Tips Agar Microwave Panjang Umur

Tips Agar Microwave Panjang Umur - Wabah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir satu tahun lebih ini, sedikit banyak telah merubah kebiasaan kita. Banyak diantaranya yang berusaha menjaga diri agar tidak terlalu sering keluar rumah, kecuali kalau ada kebutuhan yang mendesak, begitu pula dengan kebiasaan jajan atau persiapan berbagai makanan, khususnya makanan tahan lama, seperti frozen food. Tentunya kebutuhan alat masak yang bisa digunakan dengan cepat dan tidak pakai lama menjadi kebutuhan penting yang tidak dapat dihindarkan. Salah satu alat masak tersebut adalah microwave. Microwave menjadi alat masak elektronik multifungsi yang banyak digunakan saat ini, apalagi fungsinya yang bisa digunakan untuk memanaskan hingga memanggang.

Tips Agar Microwave Panjang Umur
Foto: commercial-microwaves.microwaveoveni.com

Sebagai alat dapur yang memudahkan dalam proses memasak, tentunya kita berharap agar microwave yang dimiliki di rumah bisa awet dan tahan lama. Apalagi dengan adanya microwave yang memiliki banyak manfaat, seperti bisa mengurangi lemak dan kolesterol, karena dalam memasak tanpa menggunakan minyak, apabila ingin mencairkan makanan yang barus keluar dari freezer atau sekedar memanaskan makanan. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit dan masih banyak manfaat lainnya.

Cara Agar Microwave Bisa Awet dan Tahan Lama

Hal yang harus dipahami dan disadari, agar barang eletronik yang kita miliki bisa tahan lama, sangat dipengaruhi oleh perawatan yang kita lakukan. Dengan melakukan perawatan secara berkala dan perlakuan yang tepat, maka umur microwave yang kita miliki ternyata bisa tahan lama dari yang diperkirakan.

Baca juga: Tips agar Mesin Cuci Tahan Lama.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar microwave bisa awet dan tahan lama, antara lain:

  1. Bersihkan bagian dalam atau interior microwave setiap selesai menggunakan. Apabila terdapat sisa makanan yang tertumpah  atau bahkan cipratan makanan yang menempel pada dinding atau piringan yang bisa menyerap energi yang dikeluarkan saat  microwave dioperasikan bisa mengakibatkan microwave terbakar dan bisa menimbulkan kerusakan.
  2. Untuk sisa makanan yang masih menempel dan sulit dibersihkan, maka cobalah dengan meletakkan air panas di dalam mangkok yang berisi irisan lemon kemudian panaskan selama beberapa menit di dalam microwave. Uap yang ditimbulkan saat air mendidih, akan melunakkan sisa makanan yang menempel, sehingga mudah dibersihkan dan microwave akan mengeluarkan aroma lemon yang segar.
  3. Periksalah setiap bagian dari microwave apabila terjadi kerusakan, seperti pada bagian pintu. Apabila pintu tidak tertutup dengan sempurna atau bahkan terdapat lapiasan yang terbuka, alangkah sebaiknya  segera diperbaiki atau bawalah ke service center. Pintu yang tidak tertutup dengan baik merupakan penyebab energi yang dikeluarkan lebih boros karena energi panas yang seharusnya tetap berada di dalam akan keluar, sehingga microwave harus bekerja ekstra utnuk menghasilkan suhu yang diinginkan.
  4. Jangan sampai microwave menyala tanpa adanya makanan di dalamnya karena apabila tidak terdapat makanan yang menyerap energi panas, energi tersebut akan kembali ke elemen di dalam oven microwave yang pada akhirnya akan membuat kerusakan secara permanen pada bagian dalamnya.

Menjaga barang kesayangan, apalagi yang dibutuhkan setiap hari menjadi sebuah keharusan yang harus dilakukan. Semoga infromasi tentang  “Tips Agar Microwave Panjang Umur”, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas ini bermanfaat dan menjadi referensi agar barang elektronik yang Anda miliki selalu terawat, awet dan tahan lama.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Microwave Panjang Umur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel