Tips Membeli CD Writer

Perkembangan teknologi semakin cepat, begitu pula dengan teknologi komputer, penyimpanan data pun tidak lagi hanya disimpan di dalam hardsik komputer atau pun laptop saja, namun sudah banyak dilakukan dengan berbagai cara, kalau dulu data disimpan di dalam disket dengan kapasitas terbatas, namun saat ini penyimpanan data bisa dilakukan flash disk dan juga hard disk external. Namun dengan adanya kebutuhan tidak jarang masih ada juga yang menggunakan CD atau pun DVD untuk penyimpanan data, khususnya untuk mereka yang menyimpan data untuk diberikan kepada pihak lain. Untuk itu, dalam kesempatan ini akan diberikan tips membli CD Writer, namun jangan  khawatir meskipun CD sudah jarang digunakan, dalam beberapa kesempatan masih sering digunakan.

Tips Membeli CD Writer
Foto: snapdeal.com

Berbicara tentang CD Writer, maka perangkat ini adalah software yang berguna untuk menyalin atau untuk mengcopy  file atau bisa juga untuk memindahkan file yang tersimpan di dalam komputer ke dalam CD. Saat ini harga perangkat ini bisa tergolong sangat terjangkau, namun sebagai konsumen kita harus teliti saat akan membeli perangkat ini.

Cara dan Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli CD Writer

Meskipun sudah banyak teknologi yang membuat perangkat lebih mudah untuk digunakan, namun tidak ada salahnya mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat akan memilih CD Writer. Bagi Anda yang beraktifitas dengan berbagai data dan file, tidak jarang masih ada yang menggunakan CD dalam aktivitasnya, misalnya gerai foto atau video, yang memberikan hasil fotonya dalam bentuk CD. Untuk itu dibutuhkan perangkat yang mumpuni untuk bisa memindah file tersebut.

Baca juga: Tips Merawat Printer.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membeli CD Writer, antara lain:

  • Kecepatan CD Writer saat menulis menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan, apalagi dengan berkembangnya teknologi komputer. Sudah banyak pembuat perangkat ini yang bisa menulis dengan kecepatan tinggi. CD Writer ini menggunakan X-ratings untuk menunjukkan kecepatan saat membaca dan menulis di atas CD, misalnya 1X memiliki kecepatan yang sama dengan 150 kbps. Kecepatan yang tertulis pada kotak CD Writer adalah kecepatan tertinggi yang mampu dilakukan perangkat tersebut. Oleh karena itu, semakin besar angka kecepatan, maka semakin baik dalm kinerja.
  • Buffer size. Fitur ini akan menjamin kelancaran saat akan melakukan tranfer data tanpa adanya gangguan. Pada umumnya CD Writer yang ada dipasaran sudah mengusung buffer size setidaknya sebesar 2 MB, meskipun saat ini ada yang sudah mengusung buffer 4 MB bahkan sampai 8 MB.
  • Interface. CD Writer biasa menggunakan interface internal IDE (Integrated Development Environment) drives yang merupakan produk yang paling umum digunakan dan relatif mudah saat meng-installnya.
  • Interface lain. Bisa menggunakan USB (Universal serial bus) yang memiliki performa yang sama, namun jenis ini digunakan pada CD Writer eksternal sehingga tidak perlu membuka casing komputer, dengan harga yang sedikit lebih mahal. Kondisi ini dipilih, karena tidak terdapat cukup rak di dalam casing atau dipilih pengguna laptop yang tidak ada CD Writer didalamnya. Yang harus menjadi perhatian adalah CD Writer ini harus memiliki interface yang sama dengan PC atau laptop.
  • Pastikan CD Writer yang dibeli sudah dilengkapi dengan CD Software yang menunjang kebutuhan. Saat ini sudah terdapat software yang mampu mendukung proses penulisan di atas CD dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda.

Semoga sedikit informasi dan tips membli CD Writer, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli CD Writer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel