Cuka Dapur dan Manfaatnya

Bagi seorang ibu yang terbiasa di dapur pasti paham dengan bahan dapur yang satu ini, yaitu cuka dapur. Pasti para ibu sangat mengenal bahan pendukung dalam membuat masakan menjadi lebih enak ini. Cuka atau biasa disebut dengan cuka dapur merupakan salah satu bumbu yang banyak digunakan untuk memberikan rasa asam dalam makanan. Cuka dapur dan manfaatnya yang diberikan untuk makanan, ternyata memberikan manfaat lainnya yang beraneka ragam.  

Cuka Dapur dan Manfaatnya
Gambar: fix.

Sebenarnya cuka ini memiliki banyak jenis dan ragamnya, namun untuk lebih mempermudahnya, hanya akan dibahas cuka dapur yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Cuka sendiri kebanyakan digunakan sebagai bahan masakan untuk memasak makanan yang ringan dan sehat, yang berfungsi untuk memberikan rasa asam yang unik, juga mengurangi lemak dalam makanan dan juga membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

Cuka Dapur adalah Bahan Masakan yang Memiliki Banyak Manfaat

Selain bermanfaat untuk masakan, cuka dapur juga memiliki banyak manfaat lainnya, mulai dari bahan untuk membersihkan rumah, merawat kecantikan dan berbagai kegunaan lainnya. Terdapat beberapa manfaat cuka dapur lainnya, antara lain:

  1. Untuk menghilangkan noda.
  2. Untuk memutihkan pakaian.
  3. Untuk menghilangkan bau pakaian.
  4. Untuuk membersihkan matras yoga.
  5. Untuk mengatasi denim yang luntur.
  6. Untuk membersihkan furniture.
  7. Untuk membersihkan mesin cuci.
  8. Untuk membersihkan jendela.
  9. Untuk membersihkan lantai.
  10. Untuk membersihkan saluran air.
  11. Untuk membersihkan microwave.

Baca juga: Bahan Pemanis Pengganti Gula.

1. Untuk menghilangkan noda.

Cuka dapur ternyata bisa digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan cuka pada bagian yang terkena noda, gosoklah secara perlahan, kemudian cucilah sampai bersih. 

Fungsi cuka tidak hanya digunakan pada noda pakaian, namun juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada karpet, caranya adalah campurlah satu sendok teh cuka dan sabun cuci piring dalam satu cangkir air hangat. Kemudian masukkan campuran tersebut dalam botol semprot, dan semprotkan campuran tersebut pada noda yang ada di karpet. Biarkanlah selama 2 sampai 5 menit, kemudian serap dengan menggunakan spons.

2. Untuk memutihkan pakaian.

Ini menarik sekali, ternyata cuka bisa digunakan untuk memutihkan kembali pakaian yang sudah menguning. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan merendam kembali pakaian yang berwarna putih tersebut ke dalam  secangkir cuka. Dan biarkan selama semalaman. Pada keesokan harinya cuci pakaian tersebut seperti biasa.

3. Untuk menghilangkan bau pakaian.

Terkadang kita sering lupa sudah merendam baju  dengan deterjen, namun tidak  memiliki waktu untuk mencucinya. Tentu hal ini akan membuat pakaian timbul bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkan bau yang muncul tersebut, siramlah pakaian dengan air panas  yang sudah dicampur dengan dua cangkir cuka dapur, kemudian cuci pakaian dengan deterjen seperti biasa.

4. Untuk membersihkan matras yoga.

Siapa yang menyangka, ternyata cuka dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan matras yoga. Setelah digunakan sebagai alas untuk berlatih yoga, matras akan terkena keringat yang membuat bakteri tumbuh dan berkembang biak. Cara menggunakan cuka dapur ini sangat mudah, semprotkan secara merata cuka dapur tersebut pada seluruh bagian matras, kemudian diangina-anginkan. Langkah ini menjadi cara mudah agar matras bebas kuman.

5. Untuk mengatasi denim yang luntur.

Pakaian yang terbuat dari bahan denim seringkali luntur, bahkan dalam beberapa kali proses pencucian tetap saja bahan ini luntur. Untuk itu agar tidak terjadi luntur, tambahkan cuka dapur saat mencucinya. Cara ini akan membuat warna denim bisa bertahan lebih lama.

6. Untuk membersihkan furniture.

Furniture yang sudah sekian lama kurang dibersihkan tentunya menjadi perhatian Anda dan ingin segera membuatnya tampak cantik, oleh karena itu membersihkannya  dengan cuka dapur menjadi cara mudah untuk membuat furniture menjadi kinclong. Bersihkan dengan menyemprot furniture dengan cuka, kemudian lap sampai bersih. Untuk menambah aroma, bisa ditambahkan minyak esensial lemon.

7. Untuk membersihkan mesin cuci.

Residu deterjen yang tertinggal dalam mesin cuci, apabila dibiarkan secara terus menerus lama kelamaan akan timbul kerak. Untuk membersihkannya, bisa dengan menggunakan cuka dapur. Caranya dengan menuangkan satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci kosong. Selanjutnya, operasikan mesin cuci tersebut setidaknya selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, isi mesin cuci dengan air dan operasikan sebentar dan buang isinya.

8. Untuk membersihkan jendela.

Untuk membersihkan jendela ini, caranya sangat mudah dengan mencampur cuka dapur dengan air dengan perbanadingan 1:1, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut pada jendela, kemudian lap dengan kain lap, lakukan secara rutin agar jendela selalu bersih.

9. Untuk membersihkan lantai.

Cuka bisa digunakan juga untuk membersihkan dan mencerahkan lantai yang tidak dilapisi lilin. Caranya dengan menambahkan satu cangkir cuka ke dalam satu ember air. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan lantai.

10. Untuk membersihkan saluran air.

Anda bisa menggunakan cuka dapur dan baking soda untuk membersihkan saluran air. Caranya dengan memanaskan satu cangkir cuka dapur, dan tambahkan baking sida secukupnya. Biarkan selama beberapa menit, kemudain tuangkan ke dalam satu ember kecil air, dan tuangkan campuran tersebut ke saluran air.

11. Untuk membersihkan microwave.

Tidak usah bingung, kalau ingin membersihkan microwave. Microwave yang kotor bisa dibersihkan dengan menggunakan cuka dapur. Caranya sangat mudah, campurlah cuka dapur dengan air dengan perbandingan 1:1 dalam mangkok atau wadah yang tahan panas. Kemudain panaskan dalam microwave sampai mendidih, diamkan selama dua jam kemudian bersihkan.

Campuran cuka dapur dan air juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur lainnya seperti gelas, sendok, kompor dan peralatan lainnya.

Semoga informasi tentang cuka dapur dan manfaatnya ini bisa bermanfaat untuk Anda dan menjadi referensi alternatif cara membersihkan berbagai peralatan di rumah dengan cepat dan murah.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cuka Dapur dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel