Tips Agar PC Tidak Berisik

Sebagai seorang yang aktif dan selalu membutuhkan perangkat digital dalam bekerja, tentunya kebutuhan PC atau personal computer semakin dibutuhkan. Selain kuat, juga PC menjadi alat yang tidak hanya digunakan sebagai bekerja, tetapi juga digunakan untuk hiburan, seperti bermain game. Namun, apa yang terjadi kalau tiba-tiba komputer yang Anda miliki yang menggunakan prosesor tingkat tinggi tiba-tiba mengeluarkan suara. Memang meskipun suara yang dikeluarkan tersebut tidak terlalu keras, suara yang ditimbulkan oleh PC tersebut sering mengganggu saat bekerja dengan komputer, untuk itu di bawah ini akan diberikan sedikit tips agar PC tidak berisik saat digunakan.

Bisa diakui bahwa komputer sudah menjadi kebutuhan setiap orang, meskipun saat ini banyak yang sudah memiliki laptop, namun banyak juga yang memilih komputer sebagai sarana untuk bekerja, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Suara yang keluar dari PC meskipun hanya terdengar sangat kecil, namun kadang hal ini juga sangat mengganggu, memang saat suasana ramai, suara ini hampir tidak terdengar, namun yang sering terjadi adalah saat hendak bekerja atau menikmati hiburan, seperti menonton film atau bahkan mendengarkan musik suara ini akan tetap mengganggu.

Cara Praktis Mengatasi PC Agar Tidak Berisik

Saat ini dengan berkembangnya teknologi, tentunya sudah banyak komputer keluaran terbaru yang sudah menggunakan perangkat untuk mengurangi suara bising tersebut. Namun, bagi Anda yang sampai saat ini masih menggunakan komputer atau PC lama, tentunya akan mencari cara agar PC yang digunakan untuk bekerja tidak mengeluarkan suara.

Untuk itu, jangan berkecil hati terlebih dahulu, alangkah baiknya apabila Anda memeriksa kondisi PC terlebih dahulu dan mencari sumber kebisingan  agar ongkos yang dikeluarkan tidak sia-sia. Sumber utama suara bising tersebut biasanya berasal dari kipas yang kehadirannya berfungsi untuk menjaga suhu agar PC tetap stabil. Selain itu juga, suara bising juga bisa ditimbulkan oleh komponen di dalam PC yang bergetar saat beroperasi.

Foto: lifehacker.

Komponen yang perlu diperhatikan agar PC tidak berisik, antara lain:

  1. Kipas.
  2. Casing.
  3. Fan controllers.
  4. Karet.

Baca juga: Tips Mengamankan Data.

1. Kipas.

Pada umumnya casing komputer menggunakan kipas yang berukuran 80 mm. Untuk mengurangi kebisingan, Anda bisa mengganti kipas dengan ukran 120 m, hal ini bisa dilakukan apabila casing komputer Anda mendukung kipas dengan kuran 120 mm tadi. Hal ini disebabkan kipas dengan ukuran yang lebih besar memiliki kemampuan yang sama dalam mendinginkan PC, namun dengan putaran yang lebih rendah. Atau bisa juga dengan mengganti kipas dengan water cooler atau sistem pendingin komputer yang menggunakan air.

2. Casing.

Ternyata casing komputer juga bisa menjadi salah satu faktor kunci dalam sistem pendinginan PC. Oleh karena itu, pilihlah casing yang memiliki banyak ventilasi agar sistem pendinginan bisa optimal dan Anda tidak perlu menambah kipas tambahan yang justru bisa menambah suara bising.

3. Fan controllers.

Terdapat berbagai jenis fan controllers, namun perangkat ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengatur kecepatan rotasi kipas sesuai dengan yang dibutuhkan PC.

4. Karet.

Selain kipas, terdapat komponen lain yang ada di dalam PC yang sering menimbulkan suara yang kerap mengganggu karena getarannya, misalnya hard disk yang sering bergetar saat bekerja. Untuk it, agar tidak terjadi getaran maka bisa ditambahkan alas atau dengan melapisi komponen PC seperti hard disk dengan karet yang banyak dijual dipasaran yang efektif untk mengurangi kebisingan.

Itu dia tips agar PC tidak berisik saat digunakan. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar PC Tidak Berisik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel