Arowana “Super Red” Pembawa Hoki yang Mengagumkan

Arowana “Super Red” Pembawa Hoki yang Mengagumkan - Saya ingat beberapa tahun lalu sekitar tahun 2003, ikan ini pernah membuat saya jatuh hati, hingga Saya pun membelinya, saat itu untuk ukuran kecil dua jari orang dewasa, harganya sudah sangat mahal untuk ukuran saya waktu itu. Penjual ikan saat itu hanya mengatakan bahwa ikan yang saya beli bukan ikan hias biasa, namun kalau dipelihara dengan benar bisa berukuran satu lengan orang dewasa. Beberapa tahun kemudian jenis ikan ini mulai booming, apalagi dengan berbgai jenisnya yang sangat indah, ikan itu adalah Aowana “Super Red”.

Arowana “Super Red” Pembawa Hoki yang Mengagumkan;Arowana Fish “Super Red” Satwa Mempesona Indonesia;
Arowana “Super Red” (Foto: steemit.com)

Arowana atau biasa disebut dengan arwana adalah sejenis ikan predator, yang dengan hanya membuka mulut lebarnya sanggup memakan utuh seekor anak katak. Arowana super red atau disebut juga dengan ikan siluk adalah ikan yang berasal dari Kalimantan Barat. Kabarnya satwa  Scleropages formosus ini adalah endemik air tawar di aliran hulu Sungai Kapuas.

Arowana Super Red, Satwa Indah Pembawa Hoki

Arowana Super Red memang terkenal sebagai ikan yang indah dan menawan, namun di balik keindahannya tersebut terdapat kisah tersendiri, khususnya bagi para pengusaha Tionghoa, ikan langka yang dilindungi organisasi konservasi dunia ini dikenal sebagai ikan pembawa hoki.

Ikan arowana ini memiliki ciri dengan tampangnya yang gagah dengan gigi bergeligi tajam dan runcing, menurut orang Tionghoa, semakin merah warna sisiknya semakin diangap hebat dan semakin besar kadar hokinya. 

Baca juga: Macan Dahan dan Habitatnya di Kalimantan.

Terdapat hubungan antara arowana dan hoki bagi masyarakat Tionghoa tersebut, yang disampaikan secara runtut oleh Rudy Badil & L.R. Supriyapto Yahya yang juga dimuat dalam Tabloid Intisari Edisi No. 535, Arowana Super Red menjadi sebuah perlambangan akan rejeki, hal ini dapat dilihat pada keyakinan dalam penggunaan warna merah yang menurut masayarat Tionghoa, warna merah dimaknai sebagai pembawa keberuntungan.

Hal ini dipertegas oleh Lillian Too dalam bukunya Lillian Too’s Feng Shui Good Fortune Symbols (1999) yang menjelaskan sebagai berikut: “Digunakannya warna merah mencerminkan praktik feng shui yang tidak terlihat, karena warna merah adalah simbolisasi dari kekuatan chi untuk mengantarkan keberuntungan ke rumah.”

Selain waran merah, Too juga menjelaskan tentang peran ikan sebagai salah satu lambang populer, kekayaan dan kesuksesan, karena karakter kanji untuk ikan adalah “yu” yang berarti kelimpahan. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mengaktifkan perlambangan keberuntungan ikan di dalam air, maka peliharalah beberapa ikan keberuntungan yang paling populer, yaitu ikan koi, ikan emas dan ikan arowana. Dan yang paling penting adalah ikan tersebut berwarna cerah atau merah karena diyakini sebagai tanda keberuntungan.

Arowana Fish “Super Red” Satwa Mempesona Indonesia

Sedemikian menariknya arowana super red, sampai ikan ini mejadi favorit masyarakat Tionghoa. Hal ini juga diperkuat dengan mitologi Cina Kuno yaitu terdapat legenda kepahlawanan ikan besar yang berusaha berenang melawan arus Sungai Kuning untuk mencapai pintu naga (Lung Men). Oleh karena itulah, ikan arowana yang berasal dari Kapuas Hulu menjadi favorit, karena dianggap lebih mirip naga karena memiliki sisik yang kemilau, dengan muka yang garang ditambah dua sungut di bawah bibirnya, serta serial gigi runcing dalam mulut lebar yang berlidah tulang keras. Selain ciri yang dimilikinya tersebut, arowana memiliki gaya berenang yang indah dengan meliukkan badannya dan berwibawa.

Terdapat kisah menarik dibalik keberadaan arowana yang merupakan ikan pembawa hoki ini. Pada tahun sekitar 1980-an siluk atau arowana super red adalah ikan yang dikonsumsi atau sebagai ikan asin dan bukan sebagai ikan haias. Baru setelah laku dijual seperti anakannya yang laku Rp 10.000 per ekor, arowana mulai banyak diselundupkan penangkar tradisional sebagi ikan hias langka.

Sejak dikenalnya arowana super red tersebut, siluk atau arowana super red dinyatakan resmi sebagai satwa persona melalui SK Presiden Nomor 4 Tahun 1993 pada tanggal 5 November 1993 oleh Presiden RI Soeharto.

Itu dia sedikit informasi tentang “Arowana Super Red, pembawa hoki yang mengagumkan”. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Arowana “Super Red” Pembawa Hoki yang Mengagumkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel