Makanan yang Disarankan Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Kesibukan dan berbagai aktivitas memang sering membuat kita lupa untuk mengisi perut, apalagi saat pagi hari, waktu paling sibuk untuk mengurus semua urusan mulai dari mempersiapkan urusan pekerjaan, mempersiapkan anak-anak yang akan berangkat sekolah, sampai semua yang detail harus diselesaikan di pagi hari. Namun, dibalik kesibukan yang luar biasa tersebut, minimal Anda harus mengisi perut meskipun tidak saat itu juga dilakukan. Terlepas dari berbagai makanan yang ingin dikonsumsi, terdapat makanan yang disarankan dikonsumsi saat perut kosong.

Makanan yang Disarankan Dikonsumsi Saat Perut Kosong
Foto: littlepinkdiary.

Saat perut kosong, memang kita sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi sembarang makanan, mengonsumsi makanan apa pun saat perut masih kosong, dikhawatirkan akan terkena penyakit pencernaan yang nantinya malah merepotkan kita.

Makanan yang Aman Dimakan Saat Perut Kosong

Berbicara tentang makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat perut kosong, tentunya hal ini menjadi kebingungan tersendiri bagi mereka yang mulai sadar akan kesehatan, apalagi untuk menghindari perut sakit karena sudah mengonsumsi makanan yang kurang tepat saat perut kosong.

Terdapat beberapa jenis mankan yang baik untuk dikonsumsi saat perut kosong, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila belum makan nasi dan mengonsumsi makanan yang disarankan ini terlebih dahulu.

Kemudian makanan apa yang bisa dan bagus dikonsumsi saat perut kosong? Ini dia beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong (Sumber dari Tabloid Nyata), sebagai berikut:

  • Tepung jagung.
  • Telur
  • Bluberi.
  • Madu.
  • Kacang-kacangan.
  • Oatmeal.
  • Semangka.
  • Roti gandum utuh.
  • Bibit gandum.

Baca juga: Dilarang Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong.

  • Tepung jagung.

Ternyata bubur yang terbuat dari tepung jagung sangat bagus untuk dikonsumsi pada pagi hari, apalagi saat perut kosong. Hal ini disebabkan tepung jagung bisa membantu menghilangkan racun dan logam berat dari dalam tubuh, kemudian menormalkan mikroflora dalam usus. Selain itu, bubur yang terbuat dari tepung jagung juga berfungsi untuk mengenyangkan sehingga tidak akan membuat rakus, menyeimbangkan gula darah, dan juga memberi nutrisi penting dan juga mencegah penyakit kardiovaskuler dan obesitas.

  • Telur.

Ini dia makanan favorit yang sering dinikmati dalam kondisi apa pun, bahkan saat perut kosong sekalipun. Telur mengandung zat besi, protein lengkap, mineral dan vitamin. Nutrisi yang ada pada telur ini akan membantu perkembangan otak, meningkatkan daya ingat, dan juga mencegah penyakit yang terkait dengan mata padaa kemudian hari.

Apabila dikonsumsi saat perut kosong, telur akan memberi rasa kenyang lebih lama, dengan begitu tidak akan kalap akan makanan yang membuat gemuk.

  • Bluberi.

Bluberi adalah buah yang kaya akan vitamin A, C dan E serta oksidan, yang memiliki fungsi untuk mengikat radikal bebas yang berperan untuk berkembangnya kanker, penyakit degenerative, penuaan dini dan juga infeksi.

  • Madu.

Seperti kita ketahui bahwa madu merupakan nutrisi alami yang sangat kaya akan asam amino, mineral dan juga vitamin B. Nutrisi tersebut sangat penting untuk mencegah munculnya penyakit pada saluran pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga mengurangi gejala penyakit pernapasan pada bagian atas.

Madu sangat cocok untuk Anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi permen dan minum minuman yang mengandung kafein pada pagi hari. Hal ini dikarenakan madu bisa meningkatkan energi, seperti saat mengkonsumsi permen atau pun kafein. Madu juga mengandung serotonin yang membuat memulai hari dengan senang dan bahagia.

  • Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan menjadi sumber protein alami yang mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan juga asam lemak omega-3 yang menyehatkan tubuh. Mengkonsumsi kacang-kacangan saat sarapan pagi akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan juga mencegah kelaparan.

  • Oatmeal.

Ini dia jenis makanan yang sering dipilih untuk mengisi perut saat perut kosong, selain itu juga menjadi sarapan yang menyehatkan. Oatmeal mengandung karbohidrat yang mengenyangkan, mineral yang penting dan juga serat yang berguna sebagai sumber energi yang ideal untuk memulai aktivitas.

Oatmeal juga mengandung serat larut yang bisa menurunkan kolesterol jahat, yang akhirnya bisa membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, oatmeal bisa menciptakan lapisan pelindung di sekitar perut, sehingga bisa meningkatkan asam yang bisa mengganggu pencernaan.

  • Semangka.

Siapa yang menyangka semangka menjadi buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong. Semangka merupakan buah yang berbuah pada musim panas yang sangat popular untuk menyeimbangkan tingkat cairan dan juga elektrolit, yang sekaligus bisa memasok vitamin A, B Kompleks dan vitamin C. Hal ini membuat semangka bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi pada pagi hari saat perut kosong.

Semangka juga mengandung oksidan, yaitu flavonoid, yang bisa melindungi organ tubuh dan jaringan dari penuaan dini dan juga infeksi. Kadar likopennya yang tinggi juga bisa meningkatkan kesehatan pada jantung, dan mata.

  • Roti gandum utuh.

Apabila dibuat tanpa bahan ragi, maka roti gandum utuh merupakan sumber zat besi, selenium dan magnesium terbaik, yang bisa mencegah anemia. Dan memiliki kontribusi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh saat membantu sistem kekebalan tubuh. Sedangkan serat yang terkandung di dalam roti gandum utuh ini membantu menjaga keteraturan gastrointestinal, menahan rasa lapar dan juga mengatur kadar kolesterol.

  • Bibit gandum.

Menambahkan bibit gandum dalam makanan bisa membantu untuk menjaga sistem pencernaan bisa berjalan dengan lancar, dan juga bisa digunakan sebagai topping untuk sarapan pagi. Bibit gandum ini mengandung asam folat dan vitamin E.

Itu dia sedikit informasi tentang makanan yang disarankan dikonsumsi saat perut kosong. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Makanan yang Disarankan Dikonsumsi Saat Perut Kosong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel