Tips Memilih Mesin Cuci

Beda dahulu, beda sekarang, hal ini berlaku pula dengan cara dan segala yang dilakukan, khususnya yang berhubungan dengan aktivitas di rumah. Apalagi yang berkaitan dengan kebersihan, maka kebutuhan alat rumah tangga menjadi sebuah kebutuhan, begitu pula dengan mesin cuci. Sebagai alat yang dibutuhkan sehari-hari, tentunya dibutuhkan mesin cuci yang kuat dan memiliki kualitas yang baik dan bisa dipakai dalam jangka panjang. Sangat merepotkan apabila ternyata tidak sampai satu tahun mesin cuci kesayangan harus rusak karena salah dalam memilih. Tips memilih mesin cuci akan memberikan pedoman untuk Anda dalam memilih mesin cuci terbaik, sehingga nantinya Anda tidak akan bimbang dalam memilih mesin cuci.

Foto: noor-lifestyle.

Memilih mesin cuci yang bagus, tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dibutuhkan pertimbangan yang matang agar bisa mendapatkan mesin cuci terbaik sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan mesin cuci yang akan dibeli.

Cara Memilih Mesin Cuci yang Bagus dan Berkualitas

Adanya kebutuhan, juga perkembangan teknologi membuat segala pekerjaan sehari-hari menjadi ringan, hal ini berlaku pula dengan pekerjaan di rumah, peralatan rumah tangga diharapkan bisa memperingan pekerjaan rumah tangga tersebut. Salah satu alat yang sangat dibutuhkan di era saat ini adalah kebutuhan atas mesin cuci, dengan adanya mesin cuci tersebut akan semakin memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan rumah tangga tersebut.

Baca juga: Tips Agar Pakaian Putih Selalu Cemerlang.

Bingung dalam memilih mesin cuci, apalagi jenis, kapasitas dan fasilitasnya yang semakin beragam? Terdapat beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih mesin cuci terbaik, antara lain:

  1. Sebelum mulai menyisir harga dan produk mesin cuci yang berkualitas, pertimbangkan terlebih dahulu berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi oleh mesin cuci yang akan Anda pilih, seperti jumlah baju yang dicuci setiap harinya, jenis bahan yang dicuci, kapasitas listrik di rumah. Dari pertimbangan tersebut bisa memudahkan Anda dalam memilih mesin cuci.
  2. Kapasitas mesin cuci pada umumnya  antara 5 kg sampai 12 kg, dan juga harus disesuaikan pula dengan banyak tidaknya jumlah pakaian yang dicuci. Apabila jumlah cucian yang dicuci tidak terlalu banyak, maka cukup memilih mesin cuci dengan kapasitas 5 kg. Jangan memaksa kerja mesin cuci melebihi kapasitas, karena akan memperpendek umur mesin cuci tersebut.
  3. Biasanya, mesin cuci terbagi menjadi dua, yaitu front loading dan top loading. Top loading adalah mesin cuci  dengan jendela pada bagian atasnya, sedangkan front loading memiliki jendela pada bagian depan. Apabila Anda ingin memilih mesin cuci dengan tipe front loading, namun memiliki anak usia balita, pastikanlah mesin cuci tipe ini memiliki pengaman yang cukup kuat pada bagian jendelanya, untuk menghindari anak menjangkau mesin cuci tersebut.
  4. Pertimbangkan fasilitas spin speed dan rinse yang dimiliki mesin cuci. Spin speed merupakan kecepatan pemerasan air pada bilasan terakhir, sehingga pakaian menjadi lebih cepat kering saat dijemur, sedangkan rinse mampu mengatur jumlah air  secara otomatis untuk membersihkan busa sabun pada bilasan terakhir. Alangkah sebaiknya apabila mesin cuci yang Anda pilih memiliki beberapa pilihan spin speed yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Pilihlah mesin cuci yang hemat listrik, waktu dan juga deterjen. Untuk itu, tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencuci dan juga mengeringkan pakaian secara detail. Tanyakan pula waktu garansi dan servis purna jual, dan yang paling penting adalah pilihlah yang memberikan keuntungan lebih banyak bagi Anda sebagai pengguna produk mesin cuci tersebut.

Secara umum, terdapat dua jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci dengan satu tabung dan mesin cuci dengan dua tabung, masyarakat biasanya lebih memilih mesin cuci dengan dua tabung, namun terdapat hal yang harus diketahui  bagi kita, yaitu mesin cuci dengan dua tabung ini memisahkan antara baju yang dicuci  dan baju yang dikeringkan. Namun ada pula yang mengatakan mesin cuci dengan satu tabung lebih efisien dalam hal waktu, karena tidak perlu untuk memindahkan baju yang sudah dicuci ke dalam tabung pengering. Namun hal ini tergantung pilihan masing-masing.

Itu dia sedikit informasi dan tips memilih mesin cuci, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mencari mesin cuci terbaik di rumah.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Mesin Cuci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel