Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat

Kulit cantik dan menawan pasti menjadi dambaan setiap wanita, bahkan hanya karena kulit yang kusam sudah membuat kaum wanita ini gelisah. Tidak hanya kulit kusam, salah satu masalah kulit yang sering ditakuti adalah jerawat. Bagi mereka, jerawat yang mengganggu ini harus segerat diatasi, banyak diantaranya yang rela melakukan apa saja untuk menghilangkannya. Segala cara sudah dicoba namun jerawat tidak kunjung hilang, meskipun sudah dilakukan dengan berbagai macam obat. Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat.

Jerawat atau acne memang bukan salah satu penyakit berat yang bisa menyebabkan kematian, namun bagi kaum wanita yang menderita penyakit ini bisa berdampak serius, karena akan mengganggu penampilan, hal ini bisa menimbulkan rasa malu bahkan menjadikan mereka kurang percaya diri atau bahkan minder.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat sebenarnya merupakan kondisi abnormal yang terjadi pada kulit akibat gangguan berlebih produksi kelenjar minyak yang menyebabkan terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan juga pori-pori kulit. Kulit yang meradang terjadi apabila kelenjar minyak memproduksi minyak kulit secara berlebihan, sehingga mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada saluran kelenjar minyak  dan mengakibatkan terjadinya pembentukan komedo  dan juga seborhoea, apabila sumbatan membesar, mengakibatkan komedo terbuka muncul dan terjadilah interaksi dengan bakteri jerawat.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat
Foto: misskyra.

Daerah yang sangat mudah terkena jerawat adalah bagian muka, dada, punggung dan di atas lengan.  Jerawat sering muncul pada masa pubertas, yaitu antara usia 14 sampai 19 tahun yang disebabkan adanya perubahan hormon pada remaja. Untuk mendeteksi terjadinya jerawat sejak dini ini sangat sulit karena pada masa sebelum pubertas kulit anak akan mengalami pengelupasan dalam kurun waktu tiga minggu sekali. Dan pada saat remaja, kulit mehgalami pengelupasan 4 minggu sekali.

Mengutip sedikit pernyataan Dra. Wiwied Ekasari, Apt, MSI dari Departemen Farmakognosi dan Fitokimia, Fakultas Farmasi, Universitas Airlanga, yang pernah dimuat dalam Tabloid Nyata, terdapat 4 bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat, antara lain:

  • Tomat.
  • Meniran.
  • Sambiloto.
  • Lidah buaya.

Baca juga: Bahan Penghilang Komedo.

  • Tomat.

Buah tomat ini sangat mudah dikenali, dengan bentuknya berwarna kemerahan segar. Ditambah lagi sering dijual dan disajikan dalam bentuk jus tomat, rasanya enak dan segar. Selain rasanya yang enak, ternyata tomat bagus untuk kesehatan kulit, karena bisa menghaluskan dan melicinkan wajah.

Tomat termasuh buah yang istimewa karena mengandung kandungan likopen yang tinggi yang selain bisa memberikan warna merah, juga efektif sebagai anti oksidan, sehingga banyak dimanfaatkan dalam industri kecantikan sebagai masker atau pil anti penuaan.

Selain itu, di dalam tomat juga mangandung tomatin yang bersifat anti inflamasi yang bisa menyembuhkan luka dan jerawat, dan juga tomat bisa digunakan sebagai pengelupas kulit mati yang sangat bagus, sehingga bisa mencegah terjadinya komedo.

Cara menggunakannya sangat mudah, peras buah tomat yang telah masak ke dalam mangkok kecil. Kemudian dengan gumpalan kapas, ambil jus tersebut dan usapkan pada wajah. Ulangi sebanyak yang dibutuhkan, dan biarkan mengering selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.  Cara ini akan mempercepat pergantian lapisan sel-sel kulit yang lebih muda yang dengan sendirinya akan menjadikan permukaan kulit tampak segar.

  • Meniran.

Meniran merupakan salah satu tumbuhan liar yang sering ditemui di kebun atau di ladang. Meniran dalam dunia kesehatan semakin dikenal karena memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan juga untuk mengatasi hepatitis. Selain itu, tanaman ini bisa dipakai untuk membantu proses penyembuhan jerawat.

Caranya sangat mudah, rebus meniran sebanyak 600 mg, dan hasil rebusan tersebut disaring dan dikonsumsi sebanyak satu gelas. Cara ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi karena serangan bakteri.

  • Sambiloto.

Sejak jaman dahulu, jenis tanaman yang satu ini sudah sering digunakan sebagai tanaman obat. Tanaman ini juga dikenal dengan si raja pahit karena rasanya yang sangat pahit, yang menarik adalah sambiloto memiliki sifat yang antibakteri, hal ini yang membuat sambiloto dipercaya bisa mengatasi jerawat, terutama pada bagian yang mengalami peradangan.

Cara menggunakannya adalah dengan cara membuat ramuan dengan mencampur serbuk herbal sambiloto yang dicampur air sampai berbentuk pasta, kemudian oleskan pada kulit yang mengalami jerawat. Dan diamkan beberapa menit sampai mengering di kulit Anda atau sekitar 15 sampai 30 menit, kemudian bersihkan kembali dengan air bersih.

  • Lidah buaya.

Tanaman yang sering disebut dengan aloe vera ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang kemerahan.

Caranya sangat mudah, ambillah daun lidah buaya secukupnya, kemudian kupas kulit kuar dan durinya, kemudian blender dan tambah dengan tepung beras dingin secukupnya sampai rata dan gunakan sebagai masker pada wajah dan diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Itu dia informasi tentang bahan alami untuk mengatasi jerawat. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mengatasi dan menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel