Menghilangkan Dahaga dengan Cara Alami

Cuaca yang panas memang membuat gerah, selain itu membuat kita selalu merasa haus. Kebanyakan diantara kita berusaha menghilangkan rasa dahaga tersebut dengan mengonsumsi minuman dingin. Namun, menghilangkan dahaga atau rasa haus tersebut langsung dengan minuman dingin, ternyata bisa menimbulkan masalah baru. Minuman dingin apalagi dengan rasa yang manis di saat udara panas, malah bisa membuat tenggorokan menjadi serak, bahkan bisa menurunkan daya tahan tubuh. Untuk itu, alangkah sebaiknya bila Anda menghilangkan dahaga dengan cara alami yang cenderung aman bagi kesehatan tubuh.

Menghilangkan Dahaga dengan Cara Alami
Air mentimun (Foto: lifehack.)

Patut diakui kondisi panas memang sering membuat lupa kita semua untuk tidak mengonsumsi minuman dingin apalagi dengan minuman bersoda, rasanya memang enak, apalagi ditambah rasa yang manis. Rasa haus memang hilang namun hanya sementara. Oleh karena itu, alangkah sebaiknya bila Anda sedikit bersabar dengan mengganti minuman tersebut dengan minuman yang tidak menghilangkan dahaga saja.

Cara Alami Menghilangkan Dahaga

Banyak cara untuk bisa menghilangkan dahaga atau rasa haus yang mendera, sebenarnya Anda bisa datang ke gerai jus atau gerai minuman sehat yang saat ini sudah banyak tersebar di berbagai tempat. Apalagi dengan rasa yang enak dan menyehatkan.

Namun, apabila Anda memiliki waktu luang yang banyak, Anda bisa membuat sendiri minuman sehat dan menyegarkan tersebut. Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt, dari Fakultas Farmasi, Universitas Airlngga, terdapat beberapa minuman yang bisa Anda buat sendiri dengan cara mudah (Tabloid Nyata), antara lain:

  1. Air buah.
  2. Air mentimun.
  3. Cincau.
  4. Lemon dan kemangi.

Baca juga: Minuman Sehat Saat Musim Hujan.

1 | Air buah.

Merendam buah dalam air menjadi salah satu cara untuk membuat minuman segar dan menyehatkan. Buah yang direndam tersebut bisa dipilh sesuai selera. Tentu saja pilihlah buah segar dengan mutu yang baik, terutama buah dengan warna merah, oranye dan kuning, yang merupakan buah kaya akan kandungan vitamin.

Cara membuatnya sangat mudah, siapkan saja 400 gram dari satu jenis buah yang Anda inginkan, kemudian ambillah 1 ½ liter air dingin. Baru kemudian, haluskan dengan blender, kemudian saring hasilnya ke dalam wadah dan buang ampasnya. Jangan lupa menambahkan air saringan tersebut dengan 2 sendok teh air jeruk nipis dan gula secukupnya. Air buah siap diminum.

2 | Air mentimun.

Minuman segar air mentimun tentunya sangat menyegarkan, bahan utama yang dibutuhkan adalah mentimun. Mentimun memang sudah dipercaya kaya kandungan air yang bersifat mendinginkan, selain itu juga mengandung vitamin A dan C dengan kadar yang cukup tinggi yang diperlukan untuk daya tahan tubuh. Mentimun juga mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang bermanfaat untuk pembentukan sel sehat, termasuk sel darah merah.

Cara membuat air mentimun in sangat mudah, ambillah satu buah mentimun dengan ukuran sedang, bersihkan, kemudian potong-potong, dan rendam irisan mentimun ke dalam satu liter air murni selama 1 sampai 2 jam. Hidangkan dalam keadaan dingin, dan disarankan tidak menambahkan gula atau madu, agar bisa dinikmati kesegaran mentimunnya.

3 | Cincau.

Minuman ini sangat pas dinikmati saat musim pnas, karena memiliki efek yang bersifat mendinginkan. Agar terjamin kesegarannya, alangkah lebih baik cincau tersebut dibuat sendiri.

Caranya, ambillah daun cincau segar secukupnya, cuci dengan air sampai bersih, kemudian iris dan remas daun dengan menambahkan air sedikit demi sedikit sampai mendapatkan hasil perasan yang kental. Kemudian, biarkan dalam wadah sampai mengental, baru kemudian masukkan ke lemari es. Cincau siap dihidangkan.

Cara menghidangkan cincau segar, siapkan santan kelapa dan gula jawa. Rebuslah santan sampai mendidih, tambah dengan larutan gula, aduk sampai matang. Siapkan irisan cincau dalam mangkok, tuang air santan kelapa dan cincau siap dinikmati.

4 | Lemon dan kemangi.

Jenis minuman segar ini belum populer di Indonesia, namun minuman dari bahan lemon dan kemangi ini kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Lemon kaya akan vitamin C, dan kemangi merupakan sumber mineral mangan, vitamin A, vitamin C, vitamin K dan juga sumber tembaga, kalsium, zat besi, asam folat, magnesium dan juga asam lemak omega 3.

Cara membuat minuman segar ini sangat mudah. Siapkan 250 milliter jus lemon segar, 120 gram daun kemangi segar, 1 liter air dan gula secukupnya. Cuci sampai bersih daun kemangi, kemudian potong-potong, baru masukkan ke dalam wadah. Tuang jus lemon dan air didalamnya, tambah dengan gula, dan diamkan selama 30 menit. Minuman siap dihidangkan.

Itu dia sedikit informasi, cara dan tips menghilangkan dahaga dengan cara alami. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Menghilangkan Dahaga dengan Cara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel