Berbagi, Sebuah Investasi Diri Sepanjang Hidup

Jaman semakin berubah, banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa mengubah sikap watak hidup manusia, salah satunya dengan berbagi. Begitu banyak orang, motivator bahkan agama yang dipeluk seseorang memberikan perintah dan contoh nyata untuk berbagi. Bahkan ada yang mengatakan, berbagi, sebuah investasi diri sepanjang hidup. Kalau dipikir benar juga, karena pada dasarnya apapun yang dilakukan akan kembali pada siapa pun yang melakukan, baik itu hal positif maupun negatif, begitu pula dengan berbagi.

The Power of Giving;Berbagi, Sebuah Investasi Diri Sepanjang Hidup;
Foto: nst.

Berbagi atau memberi merupakan suatu hal yang bisa menciptakan hubungan simbiosis mutualisma, yang bisa memberikan manfaat pada dua belah pihak. Dan dua-duanya, sang penerima dan pemberi akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Itulah sebenarnya ‘the power of giving’.

The Power of Giving Artinya Membentuk Kebahagiaan Melalui Keikhlasan Diri

Ada hal luar biasa yang ada di balik kata dan tindakan ‘berbagi’ ini, yaitu keikhlasan. Pada awalnya akan sangat sulit untuk memulai tindakan berbagi ini. Belajar dari hal kecil dari jumlah yang kecil menjadi cara mudah agar bisa memulai berbagi menjadi salah satu cara untuk bisa berbagi.

The More You Give, The More You Get”

Artinya semakin Anda banyak memberi, Anda akan semakin banyak menerima. Bisa dikatakan, bila Anda bisa memberikan apa yang dibutuhkan orang lain, yakin saja Anda akan mendapatkan balasan yang baik pula. Namun, yang menjadi catatan dalam hal ini adalah saat berniat memberikan sesuatu, berikanlah dengan setulus hati, tanpa mengharapkan imbalan.

Baca juga: Bekerjalah Asal Jangan Lupa Bahagia.

Stuart Cloete pernah mengatakan, “Kebahagiaan bisa diraih dengan membuat orang lain bahagia.” Hal ini benar sekali, banyak cara untuk membuat orang lain bahagia, dan diantaranya tidak harus melulu dengan uang. Bahkan hanya dengan memberikan senyuman yang tulus saja sudah menjadi berkah dan kebahagiaan bagi orang lain. 

Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk selalu berbagi, bahkan tidak hanya sekedar materi, bisa dengan memberikan semangat, motivasi, bahkan perhatian. Donald Walters pernah mengatakan, ”Rahasia kemakmuran adalah kedermawanan, karena dengan berbagi pada orang lain, maka hal-hal baik akan diberikan dalam kehidupan kita, bahkan dengan berkelimpahan”.

Itu dia sedikit motivasi dan tips tentang “berbagi, sebuah investasi diri sepanjang hidup”, karena memberi akan membuat hidup menjadi lebih hidup.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Berbagi, Sebuah Investasi Diri Sepanjang Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel