Tips Mengamankan Data

Sebagai orang yang aktif dan sampai saat ini bekerja dengan menggunakan peralatan komputer dan laptop, maka menjaga agar data penting selalu terjaga adalah hal utama. Data pekerjaan tersebut bisa berupa data pekerjaan kantor, file penting, data pribadi, apabila hilang akan membuat frustasi pemiliknya. Oleh karena itu, dibutuhkan tips mengamankan data yang secara tidak langsung bermanfaat bagi siapa saja yang berhubungan dengan data dan computer.

Tips Mengamankan Data
Foto: technize.

Gangguan teknis, virus dan juga kelalaian kita sebagai pengguna peralatan tersebut, baik komputer dan laptop sering membuat kita khawatir akan keamanan data di dalam komputer. Apalagi kalau data tersebut adalah data yang sangat penting dan berhubungan dengan pekerjaan.

Tips Mengamankan Data di Dalam Komputer Agar Tidak Hilang

Satu hal penting, yang harus diperhatikan bagi pengguna komputer dan laptop adalah prinsip kehati-hatian untuk menghindari agar data penting tersebut tidak hilang. Salah satunya adalah dengan melakukan back-up data.

Untuk itu, agar bisa melakukan back-up data tersebut, dibutuhkan media yang bisa menyimpan data penting tersebut, antara lain:

  1. USB flash drive.
  2. CD atau DVD.
  3. External Hard Drive.
  4. Hard drive tambahan.
  5. Online storage.

Baca juga: Tips Menggunakan Internet: Mencegah Pencurian Identitas di Internet.

1. USB flash drive.

Dengan hadirnya USB flash drive ternyata sangat membantu dalam proses penyimpanan data bila dibandingkan dengan disket yang sangat rentan rusak. Apalagi dengan bentuknya yang mungil ditambah dengan kapasitasnya yang lebih besar, menjadikan perangkat ini banyak dicari. Meskipun tidak dianjurkan untuk alat penyimpanan yang sebenarnya, namun kehadiran alat ini yang bisa dihubungkan melalui USB port ini bisa digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya dengan mudah atau bisa juga digunakan sebagai penyimpanan data sementara.

2. CD atau DVD.

Saat ini melakukan back-up data pada CD atau DVD memang sering dilakukan apalagi sejak harga perangkat ini mengalami penurunan. Tentunya CD dan DVD yang bisa digunakan adalah DVD dengan tipe writer atau re-writable, menjadikan back-up data dengan perangkat ini sering digunakan. Kapasitas atau daya tampung dalam memback-up data pada perangkat ini lumayan besar, untuk CD memiliki kapasitas 700 MB, sedang DVD ini memiliki kapasitas 4,7 GB sampai dengan 8,5 GB, menjadikan perangkat dalam bentuk cakram ini bisa dipilih sebagai tempat untuk menyimpan data.

3. External Hard Drive.

Perangkat ini menjadi salah satu alternatif yang dipilih dalam menyimpan data, apalagi dengan berkembangnya teknologi, bentuk external hard drive menjadi lebih kecil namun dengan kapasitas yang besar. Yang menarik, perangkat ini memiliki ciri yang sama dengan hard drive di dalam sistem komputer, yang membedakan hanya bentuknya, untuk external hard drive ini memiliki rumah tersendiri dengan interface, seperti firewire USB atau Ethernet. Perangkat ini menjadi salah satu piranti favorit yang banyak dipilih untuk mem-back-up data yang dimilikinya.

4. Hard drive tambahan.

Cara ini menjadi langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk mem-back-up data, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan hard drive tambahan dalam sistem komputer, caranya adalah dengan melakukan copy atau penyalinan data ke hard drive tambahan yang bertujuan untuk berjaga-jaga apabila data terganggu.

5. Online storage.

Saat ini sudah banyak penyedia storage online yang memberikan penawaran sebagai cara untuk menyimpan data. Langkah ini merupakan layanan online untuk Anda yang ingin menyimpan di internet, dengan cara ini Anda bisa membuka data yang Anda simpan sewaktu-waktu, dimana saja dan kapan saja selama bisa terhubung dengan internet.

Itu dia sedikit informasi dan tips mengamankan data, semoga bermanfaat untuk Anda yang selama ini berkecimpung dalam dunia komputer, khususnya dunia digital. Karena bisa dipahami bahwa data dalam dunia digital merupakan asset yang mahal harganya.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengamankan Data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel