Dilarang Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong

Kesibukan, waktu yang sangat mepet, tidak ada waktu, menjadi banyak alasan mengapa banyak orang yang melewatkan sarapan pagi. Bahkan banyak yang menyatukan momen sarapan pagi bersamaan dengan makan siang, yang membuat perut menjadi sangat lapar. Faktanya pada kondisi perut yang kosong, menjadikan pola makan menjadi sangat lapar pada kemudian waktu, sehingga akan merasa ingin makan apa pun  dan dalam jumlah yang banyak. Meskipun demikian, dalam keadaan perut kosong terdapat makanan yang harus dihindari saat perut dalam keadaan kosng, untuk itu dilarang makan makanan ini saat perut kosong.

Dilarang Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong
Foto: timesofindia.

Bahkan menurut Boldsky, sejumlah makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi juga tidak baik untuk dimakan saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini dengan tujuan agar sistem pencernaan bisa berfungsi dengan optimal setelah diistirahatkan selama berjam-jam lamanya.

Makanan Terlarang Saat Perut Dalam Keadaan Kosong

Mengonsumsi makanan tertentu dilarang saat perut kosong, karena hal ini bisa mengakibatkan efek atau dampak buruk pada kesehatan. 

Makanan yang dilarang untuk dinikmati saat perut kosong, antara lain:

  • Minuman bersoda.
  • Pisang.
  • Tomat.
  • Yoghurt.
  • Kue kering.
  • Permen.
  • Mentimun dan sayuran hijau.
  • Ubi jalar.
  • Jeruk.
  • Buah Pir.
  • Makanan pedas.

Baca juga: Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

  • Minuman bersoda.

Untuk itu hindarilah minuman yang mengandung soda saat perut dalam keadaan kosong, karena hal ini bisa merusak selaput lendir perut yang pada akhirnya bisa memperlambat proses pencernaan makanan.

  • Pisang.

Anda terbiasa untuk menikmati sarapan pagi dengan pisang? Mulai dari sekarang, Anda harus menghentikan kebiasaan sarapan pisang, karena makan pisang saat perut dalam keadaan kosong bisa mengakibatkan peningkatan tajam kadar magnesium dalam aliran darah. Hal ini akan berdampak buruk pada liver dan jantung.

  • Tomat.

Saat perut dalam keadaan kosong, hindarilah makan tomat, apalagi bila Anda menderita tukak lambung atau maag. Karena tomat mengandung asam tanat yang tinggi yang bisa merangsang produksi asam lebih banyak di saluran pencernaan, yang bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada lambung. Selain itu, apabila dikonsumsi saat perut kosong, asam tanat akan bereaksi dengan asam gastrointestinal di dalam perut, yang mengakibatkan terbentuknya gel yang tidak bisa larut, yang pada akhirnya terjadi “batu perut”.

  • Yoghurt.

Yoghurt memang baik untuk pencernaan. Namun sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya saat perut dalam keadaan kosong, karena tidak akan memberikan manfaat apa pun. Hal ini disebabkan bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt akan terbunuh oleh asam hidroklorida dari lambung. Selain itu mengonsumsi yoghurt saat perut dalam keadaan kosong akan menyebabkan sakit perut.

  • Kue kering.

Sering menikmati kue kering saat pagi hari, biasanya sambil menikmati kopi? Mulai saat ini sebaiknya jangan mengonsumsinya saat perut dalam keadaan kososng, karena kue kering ini terbuat dari tepung terigu dan gula yang bisa menghasilkan gas, yang mengakibatkan masalah pada pencernmaan, bahkan membebani liver. Selain itu, kue kering juga mengandung ragi yang bisa mengganggu lapisan perut yang mengakibatkan perut kembung dan juga mengakibatkan konstipasi atau sembelit.

  • Permen.

Permen memang salah satu makanan yang bisa meningkatkan energi dalam beraktivitas dan bisa memperbaiki suasana hati. Namun yang perlu diperhatikan adalah ternyata permen mengandung kadar gula yang tinggi yang bisa memiliki dampak buruk pada pankreas dan memicu timbulnya diabetes.

  • Mentimun dan sayuran hijau.

Kedua jenis sayuran ini memang sangat menyehatkan, namun jangan menikmatinya saat perut dalam keadaan kosong, karena membuat rasa tidak nyaman pada perut.

  • Ubi jalar.

Jangan menikmati makanan yang satu ini saat perut dalam keadaan kosong, karena ubi jalar mengandung tannin dan juga pectin, yang bisa merangsang dinding perut mengeluarkan lebih banyak asam lambung yang membuat perut terasa mulas.

  • Jeruk.

Saat ini banyak sekali orang yang menganggap diet dengan menikmati buah, salah satunya jeruk menjadi solusi terbaik apalagi saat perut dalam keadaan kosong. Namun yang terjadi malah sebaliknya, menikmati jeruk saat perut dalam keadaan kosong bisa menimbulkan masalah pada pencernaan. Hal ini disebabkan tingginya kadar asam sitrat dalam jeruk yang bisa merusak selaput lendir yang bisa mengakibatkan rasa mulas dan juga gastritis atau radang pada dinding lambung. Selain itu, jeruk bisa mengiritasi kerongkongan pada bagian bawah.

  • Buah Pir.

Selain jeruk, masih ada buah lain yang harus Anda hindari saat perut dalam keadaan kosong, yaitu buah pir. Menikmati buah pir di pagi hari memang terlihat keren dan menjadi pilihan sehat saat perut dalam keadaan kosong. Padahal, menurut para ahli gizi, makan buah pir saat perut dalam keadaan kosong bisa mengakibatkan gangguan lambung dan juga timbulnya kerusakan jaringan gastrointestinal, hal ini disebabkan karena buah pir memiliki serat yang kasar.

  • Makanan pedas.

Makanan yang satu ini justru harus dihindari untuk dinikmati saat perut dalam keadaan kosong, makanan pedas dan berempah bisa menimnulkan iritasi pada perut, memicu pelepasan asam lambung, yang akhirnya bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, seperti diare. Oleh karena itu hindari langsung makan makanan pedas saat perut dalam keadaan ksosng.

Itu dia sedikit informasi tentang makanan yang harus dihindari saat perut dalam keadaan kosong. Oleh karena itu dilarang makan makanan ini saat perut kosong. Semoga informasi tersebut di atas bermanfaat dan menjadi pedoman untuk Anda yang ingin menjalani hidup sehat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Dilarang Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel