Peluang Usaha Yang Dilakukan Di Rumah Saat Wabah Corona

Wabah virus corona Covid-19 masih mengancam kehidupan masyarakat dan negara Indonesia, tidak hanya pada satu sektor usaha, namun semua kehidupan dan semua sektor terpengaruh, bahkan bisa menjadi krisis yang luar biasa. Bagaimana tidak, mudahnya virus ini menular dan bisa cepat menimbulkan kematian, mengakibatkan Pemerintah melakukan kebijakan agar masyarakat tetap di rumah saja dan bekerja di rumah atau WFK (work from home) dengan tujuan untuk memutus mata rantai persebaran virus corona ini. Melihat hal ini, setiap pengusaha harus memiliki ide agar tetap bisa mendapatkan penghasilan, untuk itu seorang entrepeneur harur pintar melihat peluang usaha yang dilakukan di rumah saat wabah corona.

Dengan adanya kebijakan membatasi pola pergerakan masyarakat, maka banyak tempat usaha yang membatasi pola usahanya, yang dulunya ramai dikunjungi para pelanggan, saat ini hanya diperbolehkan dengan sistem bawa pulang. Pola ini mengakibatkan masyarakat turut membatasi keinginan untuk keluar rumah, kecuali untuk hal-hal penting seperti membeli barang kebutuhan pokok.

Di sektor bisnis paling bawah, yaitu di sektor mikro kecil menengah, atau masyarakat yang menggantungkan pada pendapatan harian menjadi sangat terdampak. Omset para penjual pedagang kaki lima, bahkan penjual di pasar tradisional turut mengalami dampak yang luar biasa. Begitu pula dengan usaha cafe dan tempat makan, semua terkena imbasnya.

Peluang Usaha Yang Dilakukan Di Rumah Saat Wabah Corona;Delivery order dengan ojek online ;
Delivery order dengan ojek online (Sumber gambar: dailysocial.id)

Peluang Usaha Rumahan, Solusi Mendapatkan Penghasilan Di tengah Pandemi Corona

Namun dibalik itu semua, terdapat peluang bisnis yang bisa dilakukan dan bisa dicoba, bisa dikatakan masih ada peluang yang masih terbuka, diantara kondisi seperti ini. Pola dan sistem bisnis menjadi turut berubah mengikuti kondisi saat ini, yang dulunya bisa santai duduk menunggu pembeli dan pelanggan, sepertinya saat ini harus mengubah konsep, salah satunya dengan jemput bola.

Baca Juga: Frozen Food, Peluang Bisnis Di Tengah Pandemi Corona.

Peluang usaha, menjadi sebuah kesempatan untuk menjalankan sebuah kegiatan bisnis di saat terbatasnya tempat dan waktu. Dan kali ini, memaksa anda yang harus mendapatkan penghasilan minimal untuk hidup, menjadikan anda harus berpikir cerdas agar bisa memanfaatkan peluang di tengah keterbatasan kesempatan.

Tentunya bila melihat kondisi, dimana banyak jalanan utama yang ditutup karena terkena physical distancing, ditambah dengan adanya social distancing, menyebabkan seorang entrepreneur harus jeli melihat kondisi hal ini.

Berbicara tentang bisnis, maka saat inilah yang tepat bila anda harus memulai membuka bisnis dan melakukan konsep berbeda tentang bisnis, satu hal yang penting, di saat ini anda bisa menjual konsep dan menjual solusi dan bisa membarter solusi dengan uang.

Peluang Usaha Modal Kecil Yang Bisa di Jalankan Dengan Kondisi Terbatas

Tidak ada yag tidak bisa, dan tidak ada yang tidak mungkin, selama anda memiliki niat dan tekat, anda masih bisa mendapatkan penghasilan di tengah pandemi corona ini. Terdapat 6 (enam) usaha yang cocok dan bisa dilakukan dan sangat dibutuhkan masyarakat, antara lain:
  1. Membuat bisnis catering dengan "Sistem Ghost Kitchen".
  2. Menjual sayur segar
  3. Bisnis sembako
  4. Makanan Ringan
  5. Frozen Food
  6. Menjual nasi bungkus.
Seperti yang dilihat di atas, 6 (enam) usaha tersebut berhubungan dengan kebutuhan pokok masyarakat, yaitu berhubungan dengan makanan. Tapi kita tidakmembukanya dengan mencari tempat usaha dan membukanya untuk menarik orang datang. Konsep yang digunakan adalah menawarkan semuanya melalui media sosial atau melalui sarana telekomunikasi, misalnya melalui WA (Whatsapp), kemudian kita mengirimkan semua barang yang dipesan, baik melalui tenaga yang kita miliki (jasa delivery) atau melalui jasa delivery online.

Akan kita bahas satu per satu peluang usaha yang bisa dilakukan di rumah dan dengan modal kecil.

1. Membuka Bisnis Catering dengan Sistem Ghost Kitchen

Dalam kondisi normal, dalam arti tidak terdapat wabah pandemi corona, mungkin kebutuhan makanan bisa dibeli di tempat makan dan warung, namun dengan kondisi saat ini, dimana banyak tempat usaha yang membatasi ruang gerak dan para pembeli juga membatasi untuk keluar rumah menjadikan mereka sangat membutuhkan makanan yang bisa diantar langsung.
Kondisi ini memingkinkan anda membuka sebuah usaha makanan dengan “Sistem Ghost Kitchen”, yang bisa anda buka di rumah, dAn proses pemasaran, baik promosi dan penjualan bisa anda lalukan secara online.

Bisnis catering ini menjadi peluang bagi anda yang sudah lama menekuni bisnis kuliner dan juga bagi anda yang ingin mebuka bisnis kuliner dengan Sistem Ghost Kitchen, apalagi saat ini semua harus dilakukan di rumah, mulai sekolah di rumah, bekerja di rumah, termasuk karyawan Pemerintah dan swasta.

Langkah yang bisa anda lakukan, antara lain:
  • Sebelum anda resmi membuka pemesanan atau istilahnya membuka PO (Purchase Order) anda harus menentukan terlebih dahulu makanan apa yang akan anda fokukan.
  • Setelah anda menentukan jenis kuliner yang akan anda jual, anda bisa memulai mengiklankan produk anda melalui media sosial yang ada, misalnya facebook, instagram, telegram, atau bahkan grup WA anda. (Usahakan anda melakukan promosi di grup kuliner facebook di kota anda, pengalaman menunjukkan bahwa melakukan promosi ini menjadikan anda lebih cepat terkenal, apalagi kuliner yang anda jual enak, berkualiats dan harganya terjangkau).
  • Untuk penjualan makanan, bisa dibagi dengan dua sistem. Pada sistem pertama, anda menawarkan untuk masakan yang akan dimasak untuk pemenan dua hari kedepan. Dan sistem kedua, anda hanya menyediakan masakan yang ada saat itu.
  • Untuk sistem pengantaran atau delivery, bisa anda lakukan sendiri bila anda memiliki armada atau anda juga bisa bekerjasama dengan jasa delivery online yang ada saat ini, baik GoFood atau pun GrabFood.
Membuka katering dengan sistem Ghost Kitchen, menjadi peluang bisnis yang luar biasa saat ini, karena masyarakat yang melakukan aktivitasnya di rumah, melakukan kesibukan sama halnya hari biasa saat di kantor, dan kebanyakan juga tidak sempat memasak.

2. Menjual sayuran segar

Kondisi merebaknya wabah corona juga mempengaruhi kehidupan ekonomi, yang mengakibatkan pasar dan supermarket sepi, hal ini dikarenakan masyarakat sudah tidak berani lagi ke pasar. Bagi anda yang menjadi pedagang sayuran dan jeli menangkap kesempatan ini, anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu :
  • Menjual aneka sayur dan berbagai kebutuhan dapur keliling kompleks. Hal ini memberikan nilai positif, sehingga warga tidak perlu lagi datang ke pasar dan tetap mendapatkan sayuran segar dan lauk yag dibutuhkan.
  • Anda sebagai pedagang, pasti sudah memiliki target orang, siapa saja yang sering dan menjadi pelanggan anda. Anda bisa menawarkan terlebih dahulu, kebutuhan apa saja tiap harinya, dan anda bisa membungkus kebutuhan sayur dan lauk, dan mengantarnya tanpa berlama-lama menunggu pembeli.
Dua cara ini menjadi sebuah pilihan bagi anda untuk tetap mendapatkan penghasilan, atau anda sudah memiliki cara yang tetap selain dua cara tersebut di atas.

3. Bisnis Sembako

Bisa jadi toko sembako dan barang kelontong milii anda yang biasanya ramai, menjadi sepi, bahkan banyak pegawai anda yang duduk diam bingung mau melakukan apa. Melihat hal ini banyak cara yag bisa anda lakukan, salah satunya adalah membuka toko online, yang bisa anda lakukan hanya untuk melayani masyarakat di sekitar toko atau rumah anda, atau kalau anda mampu, anda bisa menyediakan jasa pengantaran untuk kebuhan pelanggan anda.

Bingung dengan promosi, agar masyarakat sekitar anda tahu bahwa anda bisa mengantar barang kebutuhan mereka, mungkin cara ini bisa dilakukan:
  • Memberitahukan atau melakukan promosi tradisional dari mulut ke mulut, langkah ini terbukti sangat cepat dan efektif.
  • Mempromosikan melalui media sosial, minimal target pasar di sekeliling anda mengetahui, bahwa kondisi saat ini, anda masih bisa mengantar barang kbutuhan mereka.

4. Menjual Makanan Ringan atau Snack Kiloan

Mungkin terlihat sepele, hanya menjual makanan atau snack kiloan, namun yang perlu dilihat adalah, saat ini anak-anak sudah tidak belajar di sekolah, namun belajar di rumah. Bagi orang tua tentunya tetap harus menyediakan jajanan kesukaan, karena tidak mungkin memberikan uang jajan, dan mereka membeli makanan ke luar rumah.

Baca Juga: Sukses Bisnis Budi Daya Kroto Denga Sarana Toples.

Jadi usaha kreatif ini menjadi sebuah ladang pendapatan bagi yang mau memulai, anda tinggal mencari produsen snack atau distributor snack besar, dan memintanya agar anda bisa membeli barang atau snack dalam jumlah kecil untuk bisa dijual kembali.

5. Frozen Food

Dalam kondisi saat ini, dimana masyarakat harus patuh untuk tetap di rumah, maka kebutuhan makanan siapa saji atau siap masak menjadi salah satu kebutuhan penting. Salah satu jenis produd makanan yang bisa anda mulai buka adalah menjadi reseller atau distributor kecil frozeen food.

Di masa sulit dan bingung melakukan apa, sebenarnya saat ini menjadi waktu yang tepat untuk memulai, selain anda tidak perlu promosi yang gencar, karena pada intinya masyarakat pasti membutuhkan makanan siap masak atau frozen food tersebut.

Cara yang bisa dilakukan, adalah:
  • Anda bisa membeli dalam jumlah sedikit terlebih dahulu dalam rangka mencoba, dan meletakkan frozen food tersebut ke freezer lemari pendingin anda.
  • Sediakan makanan atau frozen food yang paling sering diminati masyarakat, seperti sosis sapi, nuget ayam, stik kentang dan risol mayo.
  • Pada tahap awal, anda bisa memasarkannya dari mulut ke mulut, dan untuk meminimalisir kontak fisik dengan pelanggan, tetap anda melakukan penjualan secara online.
Bisnis frozen food saat ini memberi peluang yang sangat besar, apalagi distributor besar membutuhkan anda untuk bisa menjualkan produknya dengan cepat.

6. Menjual nasi bungkus

Pola ini sebenarnya, pada awalnya bisa seperti Ghost Kitchen pada point 1, atau kalau biasanya anda menitipkan nasi bungkus di warung kopi yang juga menyediakan nasi bungkus, atau berbagai tempat dan anda bisa menitipkan nasi bungkus ini. Namun dengan melihat kondisi saat ini yang dilarang untuk berkerumun dan keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus corona, menjadikan anda harus berpikir lagi dalam rangka agar anda bisa mendapatkan penghasilan harian anda.

Anda bisa menawarkannya melalui media sosial dengan menawarkan berbagai sajian nikmat yang diletakkan dalam nasi bungkus. Untuk sementara anda bisa bekerjasaama dengan delivery online dan anda bisa memasukkan semua menu (rincian nasi bungkus lengkap) ke dalam apliasi, sehingga anda bisa tetap berjualan nasi bungkus meskipun secara online.

Semoga informasi peluang usaha yang dilakukan di rumah saat wabah corona, bisa memberikan informasi dan ide untuk anda, dan anda bisa tetap membuka bisnis anda. Terima kasih

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel