Tips agar Mesin Cuci Tahan Lama

Saat ini mesin cuci sudah tidak lagi menjadi barang dan kebutuhan mahal, namun sudah menjadi kebutuhan rumah tangga yang harus dimiliki, apalagi untuk Anda yang selalu sibuk dengan berbagai aktivitas. Dengan adanya mesin cuci, tentunya akan membuat membersihkan baju sehari-hari bisa dilakukan secara efisien, sehingga waktu yang digunakan untuk berlama-lama mencuci baju saat mencuci dengan cara manual bisa digunakan untuk aktivitas lainnya. Namun, dibalik penggunaan yang sangat sering, tentunya mesin cuci harus dijaga dan dirawat, karena tanpa dirawat tentu saja mesin cuci bisa ngadat saat dibutuhkan. Berikut akan disampaikan tips agar mesin cuci tahan lama dan tidak mudah rusak.

Tips agar Mesin Cuci Tahan Lama
Foto: tidecleaners.

Selain mesin cuci, pekerjaan rumah tangga saat ini sudah semakin didominasi dengan barang elektronik, dengan adanya barang-barang ini tentu saja akan membuat segala pekerjaan menjadi lebih ringan dan juga tidak memakan banyak waktu untuk menyelesaikannya. 

Cara agar Mesin Cuci Awet dan Tahan Lama

Mesin cuci adalah barang elektronik yang sangat dibutuhkan, dengan mesin cuci maka pakaian kotor yang banyak bisa dicuci dengan sekaligus dan dikeringkan tanpa harus mengeluarkan banyak keringat dan tenaga.

Karena sudah menjadi suatu kebutuhan, ditambah lagi dengan harganya yang mahal, maka setiap pemilik mesin cuci di rumah pasti sangat mengharapkan agar mesin cuci ini bisa awet. Namun yang patut dipahami juga, perbedaan kualitas mesin cuci juga berpengaruh pada ketahanannya, dalam arti dari sisi keawetan mesin cuci tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Mesin Cuci.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia mesin cuci, sebagai berikut:

  1. Tempatkan mesin cuci tersebut di ruangan yang memiliki ventilasi yang cukup. Apabila udara yang masuk terlalu panas, bisa menyebabkan spare part elektronik tersebut menjadi mengembang, bahkan rusak. Namun sebaliknya, apabila terlalu teduh akan menjadi lembab dan akan mempercepat terjadinya karat pada mesin cuci tersebut.
  2. Jangan memasukkan baju terlalu banyak ke dalam mesin cuci, karena akan membuat daya kerja mesin cuci mejadi tidak maksimal dan pakaian menjadi tidak berputar dengan sempurna, sehingga kebersihannya tidak maksimal.
  3. Masukkan deterjen dan air secukupnya sesuai takaran. Pada mesin cuci model lama, deterjen akan dituangkan langsung ke dalam bak cucinya, namun pada model baru sudah disediakan kotak khusus untuk meletakkan deterjen yang sudah dibatasi takarannya sehingga akan mempermudah dalam penakaran deterjen yang dibutuhkan tersebut.
  4. Agar bagian dalam mesin cuci, khususnya pada bak cuci dan juga bak pengering tetap steril, hindarilah memasukkan tangan ke dalamnya saat mesin cuci sedang dioperasikan.
  5. Setelah selesai menggunakan mesin cuci, bersihkan bagian luar mesin cuci dari air dengan menggunakan lap kering agar tidak cepat berkarat.
  6. Saat membersihkan mesin cuci, jangan pernah menyemprotkan air ke kontrol panel, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan listrik. Selain itu, alasan lainnya adalah sistem kerja mesin cuci selalu berhubungan langsung dengan air, maka bisa dikatakan tetap saja mesin cuci merupakan barang elektronik yang apabila terkena air pada bagian tertentu bisa menimbulkan kerusakan atau hubungan arus pendek.

Itu dia sedikit informasi dan tips agar mesin cuci tahan lama dan juga tidak mudah rusak, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda, karena menjaga mesin cuci tetap awet, tidak saja mesin cuci tahan lama namun juga akan menghemat uang yang dikeluarkan, tentunya uang tersebut bisa dialokasikan sebagai tabungan atau dana cadangan keuangan Anda yang lain.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips agar Mesin Cuci Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel