Tips Merawat Printer

Tips Merawat Printer - Pandemi atau pun segala istilah yang berhubungan dengan wabah Covid-19 ini menjadikan terjadinya perubahan dalam pola hidup masyarakat, bahkan yang menarik adalah dengan semakin pahamnya masyarakat akan arti pentingnya kesehatan, banyak diantaranya yang lebih memilih untuk bekerja di rumah. Dan bagi para pekerja yang mendapatkan opsi untuk WFH (bekerja dari rumah) atau para anak-anak yang harus tetap belajar di rumah, tentunya membutuhkan perangkat yang bisa mendukung proses aktivitas tersebut. Salah satunya dalam proses mencetak hasil pekerjaan dan tugas, yang dalam hal ini membutuhkan printer. Namun terlepas dari fungsinya, penggunaan yang terus menerus tentunya membutuhkan perawatan secara rutin agar printer tetap lancar dan bisa digunakan dengan baik. 

Tips Merawat Printer
Foto: bloggerseoscience.

Printer memang memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung segala aktivitas, baik dalam proses belajar, hobi atau pun bisnis. Namun dalam perkembangannya, di era digital, printer tidak hanya digunakan untuk mencetak dokumen dalam bentuk teks saja, namun juga untuk mencetak diagram, foto dan gambar dengan kualitas tinggi.

Tips Cara Merawat Printer

Semua peralatan dan perangkat elektronik membutuhkan perawatan rutin dengan tujuan agar bisa digunakan  dengan baik, begitu pula dengan printer, juga membutuhkan perlakuan yang sama agar bisa digunakan dengan baik dan bisa menghasilkan kualitas cetak yang baik. Perawatan dan kebersihan printer menjadi hal yang wajib agar printer bisa digunakan. Bahkan hanya disebabkan karena sedikit debu dan kotoran yang menempel saja bisa membuat kinerja printer menjadi kurang baik.

Baca juga:  Tips Membersihkan Komputer dengan Air Compressor.

Terdapat beberapa langkah untuk merawat printer, antara lain:

  • Bacalah terlebih dahulu buku manual printer. Hal ini dilakukan agar bisa mengetahui hal detail apa saja yang perlu diperhatikan saat akan membuka printer. Jangan sampai karena printer bermasalah, dan karena hal sepele, yaitu Anda tidak mau membaca buku manual atau buku petunjuk, membuat Anda tidak bisa bekerja.
  • Lakukan perawatan awal, yaitu dengan menyingkirkan debu yang menempel pada bagian luar, Anda bisa menggunakan kain lap biasa. Namun, untuk bagian dalam printer, gunakan kuas dan kain lembut karena terdapat beberapa bagian printer yang sensititf.
  • Saat membuka cartridge, Anda harus berhati-hati jangan sampai tergores. Saat membersihkan cartridge, cukup dengan menggunakan blower, kuas halus atau bisa dengan kain lembut, hal ini disebabkan gosokan yang terlampau kasar pada cartridge akan membuat komponen tersebut rusak secara permanaen.
  • Khusus untuk printer dot-matrix atau printer inkjet, untuk melakukan perawatan, bisa menggunakan pembersih khusus yang banyak dijual di toko-toko komputer. Pembersih tersebut akan bekerja dan masuk ke printer dan menyapu permukaan head printer sampai bersih. 
  • Untuk komponen lainnya, bisa menggunakan cairan khusus atau bisa dengan alkohol agar debu dan kotoran yang menempel bisa hilang.
  • Agar head printer tidak mengering, khususnya pada printer inkjet gunakanlah printer untuk mencetak sesering mungkin (atau minimal gunakan paling tidak satu minggu sekali) dan letakkan printer di ruang yang suhunya tidak terlampau kering.

Menjaga dan merawat printer agar tidak mengalami kerusakan menjadi hal wajib bagi para pemilik dan pengguna printer, agar printer tidak mengalami kerusakan. Semoga sedikit informasi dan tips merawat printer, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Printer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel