Tips Memilih Televisi

Wabah pandemi Covid-19 masih melanda banyak negara di dunia, begitu pula di Indonesia. Hal ini membuat setiap orang harus selalu mengikuti prokes (protokol kesehatan) yang ditetapkan, seperti selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Bahkan tidak hanya itu, dengan adanya varian baru, pihak berwenang juga menganjurkan agar masyarakat tetap berada di rumah dan tidak sering keluar rumah, kecuali terdapat kebutuhan mendesak. Dengan kondisi ini, maka beberapa peralatan elektronik yang bisa menghibur sekaligus menjadi alat informasi, salah satunya televisi, menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Untuk Anda yang membutuhkan televisi di rumah dan berencana untuk membelinya, terdapat tips memilih televisi yang bisa Anda perhatikan, agar tidak menyesal atau merasa tidak puas dengan televisi yang sudah Anda beli.

Tips Memilih Televisi
Foto: tech-recipes.

Inovasi teknologi memang sering menggiring konsumen pada posisi yang serba salah, kalau dahulu, sengaja membeli televisi tanpa membutuhkan pertimbangan, karena pilihannya yang juga sedikit. Namun, saat ini televisi terbaru menawarkan berbagai teknologi yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga membuat Anda sebagai konsumen harus lebih cermat lagi dalam memilih televisi yang Anda butuhkan.

Cara Memilih Televisi yang Bagus

Teknologi terus berkembang, begitu pula dengan kebutuhan alat elektronika di rumah, khususnya televisi. Meskipun saat ini sudah banyak cara untuk menikmati hiburan dan informasi seperti dari handphone atau bahkan smartphone, namun menikmati hiburan dari televisi dengan ukuran yang jauh lebih besar memang sangat terasa perbedaannya.

Baca juga: Tips Memilih Kamera Video.

Ini dia cara mudah memilih televisi yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Sesuaikanlah ruangan televisi dengan besar layar televisi yang ingin Anda beli. Yang perlu diingat adalah jarak ideal untuk menonton televisi adalah 5 kali ukuran inci. Mengapa denikian? Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan agar bisa menambah kenyaman Anda saat menonton televisi.
  • Pertimbangkan pula resolusi gambar. Semakin tinggi resolusi gambar, maka kualitas gambar menjadi semakin baik.
  • Saat ini televisi layar datar sudah menjadi hal yang biasa, bahkan tidak hanya layar datar, televisi LED sudah menjadi hal biasa. Semakin datar sebuah layar maka semakin kecil gangguan pandangan pada layar dan pantulan cahaya dari televisi yang bisa menyilaukan menjadi semakin kecil.
  • Apabila Anda menginginkam bisa menonton televisi dengan kualitas suara yang maksimal, maka carilah model televisi yang bisa menghasilkan suara stereo. Yang menarik saat ini, sudah ada efek suara surround  yang mengadopsi teknologi suara dari bioskop  yang akan menambah kenyamanan  dalam menonton film favorit. Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam mencari kualitas suara pada setiap televisi, Anda bisa membandingkan beberapa televisi sekaligus untuk mendengarkan perbedaan kualitas suara pada setiap televisi. Cara ini dilakukan untuk mengetahui mana suara yang terbaik, termasuk dentuman bass yang dihasilkannya.
  • Periksalah kabel koneksi pada setiap telisi (biasanya terdapat warna merah, kuning dan putih), S-Video dan juga komponen video input pada televisi yang diinginkan. Hal ini akan memudahkan  bila Anda ingin menghubungkan televisi ke berbagai perangkat seperti VCD, DVD, dan sebagainya.  Yang menarik saat ini sudah banyak televisi yang memiliki satu set input audio atau video pada bagian depan, sehingga lebih memudahkan  saat menghubungkannya  dengan kamera  atau video game dengan televisi.
  • Untuk Anda yang memiliki aplikasi HDTV, tidak ada salahnya memilih televisi  yang memiliki fleksibilitas input atau output  untuk pemasangan komponen tersebut. Jangan lupa memeriksa komponen HD, firewire, DVI-HDCP atau bisa juga input HDMI untuk koneksi perangkat HDTV tersebut.
  • Sebagai tips terakhir, pilihlah televisi yang memiliki remote control yang mudah dioperasikan.

Itu dia tips memilih televisi yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas, bermanfaat untuk Anda yang saat ini ingin mencari televisi untuk digunakan di rumah.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Televisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel