Tips Memilih Kamera Video

Perkembangan teknologi memang luar biasa, dengan berkembangnya teknologi membuat banyak cara untuk membantu segala aktivitas manusia. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dalam hubungannya dengan merekam suatu peristiwa, kalau dahulu dibutuhkan kamera video dan untuk mendapatkannya harus dibeli dengan harga yang mahal, namun tidak untuk saat ini. Kamera video bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Meskipun saat ini sudah banyak peralatan yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen salah satunya dengan smartphone, namun kehadiran kamera video masih dibutuhkan. Berikut tips memilih kamera video yang bisa Anda catat apabila Anda ingin mencari dan mendapatkan kamera video terbaik.

Tips Memilih Kamera Video
Foto: lardima.

Bisa diakui bahwa kamera video atau camcorder dahulu merupakan barang yang mewah dengan harga yang sangat mahal dan hanya bisa dimiliki oleh para profesional saja. Namun saat ini, semua itu berbanding terbalik, saat ini siapa pun bisa menggunakan kamera video dan yang menarik adalah kamera video ini memiliki bentuk yang tidak sebesar dulu.

Kamera Video Profesional dan Cara Memilihnya

Bentuk kamera yang kecil dan sangat mudah digenggam hanya dengan sebelah tangan ini akan membuatnya mudah dijinjing saat Anda bepergian. Apalagi di era digital, fiturnya menjadi semakin canggih dengan berbagai pilihan yang menarik. Namun, yang utama dalam pemilihan kamera video ini adalah jangan cepat tergiur dengan kecanggihan dan bentuknya yang mungil saja.

Saat ini terdapat dua format kamera video yang sangat dikenal oleh masyarakat, yaitu MiniDV dan Digital8. MiniDV dikembangkan oleh hampir semua produsen kamera video di dunia dan telah menjadi semacam standar kamera video. Terdapat kelebihan dan kekurangan pada kedua format kamera video ini dan hal ini tergantung pada tujuan penggunaan kamera video tersebut. Contohnya, untuk MiniDV biasanya digunakan untuk lingkup yang lebih kecil seperti untuk penguanaan pada keluarga, sedangkan Digital8 lebih banyak digunakan untuk membuat produksi berita atau televisi.

Baca juga: Sony ZV-1, Kameranya Para Content Creator.

Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kamera video, antara lain:

  • Jangan terkecoh dengan bentuk kamera video yang kecil, karena belum tentu pas di tangan Anda. Untuk itu, cobalah terlebih dahulu dan juga perhatikan apakah bentuk yang mungil bisa membuat Anda nyaman. Kemudian lihat lagi apakah tombol perekam dan zoom mudah dijangkau. Perhatikan pula ukuran LCD-nya, akan lebih nyaman apabila menggunakan LCD yang ukurannya tidak terlalu kecil, karena detail objek dapat terlihat dengan jelas.
  • Jangan lupa memperhatikan kapasitas baterai kamera video dan jangan pula terkecoh tulisan di depan kardus, karena yang tercantum merupakan kapasitas maksimal bila menggunakan baterai extended. Umur baterai umumnya berkisar 1 sampai 2 tahun, sehingga akan lebih baik apabila membeli kamera video yang baterainya mudah didapat.
  • Pilihlah kamera video dengan fitur yang Anda butuhkan, karena hal tersebut menentukan besarnya anggaran yang harus Anda keuarkan untuk mendapatkan kamera video tersebut. Saat ini terdapat berbagai pilihan fitur yang dilengkapi pada kamera video, seperti digital digital foto, view finder colour dan fitur lainnya.
  • Pastikanlah kamera video yang Anda beli memiliki garansi dalam jangka waktu tertentu dan juga tanyakan apakah garansi tersebut termasuk servis dan suku cadang.

Semoga informasi dan tips memilih kamera video ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang saat ini sedang mencari kamera video terbaik yang bisa digunakan untuk aktivitas Anda. 

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Kamera Video"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel