Perangkap Nyamuk dan Cara Membuatnya

Perangkap Nyamuk dan Cara Membuatnya - Musim kemarau sepertinya akan segera berakhir, hal ini bisa terlihat di beberapa daerah yang sudah mulai turun hujan, bahkan di beberapa berita di media online dan elektronik sudah terjadi banjir di beberapa daerah. Melihat perubahan cuaca tersebut, tentunya tidak salah kalau kita melakukan langkah pencegahan, salah satunya adalah mencegah tumbuh dan berkembangnya nyamuk, yang biasanya mengikuti musim penghujan tersebut. Mungkin saat ini belum terjadi hujan, namun di beberapa media sudah banyak informasi terutama dalam rangka pencegahan lebih dini dalam menghadapi musim penghujan.

Perangkap Nyamuk dan Cara Membuatnya
Foto: snapmytales.

Memang banyak cara untuk menghalau serangan nyamuk apalagi saat musim penghujan, mulai dari memasang obat anti nyamuk, membuat perangkap, membersihkan rumah dari berbagai barang yang disinyalir menjadi sarang nyamuk. Namun, terdapat cara sederhana untuk menangkap nyamuk dengan menggunakan barang bekas, yang semula barang tidak terpakai, kini menjadi barang bermanfaat.

Perangkap Nyamuk Terbaik dan Sederhana dari Botol Plastik

“Sedia payung sebelum hujan”, sepertinya semboyan ini pas dan cocok untuk dipakai kali ini. Berjaga-jaga sebelum terjadi sesutau menjadi hal yang sangat penting. Entah dipakai atau tidak, namun berjaga-jaga sebelum terjadi sesuatu, seharusnya memang dilakukan.

Mengambil informasi yang disampaikan Bimo dalam Intisari Edisi No. 535, terdapat beberapa cara mudah untuk membuat perangkap nyamuk.

Baca juga: Tips Menyetrika Pakaian dengan Benar.

Bahan dan alat yang digunakan, antara lain:

  • Botol plastik minuman ringan ukuran 1 ½ liter.
  • Gula pasir sebayak 50 gram.
  • Ragi 1 gram.
  • Termometer.
  • Gelas ukur.
  • Pemotong.
  • Kertas hitam.
  • Selotip.
  • Air panas sebanyak 200 mililiter.

Langkah membuat perangkap nyamuk sederhana, antara lain:

  1. Potonglah botol plastik minuman ringan tersebut menjadi 2 bagian. Saat memotong botol tersebut, usahakan potongan dasar botol lebih tinggi dari pada potongan kepala botol.
  2. Siapkan 200 mililiter air panas dan juga masukkan 50 gram gula pasir. Aduk sampai merata, dan diamkan sampai suhunya mencapai 40 derajat celsius.
  3. Masukkan air gula yang sudah disiapkan tadi ke dalam botol dan tambahkan 1 gram ragi. Tanpa perlu diaduk lagi. Saat ragi berfermentasi akan menghasilkan CO2 yang menjadi daya tarik nyamuk.
  4. Masukkanlah kepala botol ke dalam botol berisi air gula dan ragi dengan posisi mulut botol di bawah, dan sisinya direkatkan dengan selotip.
  5. Kemudian bungkus badan botol dengn kertas hitam yang sudah disiapkan, karena nyamuk menyukai warna gelap.
  6. Letakkan perangkap nyamuk ini di sudut ruangan yang gelap dan lembab, yang merupakan tempat yang disukai nyamuk, dan biarkan selama 2 minggu.
  7. Setelah 2 minggu lihatlah hasilnya. Dan selanjutnya ganti cairan gula ragi setiap 2 minggu.

Itu dia sedikit informasi dan tips tentang “Perangkap Nyamuk dan Cara Membuatnya”. Semoga informasi singkat tersebut bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Perangkap Nyamuk dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel