Resensi “Nulis Teenlit? Gak Sulit!”

Dunia tulis menulis masih menjadi hobi yang menyenangkan. Bahkan hanya berawal dari hobi membaca, kemudian menulis beberapa kata, yang ditekuni bisa membawa hobi tersebut menjadi kebiasaan positif, selain bisa meningkatkan kemampuan dalam menulis, tenyata hobi yang ditekuni tersebut malah bisa menjadi hobi yang menghasilkan. Pernah mendengar dengan ‘teenlit’? Kalau pernah berarti Anda pernah membaca buku-buku cerita ringan, namun menyenangkan, itulah teenlit. Bagi Anda yang ingin belajar menulis, tidak ada salahnya membaca sedikit resensi “nulis teenlit? Gak sulit!”. Tentunya dengan membaca dan mulai menulis akan membuat Anda penasaran sehingga bisa menghasilkan tulisan menarik.

Teenlit merupakan singkatan dari teen literature, yaitu sastra remaja atau lebih tepatnya disebut dengan novel populer remaja. Karya teenlit yang kebanyakan beredar selama ini kebanyakan menceritakan kisah kehidupan anak remaja SMP dan SMA, yang dituangkan dalam bentuk buku harian.

Bahasa yang digunakan dalam teenlit adalah bahasa sehari-hari yang biasa dan sering digunakan oleh para anak remaja. Bisa dikatakan sebagai bahasa gaul yang terkadang sering bercampur dengan bahasa Inggris. Bahasa yang tampail apa adanya ini yang menjadi ciri khas teenlit.

Identitas Buku:

Resensi “Nulis Teenlit? Gak Sulit!”

Judul: Nulis Teenlit? Gak Sulit!.
Penulis: Canty.
Penerbit: KATTA, sOLO.
Tahun terbit : Cetakan pertama, November 2006.
Tebal buku: 60 halaman.
ISBN: 979-1032-05-X.

Resensi Buku “Nulis Teenlit? Gak Sulit!”

Mulai tertarik dengan dunia menulis? Kalau didalam hati Anda menjawab ya, berarti Anda sudah tepat memilih membaca resensi buku ini, yang kemudian mulai mencari cara menulis teenlit karya Candy ini. Buku membahas motivasi dan cara menulis tentang teenlit secara sederhana yang dilengkapi dengan dorongan untuk selalu menulis dan juga beberapa pengalaman jatuh bangunnya penulis teenlit, termasuk juga para penerbit yang siap menerima tulisan teenlit Anda.

Baca juga: Resensi “Meningkatkan Kemampuan Menulis”.

Berbicara tentang motivasi, mengapa harus menulis? Di dalam buku ini juga diampaikan bahwa menulis juga bisa menjadi terapi untuk mengobati stress, dalam bahasa ilmiah terapi ini disebut dengan poison pen therapy. Bentuk tulisannya pun tidak terbatas, kebanyakan berisi tentang kekesalan hati. Dengan menumpahkan segala isi hati dalam bentuk tulisan  dan bisa dipublikasikan dan bisa dibaca banyak orang, akan memberikan rasa percaya diri pada orang yang bisa dikatakan stress sehingga merasa dihargai. 

Sebagai buku kecil, namun padat berisi, sungguh tepat bila memilih buku ini sebagai pedoman menulis sastra remaja kekinian, buku ini membahas, bagaimana mencari ide teenlit, bagaimana memulai menulis, sampai dengan cara cepat dan tepat dalam membuat tulisan. Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan cara apabila Anda sampai mengalami kebuntuan dalam menulis, yang tentunya menarik untuk dipelajari, khususnya bagi penulis pemula.

Kelebihan Buku “Nulis Teenlit? Gak Sulit!”

Tidak ada kata yang mudah dan tidak ada kata yang ulit, selama kita mau memulai. Dengan membaca resensi buku Nulis Teenlit? Gak Sulit! Ini, Anda sudah mendapatkan nilai positif dengan mencari informasi dan memiliki semangat untuk belajar. Lebih bagus lagi, kalau Anda mulai action dengan mencari ide dan langsung menulis dari ide teenlit yang Anda dapatkan.

Meskipun buku ini kecil bahkan bisa dikatakan tipis, namun sedikit banyak sudah memberikan motivasi luar biasa bagi Anda yang ingin mengembangkan hobi tidak sekedar membaca karya orang lain, namun juga mulai membuat kreasi dalam bentuk tulisan. 

Kekurangan Buku “Meningkatkan Kemampuan Menulis”

Dibalik kelebihan dan memberikan informasi bagaimana menulis teenlit yang benar, terdapat beberapa kelemahan, yang akan membuat para pemula yang ingin belajar menjadi cepat bosan, karena kurangnya contoh. Namun sebagai buku ringkas kekurangan ini masih bisa dimaklumi

Itu dia, sebagai buku yang membutuhkan praktek, semoga sedikit informasi dan resensi “Nulis Teenlit? Gak Sulit!” ini, bisa bermanfaat, menambah pengetahuan, bisa meningkatkan pemahaman dan aplikasi terhadap kebiasaan menulis, termasuk menginspirasi kita semua sehingga mau belajar dan tetap selalu praktek dalam kehidupan sehari-hari.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi “Nulis Teenlit? Gak Sulit!”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel