangatkan makanan.

Terdapat beberapa manfaat microwave dengan mengutip informasi dari Tabloid Nyata, sebagai berikut:

  1. Untuk memanggang roti tawar.
  2. Merenyahkan crackers.
  3. Mempercepat memasak bacon dan yakiniku.
  4. Melembutkan tekstur roti
  5. Memasak beras.
  6. Membuat popcorn.
  7. Menghangatkan sirup maple dan madu.
  8. Merebus jagung utuh.
  9. Mengukus wortel.
  10. Mengukus asparagus dan kacang hijau kupas.
  11. Membuat saus apel.
  12. Membuat kentang ongklok.
  13. Memanggang salmon.

Baca juga: Aluminium Foil dan Manfaatnya.

1 | Untuk memanggang roti tawar.

Ingin menikmati roti tawar dengan cara yang lain dari biasanya, maka Anda bisa mencoba menggunakan microwave untuk membuat sajian roti tawar nikmat. Coba olesi roti tawar dengan mentega atau selai, kemudian sobek-sobek roti tersebut, masukkan dalam cangkir khusus untuk microwave. Panaskan dengan suhu tinggi selama 1 menit. Apabila ingin roti menjadi renyah, tambahkan waktu untuk memanaskan menjadi 2 menit.

2 | Merenyahkan crackers.

Ingin mendapatkan sensasi rasa yang berbeda pada cracker dan sereal, Anda bisa menikmati kedua makanan dengan renyah, setelah memanaskannya dalam microwave.

Caranya, letakkan cracker atau sereal pada mangkok khusus microwave, dan panaskan dengan suhu tinggi selama 30 detik.

3 | Mempercepat memasak bacon dan yakiniku.

Untuk mempercepat memasak bacon dan yakiniku, letakkan beberapa potongan bacon atau yakiniku dalam paper towel atau tisu khusus untuk alas memanggang. Masukkan ke dalam microwave selama 3 sampai 5 menit dengan panas tinggi. Daging bacon dan yakiniku akan lembut.

4 | Melembutkan tekstur roti.

Roti biasanya akan keras kalau dibiarkan 1 hari. Untuk mengembalikan kelembutan roti bisa dilakukan dengan cara membungkus roti dengan paper towel yang lembab, kemudian panaskan pada suhu tinggi selama 10 detik. Roti yang keras bisa kembali lembut dan siap untuk dinikmati.

5 | Memasak beras.

Siapa yang menyangka kalau microwave bisa digunakan untuk memasak beras? Caranya mudah, campur saja 200 gram beras dan 500 ml air dalam mangkuk microwave. Kemudian masak dengan suhu tinggi selama 15 sampai 18 menit sampai beras tersebut lunak, matang dan cairan tersebut habis.

6 | Membuat popcorn.

Anda ingin menikmati cemilan dengan cepat tanpa harus keluar rumah? Microwave solusinya. Letakkan saja 100 gram jagung popcorn dalam mangkuk microwave. Kemudian tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun atau bisa dengan minyak canola. Tutup mangkuk, kemudian panggang dalam microwave dengan suhu tinggi selama 3 sampai 5 menit sampai jagung popcorn meletup dan pecah.

7 | Menghangatkan sirup maple dan madu.

Seringkali saus pancake, yang terbuat dari sirup maple dan madu ini menjadi padat setelah disimpan dalam kulkas. Untuk bisa digunakan kembali, caranya sangat mudah, hangatkan sirup yang padat tersebut  ke dalam microwave bersuhu tinggi selama 15 detik. Saus tersebut akan menjadi kental kembali. Begitu juga dengan madu. Letakkan dalam mangkuk microwave, panaskan dalam microwave dengan suhu sedang selama 30 detik sampai 1 menit.

8 | Merebus jagung utuh.

Microwave bisa juga untuk merebus jagung. Caranya mudah, tempatkan jagung dalam piring microwave, panaskan microwave dengan suhu tinggi selama 6 menit. Kemudian diamkan jagung selama 5 menit dalam microwave yang masih panas. 

9 | Mengukus wortel.

Microwave untuk mengukus wortel? Bisa lho. Caranya, kupas wortel, potong serong wortel tersebut dengan tebal ½ cm, kemudian masukkan dalam mangkuk microwave. Tambahkan  1 sendok makan air, kemudian masak selama 4 sampai 6 menit dalam microwave dengan suhu tinggi sampai wortel menjadi empuk.

10 |Mengukus asparagus dan kacang hijau kupas.

Untuk mengukus asparagus dan kacang hijau kupas, bisa dilakukan dengan menggunakan microwave. Caranya, letakkan 500 gram asparagus segar yang telah dipangkas pada bagian bawahnya dan juga 500 gram kacang hijau kupas dalam piring microwave. Perciklah bahan tersebut dengan satu sendok makan air. Panaskan dalam microwave dengan suhu tinggi selama 4 menit.

11 | Membuat saus apel.

Microwave menjadi salah satu peralatan yang bisa digunakan untuk membuat saus apel. Caranya, campurlah ke dalam mangkuk microwave 500 gram potongan buah apel yang sudah dikupas dengan 65 ml air, 2 sendok teh gula, dan 1/3 sendok teh kayu manis bubuk. Kemudian tutuplah mangkuk, panaskan microwave dengan suhu tinggi selama 8 samapi 10 menit. Setelah itu, aduk secara merata menggunakan garpu.

12 | Membuat kentang ongklok.

Terdapat cara mudah membuat sajian dari kentang, yaitu kentang ongklok. Caranya, cuci dan gosok kulit kentang sampai bersih. Olesilah kentang dengan minyak zaitun, letakkan dalam piring microwave. Panggang dalam microwave dengan suhu tinggi selama 12 sampai 14 menit. Tusuklah kentang dengan menggunakan garpu untuk memastikan kentang telah matang dan lunak.

13 | Memanggang salmon.

Ingin menikmati sajian salmon yang gurih dan lezat? Microwave bisa digunakan untuk membuat sajian lezat ini. Caranya, letakkan potongan salmon fillet tanpa kulit ke dalam loyang microwave yang sudah diolesi dengan margarin. Kemudian lumurilah salmon dengan garam dan merica, siramlah dengan sedikit air dan cuka beras untuk menambah rasa. Tutup Loyang dengan aluminium foil, pangganglah dalam microwave dengan suhu tinggi selama 3 sampai 4 menit. Apabila ingin salmon setengah matang, cukup dengan memanggangnya selama 45 detik.

Itu dia sedikit informasi tentang microwafe dan manfaatnya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin mengetahui kegunaan berbagai peralatan memasak, khususnya microwave dalam kehidupan sehari-hari.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Microwave dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel