Mindset Sukses ala Eni Kusuma

Sukses… Satu kata ini selalu menjadi impian setiap orang, bahkan untuk bisa dianggap sukses saja, masih banyak orang melakukan segala cara agar dirinya dianggap sukses. Namun, bagaimana sukses itu sebenarnya, tentunya setiap orang memiliki pandanagn sendiri tentang arti kata sukses tersebut. Terdapat satu cara untuk bisa sukses, yaitu memiliki mindset sukses. Kali ini kita akan membicarakan tentang mindset sukses ala Eni Kusuma, seorang mantan TKW Hongkong yang saat ini menjadi seorang inspirator, penulis buku dan juga peraih penghargaan “SHE CAN Awards 2009”.

Mindset Sukses ala Eni Kusuma;Mindset Orang Sukses Menurut Eni Kusuma
Eni Kusuma (Foto: stkippgriponorogo.ac.id)

Sebenarnya siapa sih Eni Kusuma ini, sampai pembahasan tentang midset sukses dikaitkan dengan sosok mantan TKW ini? Sebenarnya alasannya hanya satu, yaitu sebuah proses dan pengorbanan untuk meraih kesuksesan yang dilakukan Eni Kusuma yang menginspirasi.

Prinsip orang sukses yang diyakini Eni Kusuma-lah yang mendorong Eni Kusuma bisa meraih sukses, yaitu “Setiap orang bisa berkarya walaupun dia hanya seorang tenaga kerja wanita”. Yang menarik adalah bukan tentang kesuksesannya saat ini, namun kemampuan dalam berproses saat menjadi pembantu rumah tangga di Hongkong sejak tahun 2001 sampai dengan tahun 2007 dan sanggup menulis buku motivasi dengan judul “Anda Luar Biasa” dan buku “Mitra Kera Tanpa Pamrih” yang membuktikan bahwa Eni Kusuma mampu meraih apa yang diimpikannya.

Mindset Orang Sukses Menurut Eni Kusuma

Menurut perempuan kelahiran Banyuwangi, 27 Agustus 1977 ini, untuk meraih sukses, hal utama yang harus dimiliki untuk sukses adalah memiliki mindset atau pikiran yang harus tahan banting, dan juga jangan mudah terkontaminasi dengan pengaruh dari luar.

Baca juga: Kisah Sukses Johanes Ariffin Wijaya dengan Kata “BISA”.

Terdapat 3 (tiga) cara untuk bisa bertahan dengan cita-cita dan impian dari segala tantangan dan hambatan menurut Eni Kusuma (Intisari, Edisi 567), antara lain:

  1. Pikiran negatif vs pikiran positif.
  2. Keraguan orang lain adalah vitamin keberhasilan kita.
  3. Orang pintar vs orang beruntung.

1 | Pikiran negatif vs pikiran positif.

Menurut Eni Kusuma, “Kita adalah apa yang kita pikirkan”. Jadi bila kita berpikiran negatif secara kontinyu, maka kita akan menjadi seorang yang negatif. Begitu pula sebaliknya jika kita selalu berpikir yang positif.

Memang kita tidak tahu, apakah kita bisa berhasil atau tidak, namun jika kita tidak pernah mencobanya maka bisa dipastikan kita akan gagal. Dan bila kita berani mencoba, ada dua kemungkinan, berhasil atau tidak.

Seseorang yang selalu berpikir positif, akan selalu berpikir tentang serba kemungkinan dan bagaimana caranya supaya mungkin. Olah karena itulah, orang sukses adalah orang positif.

2 | Keraguan orang lain adalah vitamin keberhasilan kita.

Diragukan orang lain atas mimpi-mimpi kita? Itu hal biasa. Yang penting yang harus diyakini adalah untuk meraih tujuan tersebut jangan sampai terbawa dengan pendapat orang lain yang meragukan kita, sehingga kita tidak fokus untuk meraihnya. Padahal, apa yang kita rasakan tidak mungkin bisa dirasakan oleh orang lain. Oleh karena itu, anggaplah segala cacian dan hinaan tersebut sebagai vitamin keberhasilan.

3 | Orang pintar vs orang beruntung.

Masih ingat dengan tulisan Gede Prama, seorang motivator terkenal Indonesia, tentang “Orang bodoh dikalahkan oleh orang pintar, orang pintar dikalahkan oleh orang licik, sedangkan orang licik bisa dikalahkan oleh orang beruntung. Jadi, orang beruntung adalah orang yang tak terkalahkan”.

Apabila kita selalu melakukan perbuatan baik, maka kita akan mendapatkan buah yang baik pula, yaitu keberuntungan. Oleh karena itu, melangkahlah dengan pasti dan diikuti pula dengan perbuatan baik, bahkan orang licik pun tidak bisa mengalahkan keberuntungan kita.

Semoga sedikit tulisan dan motivasi tentang “mindset sukses ala Eni Kusuma” ini bermanfaat dan menjadi motivasi luar biasa untuk meraih kesuksesan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Mindset Sukses ala Eni Kusuma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel