Tips Memilih Smartphone untuk Anak

Zaman sudah berbeda, kalau dahulu, handphone dibutuhkan dan hanya dipegang oleh orang-orang yang berkepentingan, dalam arti digunakan oleh mereka yang sudah bekerja dan para profesional, namun kini handphone sudah menjadi kebutuhan. Apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 membuat semuanya harus dilakukan di rumah, mulai dari belajar bagi anak-anak sekolah, mereka yang bekerja di kantor, bahkan para profesional harus melakukannya di rumah. Karena menjadi kebutuhan, khususnya dalam proses belajar, handphone menjadi sangat dibutuhkan. Untuk itu, di bawah ini akan disampaikan tips memilih smartphone untuk anak, agar smartphone tersebut bisa digunakan sebagaimana mestinya dan sesuai fungsinya.

Tips Memilih Smartphone untuk Anak
Foto: techsmashers.

Berbicara tentang penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari, kalau dahulu menghabiskan waktu di rumah bersama anak menjadi hal yang tidak terlalu rumit, namun sekarang menjadi hal yang berbeda, selain karena pandemi, juga sebagian orang tua masih bekerja di luar rumah, dan sebagian bekerja di tempat yang jauh dari rumah, yang membuat waktu bersama anak menjadi semakin sedikit.

Memilih Smartphone yang Tepat untuk Anak

Dengan adanya kebutuhan akan komunikasi dan kebutuhan akan sekolah daring, salah satu cara untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan menggunakan smartphone. Cara ini dinilai banyak orang sebagai cara yang efektif untuk memantau setiap kegiatan dan keberadaan anak. Bahkan kalau anak masih melakukan aktivitas di luar pun Anda juga tidak perlu merasa khawatir.

Dengan kondisi dimana smartphone selalu mengalami perkembangan, wajar bila harga smartphone semakin turun, bahkan saat ini dengan mudah bisa ditemui anak-anak yang membawa smartphone ke mana saja ia pergi.

Baca juga: Tips Memilih Internet Service Provider.

Terdapat beberapa tips untuk memilihkan smartphone bagi anak, antara lain:

  • Pastikan bahwa anak sudah benar-benar cukup umur dan juga memiliki rasa tanggung jawab untuk mulai menggunakan smartpohone.
  • Berikan pengertian pada anak, bahwa smartphone merupakan barang berharga yang harus dijaga dan jangan digunakan di sembarang tempat, yang berbeda dengan mainan.
  • Jangan lupa untuk memberikan pengertian agar tidak memencet nomor secara sembarangan, khususnya nomor-nomor darurat.
  • Yang perlu diingat adalah memberikan pemahaman fitur-fitur yang ada pada smartphone tersebut.
  • Selain itu, hal utama saat Anda akan memberikan smartphone pada anak adalah memberitahu etiket saat menggunakan smartphone yang tidak boleh dilupakan anak, seperti tidak menghidupkannya saat berada dalam acara keagamaan, di ruang kelas, dan juga mengatur volume dan suara saat melakukan percakapan, karena bila terlalu keras bisa mengganggu orang-orag yang ada disekitarnya.

Dengan memberikan beberapa pengertian dan pemahaman tersebut, maka Anda akan merasa nyaman karena bisa menghubungi anak kapan saja dan juga memberikan latihan tanggung jawab pada anak.

Semoga sedikit informasi dan “tips memilih smartphone untuk anak” yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Smartphone untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel