Tips Mempercepat Akses Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan di zaman ini, apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19, dimana setiap aktivitas harus dilakukan di rmah, mulai dari belajar dari rumah sampai dengan bekerja harus dilakukan dari rumah, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa terhindar dari penyebaran virus yang belum ada obatnya ini. Karena sudah menjadi kebutuhan, maka hal utama yang harus dilakukan saat melakukan surfing di internet adalah kecepatan aksesnya. Namun tidak selamanya internet tersebut selalu cepat, terkadang akses internet menjadi sangat lambat. Untuk itu dalam kesempatan ini akan disampaikan tips mempercepat akses internet.

Tips Mempercepat Akses Internet
Foto: setapp.

Koneksi internet yang lancar menjadi hal yang wajib, namun dengan berbagi faktor, terkadang ada saja yang membuat akses internet menjadi sangat lambat, hal ini pasti menggangu aktivitas, apalagi pekerjaan tersebut sangat membutuhkan akses internet.

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC

Banyak cara yang bisa dilakukan agar akses internet bisa lancar tanpa terkendala adanya jaringan atau akses yang lemot. 

Baca jga: Tips Memilih Internet Service Provider.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan agar koneksi internet bisa cepat, antara lain:

  • Bersihkanlah sistem komputer dari segala virus yang melemahkan sistem komputer. Termasuk dalam hal ini worm yang merupakan program jahat atau malware yang bisa menyebarkan diri sendiri melalui kelemahan sistem komputer. Seperti virus, maka worm bisa menggandakan dirinya, termasuk diantaranya adalah trojan yang merupakan program perusak yang menyamar sebagai aplikasi yang tidak berbahaya. Untuk itu pasanglah antivirus yang bisa mencegah  perusak sistem komputer.
  • Optimalkan kecepatan koneksi internet dengan memasang program MTU (Maximum Transmission Unit). Program ini akan mengubah parameter koneksi jaringan internet yang memungkinkan untuk bisa memperoleh akses internet menjadi relatif cepat.
  • Gunakan web proxy yang disediakan oleh ISP atau penyedia jasa layanan internet. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi waktu delay  saat mengakses internet.
  • Untuk bisa mempercepat internet bisa mengganti jenis koneksi jaringan dari dial up (analog) menjadi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang akan membuat pertukaran data menjadi lebih cepat.
  • Melakukan upgrade spesifikasi komputer. Misalnya dengan mengganti prosesor atau bisa dilakukan dengan menambah jumlah RAM (Random Access Memory).

Apabila internet masih lambat hal ini bisa dipengaruhi faktor lain, misalnya kepadatan lalu lintas internet. 

Semoga sedikit informasi “tips mempercepat akses internet” yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mempercepat Akses Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel