Tips Membersihkan Komputer dengan Air Compressor

Komputer atau PC sepertinya sudah menjadi kebutuhan kerja yang dibutuhkan sehari-baik, baik itu di kantor atau pun di rumah, dan sampai saat ini masih banyak yang menggunakannya. Bahkan ada anggapan yang mengatakan PC lebih kuat daripada laptop, namun ini hanya anggapan yang membuat banyak orang lebih memilih PC. Dibalik penggunaannya yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari, terdapat hal yang harus dilakukan agar komputer atau PC Anda bisa tahan lama yaitu dengan merawatnya. Untuk itu, dalam kesempatan ini akan diberikan sedikit tips membersihkan komputer dengan air compressor yang mungkin saja ribet, namun bisa membuat kumputer yang Anda miliki bisa tetap terjaga dan bisa tahan lama.

Tips Membersihkan Komputer dengan Air Compressor
Foto: wizzley.

Diantara berbagai penyebab yang membuat PC cepat rusak, maka debu dan kotoran merupakan musuh terburuk PC atau komputer. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membuat setiap orang bahkan anak-anak untuk selalu belajar di rumah dengan cara online, maka kebutuhan perangkat untuk membantu proses pengajaran tersebut menjadi hal yang penting. Alangkah ruginya, saat komputer tersebut dibutuhkan, namun komputer tidak bisa digunakan gara-gara debu yang menumpuk bahkan lengket pada kipas dan komponen.

Cara Membersihkan Komputer dengan Air Compressor

Membersihkan komputer sebenarnya tidak hanya bertujuan agar komputer terlihat rapi dan juga terawat, namun membersihkannya bertujuan agar komponen-komponen yang ada didalamnya  bisa bekerja dengan baik dan bisa berumur panjang.

Oleh karena itu, membersihkannya dengan hanya menggunakan kain dan kuas saja sepertinya tidak cukup, dibutuhkan alat lainnya yang bisa membersihkan dengan tuntas, alata yang bisa digunakan, yaitu air compressor atau blower yang bisa menjaga kebersihan komputer semakin terjaga.

Baca juga: Tips Agar PC Tidak Berisik.

Air compressor merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi untuk meniupkan udara pada bagian yang akan dibersihkan, dengan alat ini maka membersihkan bagian komputer yang sulit bisa dijangkau dengan mudah.

Terdapat beberapa bagian dalam komputer yang bisa dibersihkan dengan air compressor, antara lain:

  • Kipas. Setiap komputer biasanya telah dipasangi dengan kipas sebanyak dua buah, masing-masing kipas ini memiliki fungsi untuk menjaga suhu yang kondusif pada komponen  yang ada sehingga bisa bekerja dengan baik. Pada awalnya kipas ini bisa bekerja dengan baik, namun lama kelamaan komputer biasanya mengalami sedikit masalah, yang tanpa disadari kipas telah dipenuhi yang membuat motor kipas harus bekerja dengan keras. Hal inilah yang menyebabkan suara kipas menjadi bising, bahkan pada akhirnya membuatnya tidak bisa berfungsi, dan yang lebih parah bisa merembet pada komponen lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa menyemprot bagian ini dengan air compressor termasuk lubang angin yang ada pada casing.
  • Heat sinks. Ini adalah salah satu perangkat dalam komputer yang berguna untuk menjaga komponen di dalam komputer tetap dingin, seperti kompressor. Debu yang menempel pada heat sink bisa menyebabkan terhalangnya sirkulasi panas yang menyebabkan piranti yang terbuat dari bahan aluminium tidak bisa bekerja dengan baik.
  • Keyboard dan mouse. Diantara berbagai hardware yang sering digunakan, maka dua alat tersebut sangat membutuhkan air compressor, khususnya di sela-sela huruf  yang sering menjadi tempat bersarangnya debu. Begitu pula dengan mouse, meskipun saat ini sudah banyak yang menggunakan mouse optic, namun membersihkan perangkat tetap harus dilakukan.
  • Power supply. Perangkat ini menjadi salah satu perangkat yang harus menjadi perhatian, karena power suplly termasuk perangkat yang memiliki kipas yang berfungsi sebagai pendingin. Oleh karean itu, rutin membersihkan komponen ini dari debu menjadi hal penting, agar komponen ini tidak terganggu karena panas yang berlebihan akan mengganggu kerja power supply ini.

Itu dia sedikit informasi dan tips membersihkan komputer dengan air compreessor, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membersihkan Komputer dengan Air Compressor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel