Bahan Alami untuk Menyembuhkan Maag

Bahan Alami untuk Menyembuhkan Maag - Menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting dan prioritas saat ini, apalagi semenjak merebaknya wabah pandemi Covid-19 tahun lalu, yang sampai saat ini belum hilang dari peredaran bumi nusantara tercinta ini. Meskipun semua sudah dilakukan termasuk telah mengikuti vaksin, namun tetap menjaga protokol kesehatan menjadi hal yang sangat utama. Di balik menjaga kesehatan tersebut, terdapat hal menarik yang bisa didiskusikan tentang sakit maag. Banyak sekali teman, sahabat bahkan saudara yang cenderung menyepelekan maag ini, dengan anggapan perut masih kenyang, atau dengan alasan nanti saja makannya. Baru setelah perut terkena sakit maag, baru dirasakan pentingnya menjaga pola makan yang sehat dan teratur. 

Bahan Alami untuk Menyembuhkan Maag
Foto: thealternativedaily.

Kesibukan dan rutinitas yang sedemikian padat, apalagi di kota besar, sering membuat banyak orang yang sedemikian sibuk, agak sedikit mengabaikan pentingnya mengatur pola makan yang sehat, termasuk agar makan tidak terlambat, entah itu makan pagi atau bisa makan siang. Sebenarnya banyak contoh diantara orang-orang tersohor di Indonesia yang harus menjemput maut karena abai dengan penyakit yang satu ini.

Bahan Alami Penyembuh Sakit Maag

Maag atau nyeri lambung ini juga biasa disebut dengan sakit maag, memang lebih banyak menyerang mereka yang sering terlambat makan, atau bisa juga menyerang saat sedang menjalankan ibadah puasa. Pada orang-orang yang menjalankan puasa dan sudah terkena maag, bisa dipastikan puasanya akan terganggu, karena puasa bisa dikatakan lancar dan tidak terganggu, apabila lambung sehat. Dan kesehatan lambung ini ditentukan oleh kadar asam lambung.

Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS,. Apt (Tabloid Nyata), sakit maag bisa terjadi pada seseorang, apabila kadar asam lambungnya mengalami peningkatan. Kadar asam lambung ini bisa meningkat yang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu pemicunya adalah stress. Pencegahan sakit ini sangat mudah, antara lain bisa dilakukan dengan cara:

  • Mengendalikan stress.
  • Makan secara teratur.
  • Menghindari makanan dan minuman yang bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung, seperti minuman yang mengandung alkohol, makanan yang mengandung banyak rempah dan juga obat-obatan tertentu.

Untuk itu bisa mencegah terjadinya sakit maag, apalagi di saat menjalankan ibadah puasa, Anda bisa mengonsumsi makanan di bawah ini, yaitu:

  1. Pisang dan madu.
  2. Jahe dan daun salam.
  3. Kurma.

Baca juga: Dilarang Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong.

1 | Pisang dan madu.

Terdapat cara lain menurut Ibu Mangestuti, untuk bisa menjaga kesehatan lambung dan juga menyembuhkan luka pada dinding lambung, yaitu dengan mengonsumsi setidaknya 3 buah pisang dalam sehari, yaitu saat berbuka atau pun sahur.

Bagi mereka yang sudah terkena maag, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi madu 2 sendok makan setiap hari saat berbuka atau pun sahur. Apabila sudah sembuh, bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi madu 1 sendok makan setiap hari ketika berbuka atau pun sahur. 

Apabila Anda sudah mengalami sakit maag dan ingin mencoba berpuasa, maka bisa mengonsumsi campuran madu dalam air hangat 1 ½ jam sebelum berbuka puasa.

Mengapa menggunakan madu untuk penyembuhan sakit maag ini? Hal ini dikarenakan madu memiliki kekuatan penyembuh yang sudah terbukti untuk mencegah dan juga mengobati luka lambung, selain itu madu juga mengandung enzim glukose oksidase yang bisa menghasilkan hidrogen peroksida sebagai pembunuh bakteri penyebab luka lambung.

Selain itu, madu juga mengandung zat anti bakteri lainnya, yang bisa menambah efektivitas dalam membasmi kuman. Yang sangat penting dalam penggunaan madu sebagai penyembuh sakit maag adalah madu harus alami dan tidak mengalami proses apa pun.

2 | Jahe dan daun salam.

Jahe merupakan tumbuhan yang termasuk sebagai bahan rempah yang memiliki khasiat sebagai anti radang. Oleh karena itu, sangat sesuai untuk mencegah dan juga mengatasi luka pada lambung. Bagi Anda yang menjalani puasa, bisa mencoba dengan meminum seduhan jahe segar sebanyak 1 cangkir sehari.

Daun salam juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk untuk mencegah luka pada lambung. Caranya mudah, seduhlah 2 lembar daun salam ke dalam cangkir selama 10 menit, baru kemudian bisa langsung diminum.

3 | Kurma.

Kurma memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka, khususnya bagi umat Muslim. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah, kurma bisa mencegah sakit maag saat puasa, hal ini dikarenakan kurma kaya serat, vitamin, mineral dan juga gula.

Kandungan kurma tersebut memudahkan saluran cerna untuk bisa bekerja dengan benar, sehingga dinding lambung yang luka karena kadar asam lambung yang meningkat bisa terhindarkan. Untuk itu konsumsilah kurma dengan kualitas baik sebanyak 3 butir saat berbuka puasa, hal ini akan membuat lambung menjadi sehat.

Makanan yang Disarankan untuk Penyembuhan Maag

Bagi Anda yang sering melakukan puasa, apalagi puasa sunah dan masih harus bekerja, terdapat beberapa makanan yang sangat dianjurkan, yaitu kurma, daging kambing, susu, dan gandum atau havermot. Bagi Anda yang menjalankan puasa, makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sahur, karena bisa melepaskan energi secara perlahan selama masa puasa, pelepasan perlahan tersebut membuat tidak mudah lapar.

Sedangkan buah dan sayur yang sangat dianjurkan, adalah mentimun, bawang merah, anggur, kacang dan berbagai biji-bijian seperti kacang hijau dan kacang merah. Kandungan serat buah dan sayur bisa untuk memenuhi kebutuhan kalori selama Anda menjalankan puasa, dan juga bahan makanan ini dicerna dengan lambat oleh tubuh.

Makanan yang Dihindari untuk Penyembuhan Maag

Terdapat beberapa makanan yang perlu dihindari, seperti makanan yang diproses secara kompleks, seperti makanan cepat saji yang mengandung gula tebu dan juga tepung, dan juga makanan berlemak, seperti kue, biskuit, permen dan juga coklat.

Selain itu, juga hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan cola, karena kafein memiliki sifat diuretic, yang mempercepat keluarnya air melalui urin.

Itu dia sedikit informasi tentang “Bahan Alami untuk Menyembuhkan Maag”. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Alami untuk Menyembuhkan Maag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel