Tips Agar Pakaian Putih Selalu Cemerlang

Sepertinya setiap orang saat ini sudah banyak yang memiliki pakaian putih. Entah hanya digunakan saat beribadah atau hanya digunakan saat ada acara-acara penting saja. Merawat pakaian putih memang gampang-gampang susah, apalagi pakaian putih sangat mudah terkena noda yang warnanya bisa berubah menjadi berwarna keruh bahkan kuning. Pada intinya, sangat mudah untuk menjadikan pakaian berwarna putih ini kembali terlihat berwarna putih dan bersih. Namun, sering karena salah dalam proses mencuci dan dalam proses perawatan, menjadikan pakaian putih ini kembali berwarna keruh. Berikut akan disampaikan tips agar pakaian putih selalu cemerlang.

Foto: baysideappliancerepairs.

Memiliki baju putih  sepertinya memang menjadi sebuah keharusan, entah disadari atau tidak, rata-rata setiap orang secara tidak sengaja sering menggunakan baju putih meskipun tidak dalam rangka bekerja atau saat bersantai saja, hal ini disebabkan baju putih menjadi salah satu pakaian yang sangat mudah untuk dipadupadankan dengan warna lainnya. Namun, dibalik kemudahannya tersebut, ternyata warna putih tersebut sangat mudah kotor dan bahkan sering menjadi kusam.

Cara Agar Pakaian Putih Tetap Cemerlang

Saat ini pakaian putih sudah menjadi pakaian biasa yang setiap orang sudah terbiasa untuk memiliki dan menggunakannya. Namun, dibalik keindahan dan keselarasan pakaian putih yang mudah dipadupadankan dengan bahan lainnya, pakaian putih sangat mudah kotor.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, maka berikut akan disampaikan rahasia dalam merawat pakian putih agar tetap cemerlang, antara lain:

  1. Sortirlah cucian.
  2. Bersihkanlah mesin cuci.
  3. Jangan membebani mesin cuci.
  4. Memilih deterjen khusus.
  5. Menambahkan cuka putih.
  6. Menggunakan air panas.
  7. Bersihkanlah noda terlebih dahulu.
  8. Periksalah baju putih saat mengeluarkannya dari mesin cuci.
  9. Hindarkan menggunakan pelembut kain.
  10. Mengeringkan pakaian putih di luar.
  11. Hindarilah panas tinggi.

Baca juga: Tips Merawat Sepatu.

1. Sortirlah cucian.

Menyortir cucian menjadi langkah awal dalam mencuci pakaian putih. Caranya adalah dengan memisahkan pakaian putih dengan pakaian lainnya, dan yang perlu diperhatikan adalah janganlah mencampur pakaian putih dengan kaos kaki, meskipun kaos kaki tersebut berwarna putih. Hal ini sangat penting agar pakaian putih tidak terkena noda atau bahkan kotoran yang menjadikan pakaian putih tersebut terlihat kusam atau menguning.

2. Bersihkanlah mesin cuci.

Sebelum mulai mencuci pakaian putih, sebelumnya lihatlah terlebih dahulu pada bagian dalam mesin cuci, apakah tabung mesin cuci sudah benar-benar bersih. Apabila masih terlihat kotor, alangkah sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu secara menyeluruh. Hal ini sangat penting, karena mesin cuci yang kotor malah bisa membuat kotoran menempel pada pakaian putih. Kemudian, untuk menjaga kebersihan mesin cuci secara menyeluruh, maka bersihkannlah mesin cuci setidaknyan tiga bulan sekali.

3. Jangan membebani mesin cuci.

Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak mengisi pakaian kotor pada mesin cuci. Memang sudah ada deterjen yang keberadaannya bertujuan untuk melonggarkan dan meluruhkan kotoran yang menempel pada pakian, namun hal tersebut bisa terjadi bila terdapat cukup ruang antara pakaian dan juga cukup air untuk membersihkan kotoran.

4. Memilih deterjen khusus.

Pilihlah deterjen khusus yang mengandung pencerah optik yang akan membuat kain bertambah lebih putih dari warna aslinya. Deterjen pencerah akan membelokkan gelombang cahaya ultraviolet untuk bisa menampilkan cahaya biru dan meminimalkan jumlah cahaya kuning yang bisa dilihat oleh mata, yang akan membuat pakaian putih terlihat cemerlang. 

Namun di balik fungsi deterjen tersebut, janganlah berlebihan dalam menggunakan deterjen. Terlalu banyak dalam menggunakan deterjen akan membuat kelebihan deterjen tersebut tetap berada dalam serat-serat kain dan bisa menarik kotoran.

5. Menambahkan cuka putih.

Apabila deterjen dianggap belum mampu membersihkan pakaian dengan baik, Anda bisa menambahkan satu cangkir cuka putih atau bisa juga setengah gelas boraks dalam cucian.

6. Menggunakan air panas.

Anda bisa menggunakan air panas, seperti yang direkomendasikan untuk bahan pakaian yang dicuci yang bertujuan untuk membantu menghilangkan kotoran dan juga minyak yang menempel.

7. Bersihkanlah noda terlebih dahulu.

Apabila masih terdapat noda yang masih menempel  pada pakaian putih, sebaiknya dihilangkan dulu sesuai dengan jenis nodanya.

8. Periksalah baju putih saat mengeluarkannya dari mesin cuci.

Anda harus memeriksa pakaian saat mengeluarkannya dari mesin cuci. Apabila masih terdapat noda, jangan mengeringkannya dengan panas yang tinggi, karena noda tersebut bisa menjadi permanen. Apabila masih terdapat noda, sebaiknya segera bersihkan kembali noda tersebut.

9. Hindarkan menggunakan pelembut kain.

Alangkah sebaiknya bila Anda tidak menggunakan pelembut untuk melembutkan pakaian putih. Apabila masih ingin menggunakan pelembut kain, jangan menggunakannya terlalu banyak, karena bisa meninggalkan residu pada serat-serat kain, hal ini akan mengakibatkan tertariknya kotoran pada serat kain dan membuatnya menjadi kusam.

10. Mengeringkan pakaian putih di luar.

Menjemur pakaian putih alangkah senaiknya dilakukan di bawah terik sinar matahari. Sinar ultraviolet matahari akan mencerahkan dan bisa memutihkan pakaian. Apabila mengeringkannya dengan pengering otomatis, maka gunakan pengaturan panas yang lebih rendah. Panas yang berlebihan bisa mengakibatkan noda dan residu tanah menjadi kuning.

11. Hindarilah panas tinggi.

Saat menyetrika baju putih, alangkah sebaiknya dihindari menggunakan panas yang terlalu tinggi, karena bisa menyebabkan pakaian putih berwarna kuning.

Tips Menjadikan Pakaian Putih Tetap Putih Apabila Terlanjur Menguning

Baju putih kesayangan sudah terlanjur menguning, tentu saja hal ini membuat hati sebel, namun jangan terburu membuangnya atau tidak mau memakainya. Banyak cara yang bisa dilakukan, tentunya Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana di bawah ini sebelum menggunakan produk pemutih berbahan kimia, antara lain:

1. Lemon.

Caranya sangat mudah, yaitu rendamlah pakaian dalam air lemon, kemudian rebus sampai mendidih. Kemudian matikan apinya, biarkanlah sampai satu jam agar asam sitrat yang terkandung dalam lemon meresap untuk membersihkan kotoran yang menempel pada baju putih kesayangan.

2. Cuka putih.

Untuk menggunakan cuka putih ini, caranya mudah, tambahkan cuka putih dalam larutan deterjen, kemudian rendamlah pakaian putih kedalamnya. Cuka putih tidak hanya berfungsi untuk mencerahkan pakaian, namun juga berfungsi utnuk melembutkan pakaian.

3. Baking soda.

Buatlah larutan baking soda. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur empat liter air dengan satu cangkir baking soda. Kemudian masukkan pakaian putih, rendam setidaknya selama satu jam. Kemudian cucilah seperti biasa.

Baca juga: Tips Memilih Jaket untuk Pengendara Motor.

4. Sabun pencuci piring.

Siapa yang menyangka, sabun pencuci piring mampu memutihkan pakaian yang sudah kusam dan menguning. Caranya sangat sederhana, yaitu campurlah deterjen dengan sabun pencuci piring, kemudian tambahkan air secukupnya. Dan rendam pakaian putih selama satu jam. Kemudian cuci seperti biasa.

5. Aspirin

Selain digunakan sebagai obat, aspirin bisa digunakan untuk memutihkan pakaian. Caranya dengan melarutkan lima pil aspirin ke dalam satu bak air, kemudian rendamlah pakaian putih kedalamnya, selama satu jam,kemudian cucilah baju putih tersebut seperti biasa.

6. Borax.

Caranya dengan menambahkan sedikit borax ke dalam larutan deterjen, hal ini bisa meningkatkan efektifitas deterjen untuk memutihkan pakaian. Selain itu, cara ini bisa menghilangkan residu dari kotoran dan juga melembutkan air. 

Menarik bukan? Semoga tips agar pakaian putih selalu cemerlang ini bisa membantu Anda yang selama ini kesulitan mengembalikan warna putih cemerlang pada baju putih Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Pakaian Putih Selalu Cemerlang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel