Cara Komplementer, Tips Sehat Masa Kini

Pandemi Covid-19 yang masih belum tahu kapan selesai dan berakhirnya, membuat kita yang masih belum terpapar harus waspada, jangan sampai virus ini menyerang kita bahkan keluarga. Selalu melakukan prokes (protokol keseatan), memakai masker, dan menjaga jarak, menjadi pencegahan yang harus dilakukan. Selain itu, terdapat hal penting dalam menjaga agar virus yang menyerang ini tidak sampai singgah di tubuh kita, yaitu dengan selalu menjaga imun tubuh agar selalu sehat dan kuat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan cara komplementer, tips sehat masa kini yang bisa diterapkan untuk menjaga agar tubuh selalu sehat.

Cara Komplementer, Tips Sehat Masa Kini
Foto: freemalaysiatoday.

Untuk menjaga agar tubuh sehat lahir dan batin, apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini, memang tidak mudah. Apalagi sebagian besar dari kita yang masih suka makanan fast food, makanan mewah yang penuh dengan penyedap rasa, minuman yang kaya bahan kimia, kurang istirahat, tidak pernah berolahraga, dan stress yang sering malanda, menjadi penyebab utama tubuh bisa terserang virus bahkan penyakit.

Sehat dengan Cara Komplementer

Dalam situasi dan suasana yang belum jelas kapan berakhirnya pandemi Covid-19 ini, maka segala cara harus dilakukan agar terhindari dari serangan virus Covid-19 ini. Sudah begitu banyak teman, sahabat bahkan saudara yang harus meninggalkan kita karena ganasnya virus ini. Untuk itu, melakukan cara komplementer, yaitu menggabungkan antara terapi herbal, pijat dan akupuntur menjadi hal yang bisa dilakukan agar tubuh selalu fit.

Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt, dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, terdapat beberapa cara kombinasi teknik komplementer yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Menjaga kesehatan dengan herbal.
  2. Melakukan pijat akupuntur.
  3. Melakukan pola hidup sehat.

Baca juga: Antiseptik di Masa Pandemi Covid-19.

1. Menjaga kesehatan dengan herbal.

Selama ini terdapat anggapan yang salah, yang menganggap bahwa melakukan pengobatan berarti hanya untuk orang yang sakit, padahal sebenarnya tidak perlu menunggu dilakukan saat sakit. Contohnya adalah menggunakan daun seledri yang bisa mempertahankan tekanan darah dalam kondisi normal. Cara melakukannya cukup mudah, minumlah rebusan daun seledri sebanyak 2 sampai 3 lembar dalam satu gelas sebanyak 250 cc air. Yang menjadi catatan saat menggunakan daun seledri ini adalah pada orang yang sensitif bisa terjadi penurunan tekanan darah secara drastis.

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, Anda juga bisa memanfaatkan daun salam. Caranya adalah masukkan 5 lembar daun salam ke dalam 500 mililiter air, dan minumlah satu gelas dua kali seminggu. Bahkan ada baiknya melakukan kombinasi dengan makan satu siung bawang putih mentah setiap hari. Hasilnya pasti optimal. Minum rebusan daun salam secara teratur, ternyata bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

Selain itu, akar alang-alang baik untuk membantu menjaga tekanan darah. Caranya mudah, rebus 4 sampai 6 akar dalam 500 mililiter air, dan minumlah tiga kali dalam satu minggu.

Tidak hanya itu, rajin mengkonsumsi satu siung bawang merah segar setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, pare ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjaga kadar gula dalam darah supaya tetap normal. Caranya mudah, bisa dengan dibuat jus atau bisa dimakan langsung sebagai sayur.

2. Melakukan pijat akupuntur.

Selain mengonsumsi sayuran sebagai herbal, melakukan pijatan akupuntur baik untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah relaksasi. Saat kondisi tubuh rileks, ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga penyakit tidak gampang menyerang tubuh.

Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah terapis pijat atau akupuntur yang memiliki dasar pendidikan, jangan hanya berdasarkan pengalaman. Dan untuk pijat, mintalah pada terapis Anda pijat relaksasi, bukan untuk mengobati. Sedangkan khusus pada akupuntur, mintalah pelayanan spesial, misalnya dengan tujuan untuk menurunkan berat badan atau bisa untuk mengurangi rasa nyeri.

3. Melakukan pola hidup sehat.

Selain kombinasi antara herbal, pijat dan akupuntur, harus diimbangi juga dengan pola hidup sehat yang bertujuan untuk menjaga kondisi fisik dan psikis agar tetap prima. Seperti beristirahat secara teratur, rajin olahraga dan juga mengendalikan stress.

Itu dia sedikit informasi cara sehat dengan cara komplementer, tips sehat masa kini. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda dalam menjaga tubuh tetap dan selalu sehat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Komplementer, Tips Sehat Masa Kini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel