Tips Memilih AC yang Tepat

Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki cuaca yang panas apalagi saat musim kemarau tiba. Panasnya sinar matahari pada siang hari membuat tubuh terasa gerah. Hal ini menjadikan kebutuhan mesin pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) menjadi sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk gedung perkantoran namun juga untuk rumah tangga. Karena sudah menjadi kebutuhan, tentunya menjadikan setiap rumah harus memiliki AC ini. Namun, untuk bisa mendapatkan AC yang tepat sesuai dengan kebutuhan, maka di bawah ini akan disampaikan tips memilih AC yang tepat untuk rumah Anda.

Tips Memilih AC yang Tepat
Foto: onehourairftworth.com

Tidak dapat dipungkiri karena sudah menjadi sebuah kebutuhan di tambah udara yang semakin panas membuat banyak orang yang ingin segera membeli mesin atau alat penyejuk udara untuk menciptakan kesejukan dan kenyamanan di dalam rumah. Namun karena butuh, Anda tidak bisa membeli AC sembarangan apalagi saat ini sudah banyak merk AC yang dijual di pasaran.  Tentunya setiap merk memiliki fitur keunggulannya masing-masing ditambah harganya yang berbeda-beda.

Cara Memilih AC Sesuai Ruangan

Memilih AC sesuai kebutuhan memang gampang-gampang susah, apalagi dengan munculnya berbagai merek baru yang memberikan berbagai kelebihan dan kecanggihan teknologi yang semakin membuat orang tergiur untuk bisa memasang perangkat pendingin ini di rumah.

Baca juga: Tips Menjaga Kulkas Tetap Higienis.

Namun, yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli AC adalah terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar mesin pendingin ruangan ini bisa berfungsi secara optimal, antara lain:

1. Pilihlah AC sesuai dengan peruntukan ruang. 

Peruntukan ruang dalam hal ini mengacu pada berapakah jumlah orang yang akan mengisi ruangan tersebut, karena pada dasarnya manusia yang mengisi ruangan akan mengeluarkan kalor yang tinggi, sehingga semakin banyak pengguna, maka semakin besar daya AC yang dibutuhkan. Besar ruangan akan menentukan berapa banyak BTU (British Termal Unit) yang dibutuhkan. 

BTU adalah angka indikator kekuatan AC dalam mendinginkan sebuah ruangan. Maka semakin besar angka BTU, akan semakin besar kekuatannya. Selain itu faktor yang harus diperhatikan adalah EER (Energy Efficiency Ratio), yang menunjukkan berapa besar energi yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan sebuah ruangan, semakin besar angka EER akan semakin hemat pemakaian listriknya, Banyak ahli yang menganjurkan untuk menggunakan AC yang memiliki EER di atas 9,5.

2. Perhatikan beban yang akan dihadapi AC.

Beban dalam hal ini adalah seperti lampu dan jumlah kaca yang ada di rumah. Beberapa jenis lampu mengeluarkan panas yang cukup besar, oleh karena itu pilihlah AC dengan daya yang lebih besar. Jumlah kaca atau jendela juga akan memberi beban yang cukup besar. Apabila rumah Anda didominasi oleh kaca, maka alangkah baiknya jika kaca-kaca tersebut ditambahkan kaca film untuk menahan sinar ultraviolet.

3. Untuk AC Split harus diperhitungkan unit indoor dan outdoor (kompressornya).

Untuk unit indoor, usahakanlah agar angin yang keluar dari blower tidak terhalang oleh apa pun agar manfaat AC lebih maksimal. Dan juga usahakan agar arus angin tidak langsung mengenai manusia, karena apabila hal ini terjadi terus menerus akan berpengaruh pada kesehatan.

4. Letakkanlah kompressor yang memiliki sirkulasi udara yang bagus dan juga tidak terhalang oleh sesuatu yang bisa menghalangi sirkulasi udara.

Apabila akan memasang AC lebih dari satu, jangan meletakkan kompressor secara berhadapan. Letakkanlah secara sejajar, agar sirkulasi udara bisa tetap berjalan dengan baik.

5. Rawat dan pantaulah kebersihan AC minimal 6 bulan sekali.

Perawatan ini dengan tujuan agar AC bisa terbebas dari bakteri dan debu sehingga udara yang dihasilkan tetap sehat dan segar.

Itu dia sedikit informasi dan tips memilih AC yang tepat untuk rumah Anda, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih AC yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel