Temulawak, Cara Alami Menjaga Kesehatan Hati

Lebih baik mencegah daripada mengobati, sepertinya nasehat sederhana ini sangat pas untuk dilakukan di masa seperti ini. Bisa dikatakan, mencegah dengan menggunakan bahan herbal dari bahan alam cenderung merepotkan, apalagi bagi anak muda kekinian yang inginnya semua bisa dilakukan dengan cepat dan instan. Namun, semua hal yang berhubungan dengan kesehatan, baru bisa dirasakan kalau organ tubuh, misalnya hati menjadi sakit. Saat hati atau liver sakit, akhirnya yang dirasakan adalah timbul rasa penyesalan, mengapa dari dulu tidak mengonsumsi bahan herbal tersebut. Untuk itulah, pada kesempatan ini disampaikan sedikit tulisan tentang temulawak, cara alami menjaga kesehatan hati.

Temulawak, Cara Alami Menjaga Kesehatan Hati; Temulawak Manfaat dan Kandungannya;
Temulawak (Foto: suplementosalimenticios.)

Hati atau liver adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan sangat penting dalam pencernaan. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk menjaga kondisi organ hati tersebut selalu dalam keadaan sehat. Kesibukan dan pekerjaan yang menumpuk, ditambah dengan rutinitas yang harus dilakukan setiap hari, seringkali melupakan apa yang dinamakan kesehatan. Di balik kesibukan tersebut, seharusnya kita tetap memprioritaskan kesehatan, karena tanpa disadari hati atau liver bekerja dengan keras setiap harinya.

Temulawak Manfaat dan Kandungannya

Menjaga  hati atau liver tetap sehat menjadi sebuah keharusan bagi Anda dan kita semua. Hal ini disebabkan liver merupakan organ penting yang akan membantu dalam proses detoksifikasi, mengatur metabolisme tubuh dan juga membentuk antibodi untuk membangun sistem pertahanan tubuh.

Karena pentingnya fungsi hati tersebut, terdapat cara mudah dan juga cara alami untuk menjaganya, yaitu dengan mengonsumsi temulawak. Temulawak adalah bahan rempah yang sangat mudah ditemukan dan juga sangat familier dalam kehidupan masyarakat Indonesia, apalagi bagi Anda yang merupakan penggemar minuman jamu tradisional.

Baca juga: Ramuan Herbal Untuk Anak.

Temulawak yang memiliki nama lain ‘Curcuma Xanthorrhiza’ ini adalah tanaman yang merupakan bahan dasar obat tradisional khas Indonesia. Sebagai tanaman herbal, temulawak memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, sebagai berikut:

1| Membantu Mengeluarkan Toksin Dalam Tubuh.

Manfaat tersebut disebabkan adanya kandungan Phelandren dalam tanaman temulawak tersebut.

2| Membantu Memulihkan Kesehatan Tubuh.

Anda yang sedang dalam proses penyembuhan, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak. Kandungan borneol didalamnya mampu membantu proses penyembuhan terhadap penyakit atau luka di dalam tubuh.

3| Membantu Proses Metabolisme Tubuh.

Temulawak ternyata mampu melancarkan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan pati dan turmerol, sehingga temulawak sangat baik untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

4| Sebagai Antioksidan.

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam temulawak mampu menghambat proses oksidasi terhadap molekul lainnya. Antioksidan ini memiliki fungsi untuk mencegah tumbuhnya kanker payudara pada wanita, mencegah kepikunan atau alzheimer, dan juga mencegah penyakit lainnya.

5| Sangat Baik Untuk Kesehatan Hati.

Bahan aktif (antioksidan dan juga anti-edemic) dari kurkuminoid (kurkumin, dicinnmoyl-metana, bisdemethoxy-kurkumin, demethoxy curucumin) mendorong empedu dan mencegah pembentukan batu empedu. Selain itu, temulawak juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk penyembuhan hepatitis atau radang hati.

Menjaga Kesehatan Hati dengan Temulawak

Siapa yang menyangka, hanya dengan satu bahan rempah yaitu temulawak, ternyata bisa mencegah rusaknya organ tubuh. Temulawak memang sudah dikonsumsi sejak jaman dahulu, hal ini dibuktikan dengan adanya resep tradisonal yang sudah diyakini manfaatnya sejak jaman dahulu.

Bahkan kandungan Curcumin yang ada pada temulawak ternyata terbukti bisa membersihkan hati. Senyawa ini bisa menstimuli dan mengaktifkan glutathione-S-transferase yang memiliki peranan penting dalm proses detoksifikasi. Selain itu, Curcumin juga mampu melunakkan feses yang keras, meregenerasi sel yang rusak dalam hati, sampai bisa menjadi antioksidan dan juga antihepatotoksik.

Selain manfaat di atas, temulawak juga memiliki manfaat lainnya, yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah hepatitis, gangguan ginjal sampai dengan memperbaiki nafsu makan.

Itu dia sedikit informasi tentang “temulawak, cara alami menjaga kesehatan hati”. Semoga bermanfaat. Salam Sehat!!!

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Temulawak, Cara Alami Menjaga Kesehatan Hati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel