Resensi “Meningkatkan Kemampuan Menulis”

Dunia semakin berubah, begitu pula dengan teknologi yang mengiringi perubahan dunia tersebut. Banyak hal yang terjadi yang membuat teknologi semakin mendukung perubahan budaya dan pola pikir manusia yang berada didalamnya, namun tidak dengan menulis, meskipun teknologi mengalami perubahan dengan cepat, esensi menulis selalu dibutuhkan, karena setiap program dan ilmu membutuhkan isi dari tulisan. Untuk itulah, menulis tetap menjadi sesuatu yang penting di zaman sekarang. Melihat pentingnya menulis tersebut, maka tidak salah kalau resensi “meningkatkan kemampuan menulis” ini disampaikan pada tema kali ini, untuk memberikan informasi betapa menulis masih menjadi hal utama dalam proses peningkatan kemajuan pendidikan dan informasi.

Resensi “Meningkatkan Kemampuan Menulis”
Buku “Meningkatkan Kemampuan Menulis”

Bahkan tidak hanya saat ini, sejak jaman dahulu, seorang filosof Jerman pada abad ke-19, yaitu Nietzshe, mengatakan, bahwa setiap penyair (penulis) tidak pernah merasa puas  dengan realitas. Dan karena tidak puas dengan realitas, ia berusaha mengubah realitas, menjadikannya lebih tertahankan, lebih bisa diterima, dan lebih bisa memuaskan baginya - dan mungkin bagi setiap orang lain.

Identitas Buku:

  • Judul: Meningkatkan Kemampuan Menulis.
  • Penulis: Kaswan Darmadi.
  • Penerbit: ANDI, Yogyakarta.
  • Tahun terbit : Cetakan pertama 1996.
  • Tebal buku: x + 106 halaman.
  • ISBN: 979-533-349-6.

Resensi Buku “Meningkatkan Kemampuan Menulis”

Berbicara tentang bagaimana meningkatkan kemampuan menulis, maka buku dengan judul lengkap “Meningkatkan Kemampuan Menulis (Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa)” ini merupakan buku yang sangat bagus, karena buku ini memberikan informasi dan petunjuk tentang cara-cara mengatasi masalah menulis dan mengkoordinasikan materi tulisan, serta membentuk kalimat dan paragraf dengan logika yang benar. Tidak hanya itu, buku ini juga mengajak kita untuk mengembangkan kemampuan menulis dengan keketatan berpikir yang lebih baik, sehingga tidak salah bila buku ini sangat cocok bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan menulis, tidak hanya bagi para mahasiswa dan calon mahasiswa.

Baca juga: Resensi “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”.

Dengan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi para pembaca buku ini, maka buku “Meningkatkan Kemampuan Menulis” ini disusun atas 8 bab, antara lain gambaran tentang menulis, beberapa problema dalam menulis, strategi permulaan belajar, menulis, persiapan, fungsi dan kerangka pengorganisasian, pembentukan kalimat dan logika yang menyertainya, dan penyuntingan.

Kelebihan Buku “Meningkatkan Kemampuan Menulis”

Dengan adanya buku ini, para mahasiswa dan calon mahasiswa bisa berlatih secara terus menerus, yang nantinya bisa menulis dengan lancar. Apalagi seiring dengan bertambahnya tingkat kelancaran dalam menulis akan bertambah pula tingkat kepercayaan diri.

Selain itu, dengan berpedomaan pada buku ini, ditambah tetap serius dalam berlatih menulis secara terus menerus akan menjadikan seorang pemula bisa menjadi lancar dalam menulis, meskipun diperlukan belajar dalam membiasakan menulis, diharapkan akan terbentuk rasa cinta yang dalam terhadap aktivitas menulis ini. 

Kekurangan Buku “Meningkatkan Kemampuan Menulis”

Dibalik kelebihan dan memberikan informasi bagaimana menulis yang benar itu, kelemahan buku ini hanya terletak pada beberapa petunjuk yang ada dalam buku ini terlihat terlalu teoritis, dan sedikit menunjukkan contoh, yang dikhawatirkan para pembaca akan menjadi cepat bosan, padahal seorang pemula perlu mendapatkan banyak contoh agar dirinya tertarik untuk menulis.

Itu dia, sebagai buku yang membutuhkan praktek, semoga sedikit informasi dan resensi “Meningkatkan Kemampuan Menulis” ini, bisa bermanfaat, menambah pengetahuan, bisa meningkatkan pemahaman dan aplikasi terhadap kebiasaan menulis, termasuk menginspirasi kita semua sehingga mau belajar dan tetap selalu praktek dalam kehidupan sehari-hari.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi “Meningkatkan Kemampuan Menulis”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel