Toko Online, Cara Mendapatkan Cuan dari Bisnis Online di Masa Pandemi

Wabah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk dunia telah merubah segalanya, mulai dari kebiasaan hidup, cara kerja, bahkan pola konsumsi, tidak hanya itu saja, proses pendidikan pun harus mengikuti adaptasi yang berubah secara mendadak. Bahkan banyak diantara perusahaan dan berbagai bisnis yang harus gulung tikar akibat efek negatif pandemi ini. Namun bagi orang positif, pasti ada peluang dan kesempatan yang bisa dilakukan, salah satunya untuk bisa mendapatkan uang di masa pandemi. Banyak cara, salah satunya dengan membangun toko online, cara mendapatkan cuan dari bisnis online di masa pandemi.

Tidak mudah, dan banyak yang mengatakan hal yang sama bahwa membangun bisnis apalagi di masa pandemi adalah hal yang sulit, apalagi di masa pandemi, banyak orang yang mengalami kesulitan keuangan. Namun apa pun yang terjadi, di balik sebuah masalah pasti ada peluang, apalagi semenjak pandemi, semua orang harus mengubah kebiasaan untuk menjaga hidup agar tidak tertular virus ini. Termasuk kebiasaan mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menjaga jarak, memakai masker, bahkan untuk tidak keluar rumah, kecuali ada hal yang mendadak.

Toko Online, Cara Mendapatkan Cuan dari Bisnis Online di Masa Pandemi
Foto: fedex.com

Perubahan gaya hidup masyarakat di tengah modernisasi dan ancaman wabah pandemi Covid-19  menjadikan perubahan pola konsumstif masyarakat, yang biasanya lebih banyak berbelanja secara offline, saat ini menjadikan banyak orang berusaha untuk meminimalkan risiko untuk berkumpul termasuk keluar rumah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berbelanja secara online di toko online.

Toko Online Terpercaya dan Cara Membangunnya

Masih ingat dengan  jargon “Siapa yang bisa memanfaatkan peluang. Maka dialah yang berjaya”? Tentu masih ingatkan? Hal inilah yang berlaku dalam dunia digital, siapa yang bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan dalam dunia digital, dialah yang bisa mendapatkan keuntungan. Tidak perlu khawatir dengan segala keraguan bahwa untuk memulai berbisnis di dunia digital membutuhkan modal yang besar dan dengan peralatan yang mahal. Cara paling mudah adalah memulainya, apalagi internet menberikan peluang yang tidak terbatas, khususnya untuk mendapatkan uang.

Cara paling mudah untuk memulai bisnis online dalam dunia digital ini adalah dengan mencoba berdagang dan membuka toko online. Mungkin di awal Anda tidak harus menjadikan sumber penghasilan utama, namun bisa saja melakukannya sebagai bisnis sampingan atau sekedar iseng yang bisa menambah uang belanja. Siapa tahu dari hanya sekedar iseng bisa menjadi sumber penghasilan utama.

Baca juga: Peluang Usaha Yang Dilakukan Di Rumah Saat Wabah Corona.

Toko online merupakan media, sarana, bahkan tempat dimana kita sebagai penjual suatu produk bisa menjual produk barang atau pun jasa dan pihak pembeli bisa memesan produk barang atau jasa tersebut melalui perangkat atau pun gadget yang terhubung dengan internet, sehingga pada akhirnya terjadi transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka langsung.

Pada prinspinya semua barang apa pun bisa dijual di dunia online, namun alangkah baiknya apabila barang-barang yang dijual di toko online tersebut adalah barang yang tidak mudah ditemukan di toko offline dan juga produk tersebut produk yang langka, apabila barang tersebut banyak yang menjual. Tentunya para pembeli akan berharap harganya lebih murah. Barang yang umumnya dijual di toko online, adalah:

  • Barang grosiran. Barang ini adalah barang yang harus dibeli dalam jumlah yang banyak. Hal ini menjadikan harganya menjadi lebih murah, namun pihak pembeli harus siap menjualnya kembali secara eceran.
  • Barang afkiran. Biasanya barang-barang ini adalah barang yang tidak lolos dalam seleksi pabrik atau biasa disebut dengan reject. Umumnya produk yang dijual berupa pakaian atau sepatu dari berbagai merek terkanal, namun jumlah dan ukurannya sangat terbatas.
  • Barang bekas layak pakai. Barang yang dijual ini dalam kondisi baik dan masih layak pakai. Umumnya berupa barang elektronik atau bisa juga barang lain yang langka. Yang perlu dicatat bagi para penjual produk ini adalah memberikan informasi pada pembeli tentang konsekwensi membeli barang bekas.
  • Barang tidak resmi. Barang yang termasuk dalam hal ini adalah barang yang tidak dijual oleh distributor resmi atau bisa juga barang yang tidak dijual di Indonesia. Karena tidak resmi, maka bisa disebut tidak bergaransi atau bisa saja diistilahkan dengan barang BM (black market) atau artinya tidak membayar pajak.
  • Barang tiruan. Saat ini banyak sekali produk barang tiruan yang meniru produk barang yang sudah terkenal, bisa diistilahkan dengan barang KW, dari kata kwalitet.
  • Barang produksi sendiri. Tentunya barang ini adalah barang hasil desain sendiri dan hasil produksi dari para penjualnya sendiri. Barang ini biasa disebut dengan barang distro, bisa berupa pakaian, aksesoris atau bisa kerajinan tangan.
  • Aneka jasa. Beraneka jasa saat ini mulai ditawarkan di toko online, mulai pengurusan surat-surat, sampai dengan jasa membuat website semua bisa dijual di toko online.

Saat ini dengan berkembangnya teknologi dan dunia internet juga memberi kemudahan bagi Anda untuk membuka toko online, sehingga untuk Anda para pemula maupun para pelaku usaha tidak perlu susah untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk membuka gerai dagangan di dunia maya atau online. Bahkan yang menarik anda bisa membukanya diberbagai marketplace yang ada, membangun blog online sendiri, membangun landing page atau website jualan Anda sendiri.

Toko Online Terbaik dan Sukses Menghasilkan Uang 

Untuk bisa sukses dalam suatu bidang dibutuhkan kesabaran, termasuk didalamnya sabar dalam menjalani proses. Begitu pula dalam dunia online, Anda tidak mungkin bisa langsung menghasilkan dan mendapatkan uang besar begitu baru memulai, tentunya banyak proses yang harus dilakukan, namun minimal saat masuk dalam bisnis online, terdapat hal positif yang didapatkan bahwa Anda sudah berani untuk berbisnis.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa sukses dalam toko online (mengutip informasi dari T. Tjahjo Widyasmoro dalam Intisari Edisi No. 559), antara lain :

  1. Melakukan promosi.
  2. Pasanglah foto dari barang yang ditawarkan.
  3. Melibatkan perantara.
  4. Menjadikan toko online tidak hanya skedar opsi berbelanja saja.

Baca juga: Sukses Bisnis dengan Bisnis Online.

1. Melakukan promosi. 

Meskipun promosi hanya dilakukan di awal saja, hal ini tidak menjadi masalah. Bagi seorang pemula, memilih berdagang di internet menjadi hal yang logis karena murah dan praktis, selain tidak harus pusing dengan biaya overhead, seperti sewa toko, listrik, gaji pegawai dan berbagai biaya yang muncul saat menjalankan bisnis offline. Modal yang dibutuhkan hanya sekedar laptop atau komputer, internet yang lancar dan tentu saja keuletan dan kesabaran dalam membangun bisnis online tersebut.

Terdapat banyak platform yang bisa digunakan, meskipun hanya gratisan seperti blogspot, wordpress multiply, facebook dan instagram. Bahkan banyak juga yang memilih forum atau situs jual beli gratis di internet agar pasarnya menjadi lebih fokus.

Terdapat keuntungan yang bisa didapatkan dengan bergabung di situs gratisan, seperti tidak pusing tentang tampilan website, Anda hanya tinggal mendaftar, memilih desain, memasang foto dan menambahkan keterangan, produk siap untuk dijual. Meskipun mudah dalam proses penjualannya, namun tetap jangan melupakan promosi.

2. Pasanglah foto dari barang yang ditawarkan.

Jujur menjadi salah sutu kunci sukses dalam berbisnis, salah satunya adalah dengan memasang foto sebenarnya. Membangun kepercayaan dalam bisnis online menjadi hal utama, karena hubungan antara pembeli dan pedagang di internet adalah kepercayaan. Hal ini sangat berbeda dengan proses perdagangan di toko konvensional, di toko online calon pembeli tidak memegang barang secara langsung, namun hanya melihat foto dan membaca deskripsi saja.

Oleh karena itu, sebagai seorang penjual harus memperhatikan masalah foto ini. Foto harus jelas, tidak menipu dan harus diambil dari barang yang ditawarkan (bukan mengambilnya dari sumber lain). Begitu pula dengan deskripsi produk harus lengkap dan apa adanya.

3. Melibatkan perantara.

Saat ini membuka toko online menjadi hal yang paling mudah, cara yang bisa dilakukan adalah membuka toko online di marketplace yang saat ini sudah banyak berdiri di dunia online. Apabila terdapat pembeli yang kecewa, pedagang yang jujur akan melayani pertukaran barang. Dan juga tidak sedikit toko online yang siap mengembalikan uang kalau pembeli tidak puas.

Namun, apabila pembeli masih kurang yakin dalam proses pembayaran, bisa dengan memanfaatkan sistem pihak ketiga, misalnya dengan menggunakan rekening bersama (rekber). Namun, saat ini marketplace sudah memiliki sistem terbaru, yaitu pembayaran dari pembeli baru dibayarkan kepada penjual apabila barang yang dipesan pembeli sudah benar-benar diterima.

4. Menjadikan toko online tidak hanya skedar opsi berbelanja saja.

Pada dasarnya sama halnya dengan toko offline, sebelum melakukan pembelian, maka para pembeli akan bertanya terlebih dahulu, namun hal ini adalah hal yang wajar, pada kesempatan ini menjadi cara bagi penjual untuk bisa meyakinkan pembeli, bahwa penjual adalah pedagang terbaik dan memiliki barang yang dicari pembeli.

Memang kebanyakan para calon pembeli hanya melakukan option atau opsi dan hanya mencari informasi saja, namun tidak masalah, karena pada akhirnya nanti mereka juga akan melakukan keputusan membeli setelah mereka benar-benar nyaman dengan kita dan yakin dengan produk yang dijual. 

Itu dia sedikit informasi dan tips membangun toko online, cara mendapatkan cuan dari bisnis online di masa pandemi. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin membangun bisnis dalam dunia online.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Toko Online, Cara Mendapatkan Cuan dari Bisnis Online di Masa Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel