Aluminium Foil dan Manfaatnya

Aktifitas sehari-hari di rumah memang menarik dan menyenangkan, bahkan yang hobi memasak dan menyukai mencoba sajian menu baru pasti menggunakan salah satu bahan yang satu ini, yaitu aluminium foil. Bagi orang yang sudah terbiasa dan bergelut dengan masakan dan makanan pasti sangat mengenal barang tersebut. Aluminium foil dan manfaatnya menjadi salah satu ide menarik pada kesempatan ini. Selain untuk memberi informasi manfaat apa saja yang bisa diperoleh dengan aluminium foil juga bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin memanfaatkan perangkat atau barang ini dalam aktifitasnya sehari-hari.

Aluminium Foil dan Manfaatnya
Foto: mamabee.

Biasanya aluminium foil sering kita temui di supermarket atau gerai makanan yang menyediakan berbagai makanan enak, dan sebagai pembungkus makanan tersebut menggunakan aluminium foil sebagai salah satu pembungkusnya, khususnya makanan yang akan dipanggang. Tentu saja banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan selain hanya untuk membungkus makanan.

Aluminium Foil adalah Lembaran Logam Aluminium yang Memiliki Banyak Manfaat.

Sebenarnya aluminium foil tidak hanya berguna untuk membungkus makanan saja, namun masih ada manfaat lainnya yang tidak hanya untuk urusan dapur saja. Diambil dari Healthline, aluminium foil merupakan lembaran logam aluminium yang mengkilap setipis kertas, produk ini dibuat dengan menggulung lembaran aluminium besar dengan tebal kurang dari 0,2 mm.

Terdapat banyak manfaat dari aluminium foil, antara lain:

  • Mencegah makanan gosong.
  • Pengganti corong.
  • Membersihkan setrika.
  • Mengasah gunting.
  • Membersihkan karat.
  • Pemotong adonan kukis.
  • Membersihkan perhiasan.
  • Membersihkan panci.
  • Memperlambat proses pemasakan pisang.
  • Membersihkan alat pemanggan.
  • Membersihkan perak.
  • Mempercepat pakaian kering.

Baca juga: Koka Kola dan Asal-usul Coca-Cola.

  • Mencegah makanan gosong.

Saat sedang menggoreng makanan, maka Anda bisa melapisi penggorengan dengan aluminium foil. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah makanan lengket pada alat penggorengan, namun juga untuk mencegah gosong. 

  • Pengganti corong.

Ingin menuang cairan ke dalam botol, namun tidak menemukan corong. Solusinya, ambillah aluminium foil, bentuk menjadi kerucut, kemudian letakkan di mulut botol, cairan bisa dengan mudah dituang.

  • Membersihkan setrika.

Ternyata setrika yang kotor dan lengket bisa dibersihkan dengan aluminium foil. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menyalakan setrika, biarkan setrika tersebut panas, kemudian gunakan untuk menyetrika sepotong aluminium foil. Setelah bersih, Anda bisa menggunakannya untuk menyetrika pakaian.

  • Mengasah gunting.

Gunting yang akan digunakan karatan dan tumpul? Tenang, untuk menajamkan kembali, maka asah gunting menggunakan aluminium foil. Caranya, gunting aluminium tersebut 7 sampai 10 kali, maka gunting akan menjadi lebih tajam, dan karat akan hilang.

  • Membersihkan karat.

Logam memang mudah berkarat, hal ini membuat barang yang terbuat dari logam tampak seperti sudah usang. Maka untuk menghilangkan karat tersebut, bisa digunakan aluminium foil. Ambillah aluminium foil secukupnya dan celupkan dalam air. Gunakan pada bagian yang berkarat.

  • Pemotong adonan kukis.

Meskipun tidak punya cetakan kukis, Anda masih bisa lho mencetak sesuai dengan keinganan Anda, caranya, gunakan saja aluminium foil. Lipatlah aluminium foil sampai beberapa kali hingga lebih kuat, kemudian bentuk seperti yang Anda inginkan.

  • Membersihkan perhiasan.

Perhiasan yang kotor dan tampak kusam ternyata bisa dibersihkan dengan alumium foil. Caranya, siapkan mangkok kecil, dan letakkan sepotong aluminium foil didalamnya, isi dengan air panas, dan tambahkan satu sendok makan deterjen bubuk bebas pemutih. Masukkan perhiasan ke dalam cairan tersebut. Biarkanlah selama satu menit. Bilas dengan air bersih, kemudian keringkan dengan tisu atau bisa dengan kain katun yang lembut.

  • Membersihkan panci.

Ingin membersihkan panci yang sudah tampak kotor namun tidak punya kawat khusus, Anda bisa memanfaatkan alumium foil. Bentuklah aluminium foil menjadi bola-bola, kemudian gunakan untuk menggosok permukaan panci atau peralatan masak lainnya.

  • Memperlambat proses pemasakan pisang.

Agar pisang yang dibeli tidak cepat busuk, terdapat cara praktis yang bisa dilakukan, yaitu membungkus pangkal pisang dengan aluminium foil, cara ini akan menghambat proses pemasakan pisang sehingga pisang tidak menjadi cepat bususk.

  • Membersihkan alat pemanggang.

Setelah menikmati masakan yang dipanggang, ada satu tugas lagi yang harus dilakukan, yaitu membersihkan alat pemanggang. Jangan khawatir, mudah kok, gunakan saja aluminium foil, bentuk menjadi bola-bola aluminium foil, jepitlah dengan alat penjepit, kemudian gunakan untuk membersihkan karat yang menempel pada alat pemanggang.

  • Membersihkan perak.

Peralatan makan yang sering digunakan apalagi dari perak pasti menjadi mudah kusam. Agar tampak mengkilat lagi, maka Anda bisa menggunakan aluminium foil.

Caranya, ambillah wadah dengan ukuran agak lebar, kemudian alasi dengan aluminium foil. Isi dengan air matang, tambah dengan dua sendok makan baking soda dan garam. Kemudian letakkan peralatan dari perak tersebut. Biarkan selama lima menit. Kemudian angkat bilas dengan air bersih dan keringkan.

  • Mempercepat pakaian kering.

Mengeringkan pakaian dengan mesin pengering pada mesin cuci akan membuat pakaian tersebut saling melekat satu dengan lainnya, karena adanya tarik menarik antara elektron positif dan negatif. Agar tidak terjadi, masukkan bola-bola kertas aluminium foil, dengan cara ini maka proses pengeringan pakaian bisa menjadi lebih cepat.

Menarik bukan? Ternyata aluminium foil tidak hanya digunakan untuk memasak saja, namun masih banyak kegunaan lainnya. Semoga informasi tentang aluminium foil dan manfaatnya ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Aluminium Foil dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel